Potassium Hydroxide​: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Dipublish tanggal: Jan 12, 2021 Update terakhir: Jan 12, 2021 Waktu baca: 4 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Potassium Hydroxide bersifat basa (alkali) biasa digunakan dalam produk kosmetik dan perawatan kulit seperti sabun, produk cukur, hingga produk pembersih
  • Potassium Hydroxide dengan kadar yang rendah memiliki fungsi untuk mengatur kadar pH dan sebagai agen pembersih dalam suatu produk
  • Potassium Hydroxide ini telah disetujui keamanannya, tetapi komposisi yang disarankan dalam suatu produk adalah 4,5% dari keseluruhan komposisi produk
  • Penggunaan bahan Potassium Hydroxide dalam konsentrasi yang lebih tinggi dapat menimbulkan iritasi dan sensitivitas pada kulit
  • Beberapa merk produk kosmetik yang memiliki kandungan Potassium Hydroxide, di antaranya Zwitsal Kids, Pond's Men, dan Veet Hair Removal Cream
  • Klik untuk mendapatkan produk potassium hydroxide atau produk konsumen lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD

Potassium Hydroxide adalah bahan kandungan alkali yang bersifat basa dan biasa digunakan dalam produk kosmetik. Potassium Hydroxide dengan kadar yang rendah biasa digunakan untuk mengatur kadar pH dalam suatu produk. 

Potassium Hydroxide atau kalium hidroksida juga dapat digunakan sebagai agen pembersih yang paling banyak ditemukan pada produk sabun. Meskipun begitu, penggunaan dan komposisi Potassium Hydroxide dalam suatu produk harus sangat diperhatikan karena dapat berisiko memperburuk kondisi kulit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Tak hanya digunakan dalam produk konsumen seperti produk perawatan kulit saja, tetapi Potassium Hydroxide juga banyak digunakan pada industri lain, termasuk bahan makanan, baterai, pembuatan pulp dan kertas, pembersih saluran, sabun dan deterjen, tekstil, dan lain sebagainya.

Dalam produk kosmetik atau produk perawatan kecantikan sendiri, Potassium Hydroxide tergolong aman digunakan sebagai pengatur kadar pH. Selain itu, Potassium Hydroxide juga dapat menyeimbangkan formula tanpa mengubah komposisi produk. 

Umumnya, Potassium Hydroxide biasa digunakan dalam produk pembersih, parfum, pewarna rambut, make up, shampoo, produk cukur, atau produk perawatan kulit lainnya. Beberapa merk produk kosmetik yang memiliki kandungan Potassium Hydroxide, di antaranya Zwitsal Kids, Garnier Men, Pepsodent Toothpaste, Pond's Men, dan Veet Hair Removal Cream.

Mengenai Potassium Hydroxide

Golongan

Produk konsumen

Kemasan

-

Kandungan

Potassium Hydroxide

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Manfaat Potassium Hydroxide

Manfaat kalium hidroksida (Potassium Hydroxide) yang umumnya terdapat dalam produk konsumen bertindak sebagai pengatur kadar pH dan pembersih yang digunakan terutama dalam produk perawatan kulit dan kecantikan seperti sabun.

Kadar pH dalam suatu produk perawatan kulit sendiri merupakan komponen penting karena jika pH terlalu asam atau basa, maka produk dapat merusak perlindungan pada kulit yang halus. 

Kadar pH yang terlalu asam dapat menyebabkan iritasi kulit serta sensasi menyengat pada kulit. Sementara itu, jika kadar pH terlalu basa juga berbahaya karena dapat mengurangi lemak alami yang penting bagi kulit.

Kadar pH normal pada kulit biasanya bersifat sedikit asam di antara 4,5-5,75 dan keasaman kulit tersebut biasa disebut mantel asam atau 'acid mantle' yang diatur oleh kelenjar minyak, kelenjar keringat, dan flora normal pada kulit.

Mantel asam (acid mantle) adalah lapisan kulit teratas yang merupakan lapisan pelindung kulit yang terbentuk dari lapisan asam amino dan asam laktat serta minyak alami kulit yang secara efektif melindungi kulit dari faktor lingkungan (eksternal) yang dapat mengganggu kesehatan kulit, seperti bakteri, polutan, dan alergen. 

Efek kerusakan pada pelindung mantel kulit inilah yang dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini, kepekaan atau sensitivitas, dan iritasi pada kulit. Selain itu, mantel asam yang rusak tidak akan memungkinkan produk untuk terserap ke dalam kulit, maka dari itu penggunaan bahan Potassium Hydroxide pada produk kosmetik menjadi penting.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Potassium Hydroxide yang dikenal memiliki kandungan basa yang sangat kuat ini juga telah disetujui keamanannya, tetapi secara umum Potassium Hydroxide hanya memiliki kadar 4,5% dari keseluruhan komposisi produk.

Penggunaan produk yang mengandung Potassium Hydroxide umumnya bisa digunakan di semua jenis kulit, kecuali yang memiliki alergi atau hipersensitivitas terhadap kandungan ini.

Dosis Potassium Hydroxide

Dosis atau aturan penggunaan produk yang mengandung Potassium Hydroxide bisa disesuaikan dengan petunjuk pemakaian yang tertera pada label kemasan produk. 

Produk Potassium Hydroxide hanya boleh digunakan pada bagian kulit luar dan hindari penggunaan pada kulit yang rusak atau bermasalah. Hindari agar tidak terkena mata. Jika masuk ke mata, segera basuh dengan air bersih. 

Efek samping Potassium Hydroxide

Meksi tergolong aman digunakan pada perawatan kulit, tetapi hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan Potassium Hydroxide dalam konsentrasi yang lebih tinggi dapat menimbulkan iritasi dan sensitivitas pada kulit. Selain itu, kalium hidroksida yang pekat dapat menjadi iritan yang kuat dan korosif pada kulit, mata, saluran pernapasan, dan sistem gastrointestinal (jika tertelan). 

Tetapi tingkat keparahan efek samping yang disebabkan oleh kalium hidroksida (Potassium Hydroxide) juga bergantung pada tingkat konsentrasi, kadar pH, lamanya kontak dengan kulit, serta jenis kulit yang dimiliki.

Efek samping penggunaan produk yang mengandung Potassium Hydroxide juga mungkin berbeda-beda pada setiap orang dan ada pula beberapa efek samping lain yang tidak bisa terjadi.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki kekhawatiran terkait efek penggunaan produk yang mengandung Potassium Hydroxide, coba konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. 

Cek pula komposisi kandungan yang tertera pada kemasan produk dan ikuti petunjuk penggunaan. Hindari penggunaan produk Potassium Hydroxide secara berlebihan untuk mencegah terjadinya efek samping pada kulit.

Interaksi obat

Penggunaan sejumlah kandungan yang digunakan secara bersamaan dengan beberapa jenis kandungan lainnya bisa saja menimbulkan interaksi penggunaan. Hingga saat ini masih belum diketahui kandungan atau bahan apa saja yang dapat berinteraksi dengan Potassium Hydroxide. 

Meskipun begitu, tanda-tanda reaksi alergi mungkin saja terjadi akibat penggunaan. Oleh karenanya, ikuti aturan penggunaan yang terdapat pada kemasan produk dan cek kembali komposisi yang terkandung di dalamnya.

Perhatian

Beberapa hal yang harus diperhatikan selama menggunakan produk dengan kandungan Potassium Hydroxide, antara lain:

  • Hindari penggunaan produk jika Anda memiliki riwayat alergi atau hipersensitif terhadap kandungan Potassium Hydroxide
  • Produk Potassium Hydroxide hanya boleh digunakan pada kulit luar. Hindari kontak dengan mata atau kulit yang rusak
  • Komposisi Potassium Hydroxide yang disarankan pada suatu produk adalah 4,5%. Jika lebih, memungkinkan terjadinya iritasi pada kulit

Artikel terkait:


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app