Penyebab Gigi Goyang

Dipublish tanggal: Agu 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Penyebab Gigi Goyang

Anak kecil merasakan gigi goyang merupakan hal yang wajar, karena itu merupakan pertanda bahwa sebentar lagi mereka akan mengalami pergantian dari gigi susu ke gigi permanen atau dewasa. 

Namun, apakah gigi goyang termasuk hal yang wajar apabila terjadi pada orang dewasa? 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Pada orang dewasa, gigi goyang disebabkan oleh berbagai macam faktor. Untuk mendapatkan pengobatan yang tepat ketika gigi Anda goyang, simak dulu faktor-faktor yang menjadi penyebab gigi goyang sebelum Anda mengunjungi dokter gigi. 

Apa penyebab gigi goyang pada orang dewasa? 

Tidak seperti pada anak kecil yang sudah diketahui alasan mengapa gigi mereka goyang, orang dewasa memiliki alasan-alasan tertentu yang memicu gigi goyang. Berikut beberapa faktor yang menyebabakan gig menjadi goyang pada orang dewasa: 

Periodontitis 

Apa itu periondontitis? Periodontitis sering dikenal juga dengan penyakit radang gusi. Penyakit ini dapat diketahui ketika terjadi peradangan dan infeksi pada area gusi karena kebersihan mulut yang buruk. 

Kebiasaan menyikat gigi dan membersihkan gigi yang buruk menyebabkan terjadinya radang gusi atau periodontitis karena plak yang tersisa dalam celah gigi tidak terangkat dengan baik. 

Plak yang menempel pada gigi menjadi tempat berkumpulnya bakteri yang menjadi penyebab radang gusi. Apabila tidak segera dibersihkan, plak lama-lama akan berubah menjadi lebih keras dan menjadi tartar. 

Tartar yang terbentuk akan menghasilkan celah di antara gigi dan gusi, yang kemudian sangat rentan terhadap infeksi. Infeksi inilah yang akan mengikis tulang dan jaringan di sekitar gigi, sehingga gigi menjadi goyang. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Cedera pada gigi 

Cedera pada gigi biasanya terjadi karena kecelakaan, terjatuh, cedera pada saat berolahraga, atau teknik perawatan gigi yang salah. 

Kejadian-kejadian inilah yang kemudian membuat gigi menjadi patha, goyang, atau bahkan mengalami kerusakan terutama pada tulang dan jaringan penyokong gigi. 

Tidak hanya beberapa kecelakaan diatas, kebiasaan menggeretakkan gigi yang dilakukan juga menjadi salah satu faktor terjadinya cedera pada gigi. 

Meskipun terkadanga kebiasaan ini biasanya dilakukan secara tidak sadar, tetap saja hal tersebut mempengaruhi kondisi gigi Anda. Dampaknya akan terasa ketika rahang Anda terasa sakit atau gigi Anda mulai goyang.  

Hormon kehamilan 

Salah satu faktor penyebab gigi goyang ini masih sangat jarang diketahui oleh banyak orang. Meningkatnya kadar hormon progesteron dan estrogen pada masa kehamilan menyebabkan jaringan ikat dan tulang di sekitar gigi melonggar. 

Setelah masa kehamilan berakhir, maka kondisi gigi Anda akan kembali normal seperti biasanya. Akan tetapi, jika gejala-gejala yang merujuk pada kesehatan gigi dan mulut muncul, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter gigi. 

Iklan dari HonestDocs
Pencabutan Gigi Di Tooth's Kingdom Dental Care

Pencabutan gigi adalah tindakan di mana sebuah gigi atau beberapa gigi diangkat oleh ahli bedah mulut dan wajah-rahang (maksilofasial) menggunakan peralatan kedokteran gigi lengkap. Ini adalah teknik sederhana yang dikenal sebagai bedah mulut, biasanya membutuhkan bius lokal atau umum, dan obat penenang

Istock 181864178 %281%29

Terlebih lagi apabila giigi Anda terasa goyang selama masa kehamilan. Dengan mengunjungi dokter gigi, Anda akan dengan mudah mendapatkan penanganan yang tepat apabila terjadi masalah lain pada gigi dan mulut. 

Osteoporosis 

Penyakit yang mengakibatkan tulang menjadi rapuh dan lebih mudah mengalami kerusakan ini menjadi salah satu penyebab gigi goyang. 

Walaupun, osteoporosis biasanya terjadi pada area tulang penyokong seperti punggung dan pinggang, ternyata penyakit ini berpotensi membuat gigi goyang pada orang dewasa. 

National Institute of Health menyatakan bahwa wanita yang mengalami osteoporosis lebih rentan mengalami gigi goyang daripada wanita yang tidak memiliki penyakit osteoporosis. 

Gigi goyang karena osteoporosis juga menyerang jaringan tulang pada rahang yang berperan untuk menyokong gigi Anda. 

Tulang rahang tidak akan sama kuat seperti sebelumnya, sehingga gigi Anda menjadi goyang dan kemungkinan copot. 

Meskipun demikian, masih ada cara untuk mengatasi gigi goyang. Akan tetapi, penanganan yang akan Anda dapatkan bisa saja berbeda dengan orang lain, tergantung pada penyebab gigi anda menjadi goyang. 

Bagi penderita gigi goyang dengan penyebab yang masih tergolong ringan, kemungkinan akan menjalani perawatan gigi yang sederhana. 

Namun, bagi penderita gigi goyang dengan penyebab yang cukup berat, operasi gigi merupakan salah satu jalan untuk mengatasinya. 

Hal ini dilakukan agar mencegah terjadinya komplikasi akibat gigi goyang. Oleh sebab itu, Anda perlu memahami berbagai penyebab gigi goyang sebelum mengambil metode penanganan yang sesuai. 

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Loose tooth: Causes and what to do. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322028)
Periodontitis: Treatment, home remedies, and symptoms. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/242321)
Periodontal Disease as a Specific, albeit Chronic, Infection: Diagnosis and Treatment. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC89001/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app