Waktu Yang Tepat & Cara Mencuci Tangan yang Benar

Dipublish tanggal: Jun 12, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Waktu Yang Tepat & Cara Mencuci Tangan yang Benar

Hidup bersih dan sehat merupakan hal yang harus dicapai masyarakat. Hidup yang bersih akan membuat badan menjadi sehat. Badan sehat akan mendorong masyarakat untuk bisa beraktivitas dengan baik tanpa hambatan. 

Untuk bisa mencapai hidup bersih dan sehat ditentukan melalui faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal sendiri adalah bagaimana anda menjaga kebersihan lingkungan, sedangkan internal adalah bagaimana anda menjaga kesehatan tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli PARATUSIN 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Paratusin tablet 3

Salah satu hal sederhana yang bisa anda lakukan untuk mencapai hidup bersih dan sehat adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Meskipun terdengar sederhana, namun ternyata banyak sekali orang yang masih menganggap hal ini sebagai hal yang sepele, bahkan tidak bisa melakukannya dengan benar. 

Padahal, datangnya penyakit kebanyakan berasal dari bakteri yang ada di tangan anda. Lalu, seberapa penting cuci tangan?

Pentingnya cuci tangan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh

Banyak orang yang menganggap cuci tangan sebagai hal yang kurang penting. Pasalnya, mereka berpikir bahwa selama tangan mereka terlihat bersih, maka mereka tidak perlu cuci tangan. Padahal, tangan adalah anggota tubuh yang paling sering kontak langsung dengan berbagai banyak hal yang terkontaminasi bakteri atau pun virus. 

Seperti berjabat tangan saja bisa saling menularkan bakteri yang ada di tangan meskipun tidak terlihat dengan mata telanjang.

Kuman maupun penyakit yang ada di tangan ini yang nantinya akan menyebabkan penyakit seperti sakit perut, flu, batuk atau penyakit lainnya. 

Apalagi jika kuman dan bakteri tersebut sudah mengontaminasi makanan anda. karenanya, biasakan untuk rajin mencuci tangan anda sebelum makan dan setelah beraktivitas untuk mencegah penyebaran bakteri dan penularan penyakit pada tubuh anda. pastikan juga cuci tangan dengan benar.

Iklan dari HonestDocs
Beli PARATUSIN 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Paratusin tablet 3

Bagaimana mencuci tangan yang benar dan bersih?

Banyak orang yang berpikir bahwa mencuci tangan dengan hanya menggunakan air saja sudah cukup. Padahal tidak sama sekali. Bakteri dan kuman yang ada di tangan anda akan tetap hidup dan bahkan bisa bertambah banyak akibat bakteri yang ada di air yang digunakan. 

Untuk itu, biasakan cuci tangan menggunakan sabun cuci tangan yang mengandung zat pembunuh kuman penyakit untuk tangan anda.

Basahi tangan anda dengan air bersih yang mengalir, lalu tambahkan sabun cuci tangan secukupnya. Usapkan pada telapak tangan dengan lembut, kemudian berjalan ke punggung tangan. 

Gosok secara perlahan. Jangan lupa bersihkan sela-sela jari anda dan terutama bagian ujung-ujung jari dengan menangkupkan tangan. Bersihkan juga bagian kuku dan ibu jari anda. Jangan lupa bilas sampai bersih dan keringkan dengan handuk kering.

Waktu yang tepat untuk mencuci tangan anda dengan bersih

Terkadang, masih banyak orang yang bertanya-tanya mengenai waktu yang tepat untuk mencuci tangan. Sebenarnya, mengingat tangan adalah bagian tubuh yang paling sering kontak dengan banyak hal, maka cuci tangan sebaiknya dilakukan sesering mungkin dengan menggunaan sabun yang tepat, terutama pada waktu-waktu tertentu yang bisa memindahkan bakteri dan kuman ke tangan anda. 

Misalnya saja ketika sebelum makan, atau setelah membuang sampah.

Jika anda telah selesai melakukan aktivitas juga hendaknya segera mencuci tangan anda dengan sabun untuk menghindari perpindahan bakteri ke tempat lain. Apalagi ketika anda telah memegang hewan peliharaan anda. Ingat bahwa sebersih-bersihnya hewan, tetap saja mereka membawa banyak bakteri dan kuman ditubuhnya. 

Misalnya seperti tikus, kucing, anjing dan kelinci. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan anda demi kesehatan tubuh anda.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Show Me the Science - How to Wash Your Hands. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (https://www.cdc.gov/handwashing/show-me-the-science-handwashing.html)
Clean hands protect against infection. World Health Organization (WHO). (https://www.who.int/gpsc/clean_hands_protection/en/)
How to wash your hands. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/best-way-to-wash-your-hands/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app