HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Pilih Mana, Kopi Hitam atau Kopi Krim?

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Pilih Mana, Kopi Hitam atau Kopi Krim?

Secangkir kopi di pagi hari terkadang sudah menjadi cara yang ideal bagi banyak orang untuk memulai aktivitas, tidak terkecuali juga Anda. Tidak hanya itu, beberapa orang bahkan dengan terang-terangan mengaku kecanduan akan kopi dan tidak bisa melewatkan untuk meminumnya sehari saja.  Entah itu di pagi hari, setelah makan siang atau keduanya, kopi memang menjadi minuman penambah energi yang paling efektif dan banyak disukai serta variatif. 

Kopi sendiri merupakan minuman yang jika dikonsumsi dengan tepat dapat memberikan berbagai macam manfaat kesehatan yang diperlukan tubuh, seperti mengurangi risiko terjadinya kanker liver dan menambah kekuatan daya ingat.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Jenis kopi sebagai pilihan

Pilihan kopi yang sangat beragam membedakannya menjadi dua jenis kopi yang paling banyak diminum, yaitu kopi hitam yang murni dan pekat, serta kopi yang sudah dicampur dengan susu atau krim dan berbagai jenis kopi lainnya yang dibedakan berdasarkan cara pengolahan biji kopinya. Tidak semuanya sehat, tentunya, namun Anda dapat mengoptimalkan kebiasaan minum kopi agar lebih sehat dengan berbagai opsi berikut.

1. Kopi hitam untuk membantu Anda menurunkan berat badan

Jika salah satu masalah kesehatan yang ingin Anda atasi adalah masalah kelebihan berat badan, maka meminum kopi hitam dapat menjadi solusi yang tepat karena kadar kalorinya yang jauh lebih rendah daripada kopi campuran susu dan gula. Secangkir kopi hitam hanya memiliki 4.7 kalori, dibandingkan dengan kopi yang memakai gula dan susu yang mencapai 56.6 kalori. 

2. Minum kopi bercampur gula dan susu di malam hari

Kopi hitam akan membantu Anda memiliki energi penuh untuk memulai hari ketika di minum di pagi hari karena absennya krim maupun susu yang dapat memperlambat efek “membangunkan” yang dibawa oleh kopi murni. Namun, kopi murni sebaiknya tidak diminum setelah lewat senja karena efeknya yang dapat membuat Anda tetap terjaga hingga tengah malam, dan akan mengganggu ritme circadian Anda karena tidak tidur.

Jika Anda ingin menikmati kopi di malam hari, tambahkan 50 kalori dalam bentuk krim dan gula untuk menghalangi kerja kopi hitam yang membuat Anda terjaga dan penuh energi. Jika Anda sudah memiliki masalah gangguan tidur, hindari mengonsumsi kopi sama sekali selepas petang. Hanya jika Anda memang harus bertahan terjaga di malam harilah Anda sebaiknya meminum kopi hitam murni.

3. Kopi bercampur susu dan gula jika terdapat kondisi acidity

Hindari konsumsi kopi hitam murni jika Anda memiliki isu kesehatan yang disebut acidity, di mana pH dalam tubuh Anda berada dalam jumlah yang tinggi. Jika Anda harus meminum kopi, cobalah tambahkan gula dan krim serta banyak air agar konsentrasi asam dalam urin tidak terlalu banyak. Setelahnya, banyak-banyaklah pula mengonsumsi air dan makanan seperti mentimun untuk menetralisir efek asam dari kopi. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Coffee: Benefits, nutrition, and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/270202.php)
How Does Coffee Affect Weight?. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/coffee-and-weight-gain)
Coffee: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-980/coffee)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app