Kopi Hitam, Pilihan Sehat di Pagi Hari

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Kopi Hitam, Pilihan Sehat di Pagi Hari

Minum secangkir kopi hitam di pagi hari bukan hanya bermanfaat untuk membuat Anda benar-benar terbangun dan berenergi, namun juga bermanfaat bagi kesehatan Anda. Terutama bagi Anda penikmat kopi hitam, sebaiknya mempertahankan kebiasaan ini karena memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Rahasia sehat kopi hitam dibandingkan yang lain adalah memiliki kandungan lemak dan kalori lebih rendah, serta tinggi antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi kesehatan tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Manfaat Mengonsumsi Kopi Hitam Setiap Pagi

Mengonsumsi kopi hitam setiap pagi dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan berikut ini: 

1. Kandungan lemak dan kalori yang secukupnya

Di dalam secangkir kopi hitam dengan takaran 8 ons, hanya terdapat kandungan 2 kalori dan 0 gram lemak. Pada takaran kopi hitam yang sama, terdapat dosis kecil kalsium untuk memperkuat tulang serta menstabilkan detak jantung. Saat kopi hitam ditambahkan krim dan gula, lemak dan kalori justru akan bertambah. Karenanya, minumlah kopi Anda secara murni dan ‘hitam’.

2. Membantu mencegah kanker

Adanya kandungan antioksidan dalam secangkir kopi hitam membuat risiko timbulnya kanker liver berkurang hingga 50%, demikian menurut  penelitian yang dilakukan oleh The Harvard Health Letter pada Februari 2006. Selain itu, minum kopi hitam secara regular juga dapat membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Penyakit turunan secara genetik juga dilaporkan dalam penelitian Journal of Nutrition di tahun 2004 sebagai salah satu hal yang bisa diturunkan risikonya dengan meminum kopi hitam. Kadar antioksidan di dalam kopi hitam terbukti lebih tinggi daripada di dalam wine atau anggur beralkohol, teh, buah dan sayuran.

Perhatian

Meski dua manfaat kesehatan tersebut dapat diperoleh dengan rutin meminum kopi hitam, perlu diingat bahwa kopi hitam tetaplah kopi yang mengandung kafein. Jika diminum dalam dosis yang berlebihan, otomatis kadar kafein dalam tubuh juga akan meningkat sehingga dapat membahayakan fungsi organ-organ tubuh. Jagalah agar konsumsi kopi hitam per harinya hanya dua hingga empat cangkir kopi.

Jika Anda sering mengonsumsi kopi hitam hingga mencapai 500 miligram atau lebih per harinya, siklus istirahat tidur Anda dapat terganggu sehingga menyebabkan kondisi pencernaan yang tidak nyaman serta adanya detak jantung yang bertambah kencang. Memilih kopi hitam murni jelas lebih baik bagi kesehatan karena kopi instan, atau kopi olahan  semacam latte justru dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Coffee. Harvard T.H. Chan School of Public Health. (https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/food-features/coffee/)
Coffee: Benefits, nutrition, and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/270202)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app