Perlu Anda Tahu, Inilah Penyebab Rambut Tumbuh Uban Terlalu Dini

Dipublish tanggal: Agu 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 5, 2020 Waktu baca: 2 menit
Perlu Anda Tahu, Inilah Penyebab Rambut Tumbuh Uban Terlalu Dini

Pada umumnya, rambut beruban alias berwarna putih muncul ketika seseorang telah berusia lanjut usia. Namun, ternyata tidak semua orang mengalami hal tersebut. 

Bahkan, ada pula sebagian orang yang sudah muncul uban ketika usianya masih tergolong muda. Kira-kira apakah penyebabnya?

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Proses Tumbuhnya Uban

Sebenarnya, terbentuknya warna rambut seseorang merupakan hasil dari pewarnaan folikel rambut dari zat warna atau melanin. 

Ketahuilah, ada dua jenis zat warna yang turut serta bertanggung jawab terhadap pewarnaan rambut, yakni eumelanin dan phenomelanin. 

Nah, ketika kadar eumelanin lebih dominan dari phenomelanin, maka warna rambut akan jauh lebih gelap. Biasanya, hal ini wajar dialami sejak usia anak-anak hingga dewasa. Namun, seiring berjalannya waktu, kadar melanin dalam tubuh seseorang dapat berubah sehingga menyebabkan warna rambut seseorang juga ikut berubah. 

Tak hanya itu, berikut ini adalah beberapa kondisi yang memengaruhi kondisi warna rambut seseorang mulai berubah terlalu dini.

Kondisi yang memengaruhi warna rambut seseorang

Secara umum, usia merupakan patokan yang menandai rambut seseorang mulai beruban. Rupanya, tidaklah sepenuhnya disebabkan oleh faktor usia. 

Ada faktor lain yang turut berpengaruh menyebabkan rambut seseorang beruban di usia yang terbilang dini. Berikut ulasan selengkapnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Kebiasaan merokok

Merokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit tubuh seperti jantung, impoten, hingga kanker. Disisi lain, merokok juga berdampak buruk terhadap kondisi rambut Anda. 

Ketika seseorang merokok, maka racun radikal bebas akan masuk dalam tubuh secara sengaja. 

Nah, adanya racun tersebut akan menurunkan produksi melanin dalam tubuh sehingga uban akan muncul lebih cepat. Bahayanya, risiko ini tidak hanya muncul pada perokok aktif, melainkan juga perokok pasif.

Ketidakseimbangan Hormon

Hormon yang tidak seimbang juga berpengaruh terhadap perubahan warna rambut. Ketidakseimbangan hormon ini disebabkan oleh berbagai hal seperti gangguan tiroid, hamil, dan masih banyak lagi. 

Akibatnya, produksi melanin dalam tubuh terganggu sehingga munculnya uban tidak bisa dihindari.

Menopause Dini

Menopause terjadi pada wanita dewasa berupa berhentinya siklus menstruasi. Namun, menopause dini artinya menstruasi tersebut berhenti di waktu yang lebih awal. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Biasanya, menopause dini disebabkan oleh ketikdakseimbangan hormon sehingga memengaruhi perubahan warna rambut. Tumbuhnya uban lebih awal, adalah akibat produksi melanin menurun karena ketidakseimbanga hormon.

Diet yang salah

Bagi Anda yang terobsesi dengan tubuh ideal dan memaksakan diet ekstrim, lebih baik pertimbangkan lagi baik-baik. 

Tentu, Anda sudah tahu bahwa diet ekstrim tidak disarankan, apalagi bagi kondisi kesehatan. Tak hanya itu, diet yang salah ini juga menjadi penyebab lain dari munculnya uban di usia dini. 

Secara medis, ketika seseorang menjalankan diet yang salah, maka tubuh akan kekurangan bahkan tidak mendapatkan suplai vitamin maupun mineral yang tepat. 

Akibatnya, fungsi tubuh tidak berjalan dengan baik, salah satunya memicu munculnya uban di usia lebih dini.

Faktor Genetik

Disamping faktor usia, munculnya uban di usia 20an juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Jika Anda termasuk seseorang yang mengalaminya, bisa cek riwayat keluarga Anda. 

Biasanya, ketika seseorang telah mengetahuinya dari awal, akan melakukan beberapa upaya seperti perawatan dan pencegahan munculnya uban diusia dini.

Faktor Psikologis

Siapa sangka, tak cuma genetik, namun faktor psikologis juga turut berpengaruh terhadap perubahan warna rambut seseorang. 

Kondisi psikologis seseorang ini erat kaitannya dengan perasaan stres, sedih, khawatir, dan gelisah. Nah, segala goncangan batin tersebut mengurangi jumlah sel-sel melanin sehingga memicu munculnya uban di usia dini.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What Going Gray Early Can Tell You About Your Health. Health.com. (https://www.health.com/mind-body/what-going-gray-early-can-tell-you-about-your-health)
Premature Graying: Reasons, Options. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/features/abcs-premature-graying#1)
Why does hair turn gray?. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/blog/hair-turn-gray-2017091812226)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app