Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kebiasaan Sehat

Potensi Penyakit Anak Jika Orangtua Merokok

Update terakhir: NOV 13, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.417.225 orang

Potensi Penyakit Anak Jika Orangtua Merokok

Merokok memang bukanlah menjadi hal yang baik bagi kesehatan. Hal ini tidak hanya memperburuk bagi Anda sebagai perokok aktif saja, akan tetapi, orang-orang yang ada di sekitar Anda sebagai perokok pasif juga akan menerima dampak buruknya. 

Salah satunya seperti buah hati Anda yang cenderung lebih rawan terhadap serangan penyakit.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Apabila ada pihak keluarga yang merokok, maka buah hati Anda pun juga akan rentan terhadap asap rokok yang dapat mengganggu kesehatannya. Cara terbaik yang dapat untuk Anda lakukan agar bisa menjaga kesehatan anak dari bahaya penyakit yaitu dengan tidak merokok, baik itu di dalam mobil maupun di dalam rumah.

Jika Anda sudah terlanjur menjadi perokok berat dan belum bisa menghentikan kebiasaan buruk Anda tersebut, maka Anda jangan merokok di dekat buah hati Anda. Ada beberapa penyakit yang sedang mengintai buah hati Anda yang terlalu sering menghirup asap rokok, diantaranya yaitu:

Penyakit Sudden Infant Death Syndrome atau SIDS

Penyakit SIDS merupakan kematian mendadak pada bayi. Untuk menghindari hal ini terjadi pada bayi, maka orang tua atau pihak keluarga yang merokok tidak berbagi tempat tidur dengan anak yang sedang berada di usia 4 bulan ke bawah.

Infeksi paru-paru

Meskipun pihak orang tua yang merokok, namun penyakit infeksi paru-paru juga mengancam jiwa anak. Infeksi paru-paru tersebut dapat berupa seperti pneumonia dan bronkiolitis. 

Demi menjaga kesehatan anak agar tidak terserang oleh bahaya penyakit infeksi paru-paru, sebaiknya orang tua memulai hidup sehat dengan tidak merokok.

Masalah pernafasan

Apabila Anda merasa kesulitan dalam bernafas, maka hal ini bisa jadi sebagai ciri bahwa anak Anda sedang mengalami masalah pernafasan. Anak tidak akan merasa nyaman jika mengalami permasalahan dalam pernafasan. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Para orang tua harus memperbaiki lingkungan keluarga untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan terbebas dari yang namanya asap rokok.

Glue Ear atau otitis media

Penyakit glue ear atau pembengkakan pada bagian telinga dapat terjadi akibat infeksi. Penyakit ini sering kali membuat telinga mengalami kebocoran cairan, khususnya pada bagian telinga tengah. Sedangkan untuk penyakit telinga ini pun juga bisa menghambat perkembangan anak untuk berbicara.

Fungsi paru-paru mengalami penurunan

Paru-paru yang tidak dapat berfungsi dengan baik, seperti anak-anak mengalami kesulitan dalam bernafas. Sedangkan untuk mengatasi penyakit ini, maka Anda dapat menghindarkan buah hati Anda dari asap rokok. 

Jika anak secara terus menerus menghisap asap rokok, maka bagian paru-paru nya tidak akan berfungsi dengan baik.

Perlu diketahui oleh para orang tua dengan baik, bahwa kehadiran asap rokok bisa mengganggu bagian imun anak-anak maupun orang dewasa sebagai perokok aktif. 

Asap rokok yang secara terus menerus dihisap bisa menderita ke 5 penyakit di atas serta mengalami beberapa penyakit membahayakan lainnya seperti komplikasi paru-paru, penyakit meningitis, kelainan mental, kehilangan anggota tubuh dan kehilangan pendengaran.

Serangan penyakit pada asap rokok bisa dikarenakan adanya bakteri yang terdapat dalam asap rokok. Para orang tua harus memperhatikan hal ini dengan sebaik mungkin dengan menciptakan hidup yang sehat tanpa asap rokok, baik itu untuk Anda sendiri maupun lingkungan sekitar buah hati Anda. 

Meskipun hal ini dianggap sebagai h yang sepele, namun dampak buruk dari perokok pasif sedang mengintai buah hati Anda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit