GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Hilangkan Penat Selama Pandemi, Ini Ide Me Time untuk para Ibu

Dipublish tanggal: Sep 18, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Hilangkan Penat Selama Pandemi, Ini Ide Me Time untuk para Ibu

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Pandemi COVID-19 mengubah pola hidup yang membuat banyak orang untuk tetap beraktivitas di rumah; termasuk para ibu;
  • Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Maka dari itu, para ibu pun juga harus meluangkan waktu untuk menikmati me time;
  • Beberapa kegiatan me time bisa menjadi pilihan para ibu, di antaranya adalah olahraga, memasak, berkebun, membaca buku, atau menikmati hiburan lainnya;
  • Ajak keluarga ikut terlibat dalam melakukan pekerjaan rumah. Buatlah suasana rumah jadi menyenangkan sehingga pekerjaan akan menjadi lebih mudah dan cepat selesai;
  • Klik untuk mendapatkan produk suplemen dan vitamin serta perlengkapan new normal lainnya di rumah Anda melalui HDmall. Gratis ongkir ke seluruh Indonesia dan bisa COD.

Perubahan pola hidup sehari-hari akibat pandemi COVID-19 juga dialami para ibu. Yang dikerjakan para ibu di rumah sekarang bukan cuma pekerjaan rumah, tetapi juga pekerjaan kantor dan mengasuh anak yang juga harus menjalani sekolah daring (online) di rumah.

Seluruh kegiatan yang dilakukan di rumah selama 24 jam setiap hari mungkin dapat membuat para ibu merasa jenuh dan kewalahan. Dampaknya tidak hanya bicara tentang kesehatan atau kelelahan secara fisik, tetapi juga mental.

Iklan dari HonestDocs
Beli Perlengkapan New Normal via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 1

Istilah new normal yang kerap kita dengar belakangan ini juga membutuhkan kita agar lebih peka atas kebutuhan diri sendiri. Oleh karenanya, para ibu perlu meluangkan waktu untuk dirinya sendiri alias me time.

Jika dulu para ibu bisa memanjakan diri di salon, pergi berbelanja ke mal, berkumpul bersama teman-teman, hingga liburan, tidak demikian selama pandemi. Untuk menghindari rasa jenuh dan membantu para ibu agar tetap bersemangat selama di rumah saja, ada beberapa aktivitas me time yang mungkin bisa dicoba oleh para ibu. Simak ulasan berikut, ya.

1. Olahraga

Meski lari dan bersepeda sedang digandrungi selama pandemi COVID-19, ada pula olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Salah satunya adalah yoga. Toh, yoga juga efektif untuk mengurangi stres dan gangguan kecemasan, serta membantu meningkatkan kualitas tidur.

Baca juga: 7 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

 2. Memasak

Memasak mungkin bukan perkara asing bagi para ibu. Akan tetapi, Anda bisa menjadikan memasak sebagai aktivitas me time. Salah satu caraya adalah dengan membuat masakan khusus untuk diri sendiri.

Anda bisa mencoba memasak makanan atau meracik minuman yang selama  ini menjadi favorit Anda. Mau bereksperimen membuat menu-menu yang belum pernah Anda coba? Kenapa tidak? Jadikan masakan tersebut sebagai hadiah atas seluruh kerja keras yang sudah Anda lakukan dalam beberapa waktu terakhir. 

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

3. Berkebun

Berkebun mendadak jadi aktivitas populer selama pandemi. Merawat tanaman, mulai dari menanam benih, menyiram tanaman, hingga melihat tanaman tumbuh besar, juga manjur untuk melepas stres

4. Membaca buku

Bagi para ibu yang ingin me time sekaligus menambah wawasan, bisa banget menyediakan waktu khusus buku, mendengarkan musik, bahkan menonton serial atau film kesukaan di rumah. Batasi pula penggunaan media sosial jika Anda mudah terbawa perasaan atau terpancing emosi.

Baca juga: 7 Tips Tetap Sehat Mental Saat Menghadapi Fase New Normal

Cara mengatur waktu antara keluarga dan me time bagi para ibu

1. Tentukan kegiatan yang harus dilakukan

Rutinitas dan pekerjaan yang harus dikerjakan di rumah terus-menerus bisa menyebabkan stres. Kondisi demikian bukan tak mungkin bakal berpengaruh pada daya tahan tubuh. Karenanya, para ibu juga perlu menyeimbangkan rutinitas harian dengan me time. 

Coba, deh, ingat-ingat lagi hobi apa yang selama ini terbengkalai. Anda juga bisa mengecek bucket list soal apa-apa saja yang ingin Anda lakukan. Siapa tahu ada yang bisa diwujudkan meski harus di rumah saja.

2. Diskusikan dengan pasangan dan anak-anak

Coba ajak suami dan anak untuk ikut terlibat dan membantu melakukan sejumlah pekerjaan rumah. Misalnya, Anda meminta bantuan anak-anak dan suami untuk ikut mengerjakan pekerjaan rumah pada akhir pekan supaya Anda bisa me time. Selain pekerjaan cepat selesai, hubungan keluarga pun akan semakin erat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Perlengkapan New Normal via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 1

Baca juga: Tips Menjalin Kedekatan Ayah dan Anak seperti Kobe Bryant

3. Nikmati waktu me time dengan hal yang disukai

Setelah membagi waktu dan perhatian kepada keluarga maupun pekerjaan, para ibu juga perlu memberikan reward pada diri sendiri yang bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya menikmati waktu me time dengan melakukan hal yang disukai.

4. Buat suasana rumah menjadi lebih menyenangkan

Sambil meluangkan waktu untuk me time, Anda juga bisa memasang wewangian aromaterapi yang disukai hingga merawat diri dengan menggunakan produk masker wajah yang menyegarkan untuk meningkatkan mood.

Jangan lupa untuk istirahat dan minum air yang cukup, rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dan multivitamin, berjemur, serta menjaga kesehatan mental, misalnya dengan menulis atau berbicara melalui telepon dengan sahabat.

Selama pandemi ini, kesehatan fisik dan mental sangat penting dijaga agar terhindar dari risiko gangguan kesehatan. Anda bisa menentukan hal menarik untuk dilakukan meski dalam kondisi di rumah saja. Salah satu kuncinya adalah bisa mengatur waktu dan mengelola stres dengan baik.

Baca juga: 7 Cara Beradaptasi dengan Gaya Hidup New Normal Akibat Pandemi COVID-19

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app