Doctor men
Ditulis oleh
MELIANTY IPARDJO
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Pemeriksaan

Pemeriksaan Pap Smear, Aman gak sih?

Update terakhir: NOV 14, 2019 Tinjau pada NOV 14, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.359.231 orang

Pemeriksaan Pap Smear, Aman gak sih?

Sampai saat ini, kanker mulut rahim masih merupakan masalah kesehatan perempuan di Indonesia sehubungan dengan angka kejadian dan angka kematiannya yang tinggi. Setiap tahun, di dunia terdapat 500.000 kasus baru kanker serviks dan lebih dari 250.000 kematian. 

Di Indonesia yang berpenduduk sekitar 220 juta jiwa, terdapat sekitar 52 juta perempuan yang terancam kanker serviks. Penyebab utama dari kanker serviks adalah infeksi HPV (Human Papilloma Virus). Proses terjadinya karsinoma serviks sangat erat hubungannya dengan proses metaplasia atau pertumbuhan sel yang abnormal.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Salah satu hal yang harus perempuan lakukan untuk mencegah kanker serviks sedini mungkin adalah dengan melakukan pemeriksaan pap smear. 

Jika ditemukan tanda-tanda kanker serviks bisa berkembang di tubuh Anda melalui pemeriksaan ini, maka Anda bisa mencegahnya sedini mungkin.

Banyak wanita enggan melakukan Pap Smear

Banyak wanita yang ragu untuk melakukan pap smear karena Membayangkan ada alat yang masuk ke daerah vital (spekulum), apalagi dengan diambilnya sel-sel leher rahim kita. 

Mereka beranggapan bahwa saat pengambilan sel-sel tersebut dengan alat yang disebut spekulum akan terasa sakit seperti dicubit tapi di dalam leher rahim.

Pap smear umumnya diindikasikan untuk wanita yang sudah aktif dalam hubungan seksual, namun pap smear juga penting dilakukan jika seorang wanita sudah berusia lebih dari 21 tahun. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Selain itu, Umumnya pap smear umumnya wajib dilakukan oleh wanita yang sudah aktif dalam melakukan kegiatan seksual. Budaya timur di Indonesia tidak sebebas pergaulan di negara barat yang membebaskan hubungan seksual pranikah. 

Namun, secara sembunyi-sembunyi, banyak juga perempuan di Indonesia yang sudah melakukan hubungan intim sebelum menikah bahkan di usia remaja

Barangkali, mereka yang sudah berhubungan intim tetapi belum menikah khawatir melakukan tes pap smear atau IVA karena takut dicap bukan perempuan baik-baik.

Para wanita juga takut memeriksakan diri mereka karena mereka takut terdiagnosa sakit kanker.

Apa yang akan terjadi selama pemeriksaan Pap Smear?

Sebelum melakukan pemeriksaan pap smear pertama kali, sebaiknya Anda sudah mengetahui apa saja yang akan Anda lakukan saat pemeriksaan, sehingga Anda tidak kaget. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Tidak ada yang perlu ditakutkan dari pemeriksaan pap smear, karena prosesnya sangat aman bila dilakukan oleh profesional yang berpengalaman. Tahapan-tahapannya meliputi :

  • Buka baju Anda akan disuruh untuk menanggalkan pakaian anda mulai dari pinggang hingga bagian bawah guna pemeriksaan. Dan selanjutnya anda akan diberikan baju khusus dari rumah sakit untuk mempermudah pemeriksaan pap smear.
  • Duduk di meja pemeriksaan Tahap selanjutnya, setelah anda memakai pakaian medis yang berikan oleh rumah sakit, anda akan diarahkan oleh petugas medis untuk duduk bagian ujung dari meja pemeriksaan.
  • Berbaring dan Rileks Petugas medis kemudian akan menginstruksikan anda untuk berbaring di meja pemeriksaan dengan posisi kaki membuka lebar.  Posisi ini akan lebih memudahkan petugas medis serta dapat membuat otot-otot untuk tidak tegang. Semakin relaks akan semakin baik untuk proses pap smear dan juga akan semakin cepat tahapan pap smear ini diselesaikan. Bagi sebagian wanita yang baru pertama kali menjalani prosedur atau tahapan pap smear mungkin akan mengalami rasa kurang nyaman atau risih.  Karena itu disarankan bagi anda, khususnya yang baru pertama menjalani prosedur pap smear, untuk menggoyang-goyangkan jari-jari kaki untuk membuat otot-otot pada bagian kaki hingga pinggul menjadi lebih tenang dan rileks.  Semakin sering anda menjalani pap smear, anda pun akan semakin terbiasa dengan tahapan-tahapannya seperti halnya yang satu ini.

Pasien ditempatkan pada posisi litotomy yaitu kaki mekangkang

  • Pengecekan Bagian Luar Vagina Tahap selanjutnya yang mungkin akan membuat jantung wanita semakin berdegup adalah pemeriksaan dan pengecekan bagian vagina paling luar.  Petugas akan menyentuh bagian luar vulva anda yang dimaksudkan untuk membuka bagian labia sehingga bagian genital dapat terlihat untuk melihat apakah vagina pada bagian ini normal atau tidak.
  • Memasukan speculum untuk membuka vagina Kemudian, vagina anda akan dimasukan semacam alam bernama spekulum. Jangan khawatir. Proses pemasukan spekulum ini tidak menyebabkan vagina anda terluka kok. Ingat, rileks.  Spekulum akan dimasukan pada vagina dengan sangat hati-hati yang gunanya untuk memperlebar bukaan vagina untuk proses pemeriksaan lebih lanjut. Spekulum yang digunakan pada setiap wanita akan berbeda dari segi ukuran maupun bentuknya tergantung dari ukuran ataupun kondisi dari vagina masing-masing wanita.  Spekulum ini akan memungkinkan petugas untuk dapat melihat bagian dalam vagina seperti dinding vagian sekaligus bagian mulut rahim atau serviks. Serviks ini berada di bagian atas vagina.  Petugas medis sebagai orang yang ahli dalam bidang ini akan dapat dengan mudah melihat bagian serviks meskipun kita sendiri tidak dapat merasakan ataupun melihat bagian serviks yang tersembunyi ini.
  • Pengumpulan sampel jaringan dari bagian luar mulut rahim Setelah alat spekulum sudah benar-benar pada posisinya, petugas medis akan mengambil sampel dari jaringan yang berada pada mulut rahim bagian luar atau dalam istilah medis dikenal sebagai ektoserviks.  Pengambilan sampel jaringan ini dengan menggunakan alat sejenis spatula khusus yang memang diperuntukan untuk tujuan ini.
  • Pengambilan sampel jaringan dari bagian saluran mulut rahim hingga bagian dalam rahim Tahapan pap smear selanjutnya adalah dengan pengambilan sampel jaringan yang berada di bagian saluran mulut rahim serta bagian dalam rahim.  Di sini tahapan ini dilakukan dengan menggunakan alat yang berbentuk seperti sikat menyerupai bentuk sapu yang kecil bernama Cytobrush.
  • Pencopotan spekulum Jika proses pengambilan sampel jaringan sudah selesai, selanjutnya speculum yang tadi dipasang akan dilepas yang menandakan jika proses pap smear telah selesai.  Saat proses pencopotan spekulum ini petugas medis juga akan melakukan pemeriksaan pada bagian uterus dan ovarium kita. Dalam proses ini petugas hanya akan menggunakan tangannya untuk merasakan kedua bagian ini yang sebenarnya tidak dapat terlihat.

Pentingnya pemeriksaan Pap Smear

Proses pengerjaan pap smear sangat aman, walaupun terdengar agak ngeri, dan ada banyak alasan seorang wanita tidak ingin melakukan pemeriksaan ini, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan pap smear, mengingat keuntungan yang dihasilkan lebih bermanfaat daripada ketakutan Anda melakukan pemeriksaan ini.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit