Penolakan Diri - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Apr 30, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 456.918 orang

Harga diri adalah pandangan yang dimiliki seseorang tentang dirinya sendiri. Memiliki harga diri yang tinggi sangat penting untuk kesehatan mental yang baik.

Pengalaman masa kecil seseorang umumnya membentuk harga dirinya. Orang tua, guru, dan teman masa kecil memiliki dampak yang kuat pada bagaimana harga diri berkembang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Harga diri sering dibahas dalam konteks perkembangan anak-anak, tetapi orang dewasa juga perlu memiliki dan mempertahankan harga diri yang sehat.

Harga Diri pada Anak

Pengalaman seorang anak membentuk harga dirinya. Seorang anak perlu diperlakukan dengan cinta, rasa hormat, dan kebaikan untuk mengembangkan harga diri yang positif. 

Jika seorang anak diperlakukan dengan buruk, suka diganggu, atau dibuat merasa kurang berharga dibandingkan orang lain, harga diri anak tersebut dapat menderita kerusakan jangka panjang.

Anak-anak menempatkan sejumlah besar peran pada bagaimana orang lain memandang mereka, terutama selama masa remaja mereka.

Membangun harga diri yang sehat pada anak-anak

Penelitian menunjukkan bahwa seorang anak cenderung merasa rendah diri pada saat mereka di kelas enam ( Rhodes, et al., 2004 ). Cara meningkatkan harga diri anak-anak meliputi:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01
  • Pujilah mereka saat mereka berhasil. Jangan bereaksi terhadap anak-anak hanya ketika mereka melakukan sesuatu yang salah.
  • Tanyakan pendapat mereka. Anak-anak ingin merasa seolah-olah mereka memiliki sesuatu peran ketika harus membuat keputusan penting.
  • Biarkan mereka berpartisipasi dalam hal-hal positif yang menarik minat mereka. Biarkan mereka menjadi ahli dalam hal-hal yang mereka sukai ( American Academy of Pediatrics, 2013 ).
  • Anak perempuan sering memiliki sikap rendah diri daripada anak laki-laki, jadi mungkin penting bagi orang tua untuk memberi mereka perhatian lebih selama  dalam pembentukan harga diri mereka ( American Psychological Association, 2013 ).

Anak-anak yang tumbuh dengan orang dewasa yang memiliki masalah psikologis, serta anak-anak yang kekurangan kebutuhan dasar, lebih rentan terhadap masalah harga diri. Anak-anak dengan cacat fisik atau dengan masalah lain mungkin juga bermasalah dengan masalah harga diri mereka.

Harga Diri pada Orang Dewasa

Orang dewasa yang rendah diri juga membutuhkan dukungan terus-menerus seperti keberhasilan dalam kerja atau pujian dari teman. Dukungan dari orang-orang terdekat dapat membangun kepercayaan diri mereka.

Membangun Harga Diri yang Sehat sebagai Orang Dewasa

Orang dewasa yang rendah diri dapat membantu diri mereka sendiri dengan mengingat beberapa tips dibawah ini:

  • Jangan menjadi musuh terburuk pada diri Anda sendiri. Cobalah untuk menghindari terlalu banyak kritik atau menganggap diri Anda buruk.
  • Tetap berpegang pada fakta yang ada. Orang-orang yang rendah diri sering berpikiran terlalu jauh pada pemikiran yang negatif.
  • Beri diri Anda penghargaan dan terimalah pujian dari orang lain. Jika seseorang memuji Anda, akui ucapan tersebut dan Anda pantas menerimanya. Jangan bersikap rendah hati sampai tidak percaya pada kemampuan Anda.
  • Maafkan diri Anda ketika Anda melakukan kesalahan, hal itu wajar bagi setiap manusia. Juga pahami bahwa ada beberapa hal yang terjadi berada di luar kendali Anda.
  • Hubungi orang terdekat Anda untuk meminta bantuan saat Anda membutuhkannya.

Apa Pandangan untuk Seseorang yang Rendah Diri?

Meskipun normal untuk mengalami masa dimana Anda merasa rendah diri, namun rasa rendah diri yang berkepanjangan dapat mengganggu kualitas hidup seseorang. Hal ini dapat menyebabkan masalah yang lebih besar, seperti depresi, penyalahgunaan narkoba atau alkohol, dan perasaan putus asa.

Harga diri yang buruk dapat menyebabkan gangguan mental pada anak-anak dan orang dewasa. Lebih buruk lagi, itu dapat menyebabkan pemikiran bunuh diri ( Kleirnan, E. et al., 2013).

Cari pertolongan medis segera jika Anda atau orang terdekat Anda mengalami pemikiran untuk bunuh diri.

Bagaimana Mendiagnosis Seseorang yang Rendah Diri?

Ada banyak tes yang dapat digunakan untuk menentukan tingkat harga diri seorang anak. Tes-tes ini dapat memberikan gambaran tentang tindakan seorang anak dan dapat membantu seorang pemeriksa dalam menangani masalah.

Orang tua dan pendidik dapat mengikuti beberapa petunjuk dibawah ini untuk mendiagnosis rendah diri pada anak-anak, sebagai berikut:

  • Keengganan anak untuk mencoba hal-hal baru
  • Menyalahkan orang lain atas kegagalan
  • Anak berperilaku curang
  • Cepat marah dan putus asa
  • Keengganan anak untuk menerima pujian
  • Anak bertindak atau bereksperimen dengan obat-obatan

Pada orang dewasa, tanda-tanda berikut dapat menunjukkan seseorang yang rendah diri:

  • Terobsesi pada pikiran negatif
  • Kurangnya motivasi
  • Tidak menerima penghargan untuk kesuksesan dirinya

Bagaimana Mengobati Seseorang yang Rendah Diri?

Jika rasa rendah diri yang mengganggu kualitas hidup seseorang, maka melakukan suatu terapi pengobatan dapat disarankan. Terapi dapat berputar di sekitar self-talk, atau belajar untuk lebih memahami hal-hal yang masuk akal atau tidak dalam pemikiran pasien. Terapi perilaku kognitif dapat membantu seseorang lebih memahami keyakinan mereka dan mengambil langkah-langkah dalam meningkatkan pandangan mereka.

Psikolog yang menggunakan terapi perilaku kognitif melaporkan keberhasilan pasien dalam kurang lebih 20 sesi pertemuan. Hasil ini cenderung berlangsung lama karena pasien mempelajari mekanisme koping yang baru ( Core Physicians, 2010 ).

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit