Pakai 5 Benda Ini untuk Melakukan Yoga di Rumah

Dipublish tanggal: Mei 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Pakai 5 Benda Ini untuk Melakukan Yoga di Rumah

Yoga adalah salah satu olahraga yang paling mudah untuk dilakukan termasuk dilakukan dirumah. Olahraga yang satu ini tidak membutuhkan banyak peralatan rumit. Beberapa orang melakukan yoga di studio dengan didampingi guru yoga. Namun Anda juga bisa melakukan yoga sendiri di rumah dengan beberapa benda berikut ini. 

Gadget 

Penggunaan gadget selama latihan yoga bukan digunakan untuk tetap online atau menggunakan sosial media. Namun gadget digunakan untuk memandu gerakan yoga Anda sehingga seolah-olah Anda sedang belajar yoga dengan instruktur. 

Selain itu, Anda juga bisa memutar musik dengan beat yang calm agar latihan bisa lebih rileks. Anda juga bisa mematikan ponsel selama latihan agar tidak ada telepon atau pesan yang mengganggu selama Anda berlatih yoga.  

Botol minum

Saat berlatih yoga, baik di rumah maupun di studio, Anda harus tetap membawa botol minum. Membawa botol minum ketika latihan membantu mencegah dehidrasi selama berlatih dan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. 

Selain itu membawa botol minum merupakan salah satu kebisaan baik untuk mengurangi sampah serta memenuhi kebutuhan air untuk tubuh sebanyak 2 liter sehari. 

Blok yoga

Saat Anda pertama kali belajar yoga, tentu banyak posisi dan gerakan yang masih sulit untuk dilakukan. Sehingga Anda membutuhkan yoga blok atau balok yoga untuk mengganjal tubuh ketika melakukan beberapa gerakan yoga. 

Ada banyak jenis blok yoga yang bisa Anda pilih seperti blok yoga yang terbuat dari busa tebal, serpihan kayu, dan juga kayu. Perbedaan dari blok yoga ini adalah dari beratnya. Semakin berat blok yoga, maka semakin stabil support blok untuk latihan Anda. 

Yoga strap

Selain blok yoga, yoga strap atau tali yoga juga menjadi salah satu benda yang bisa mendukung proses latihan Anda. Yoga strap ini bisa sangat membantu terlebih bila Anda merasa tubuh kurang fleksibel maka Anda bisa menggunakan yoga strap untuk menyempurnakan posisi. 

Hal ini karena yoga strap bisa membantu menahan posisi kaki dan tangan agar tidak berubah. Yoga strap ini tersedia dalam 2 jenis yaitu strap belt yang berbentuk seperti sabuk dan infinity strap yang terbuat dari kaki tebal dengan dua lingkaran. 

Yoga mat

Bila berlatih di studio yoga, Anda memang tidak perlu menyediakan matras yoga atau yoga mat. Namun bila berlatih secara mandiri di rumah, Anda membutuhkan matras yoga. Latihan yoga akan jauh lebih nyaman dan aman dengan menggunakan matras yoga. 

Sebelum membeli matras yoga, Anda bisa memperhatikan ketebalan matras yaitu tidak terlalu tipis. Namun bila matras akan dibawa bepergian, Anda bisa memilih matras yoga yang tipis agar lebih mudah dibawa. Ketebalan matras yoga yang disarankan adalah 5mm untuk penggunaan sehari-hari dan ketebalan 3mm untuk dibawa traveling. 

Selain masalah ketebalan, material matras juga harus diperhatikan. Pilih matras yang terbuat dari bahan yang tidak licin, menyerap keringat, dan juga kuat. Hal ini karena matras yoga adalah salah satu benda yang akan sering Anda gunakan. 

Bila harga matras yoga termasuk mahal, namun Anda bisa menganggapnya sebagai investasi. Jadi bayangkan bila matras dengan kualitas bagus tersebut bisa Anda gunakan hingga 5-7 tahun kedepan. Oleh karena itu Anda tidak perlu lagi membeli matras dalam waktu yang berdekatan dan tentunya lebih hemat biaya. 


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
13 Benefits of Yoga That Are Supported by Science. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/13-benefits-of-yoga)
Yoga: Fight stress and find serenity. Mayo Clinic. (http://www.mayoclinic.com/health/yoga/CM00004)
Yoga Health Benefits: Flexibility, Strength, Posture, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/balance/guide/the-health-benefits-of-yoga)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel selanjutnya
Manakah Yang Lebih Efektif Dalam Menurunkan Berat Badan: Latihan Kekuatan Otot Atau Kardio?
Manakah Yang Lebih Efektif Dalam Menurunkan Berat Badan: Latihan Kekuatan Otot Atau Kardio?

Dua olahraga tersebut sama pentingnya bagi kesehatan tubuh. Tetapi apabila tujuannya untuk menurunkan berat badan, maka akan lebih baik jika Anda melakukan latihan kardio. Bukan karena latihan kekuatan otot tidak lebih baik, tetapi karena latihan kardio memiliki kecepatan yang berbeda dalam membakar kalori.

Selain Sit Up, Ini Dia 6 Latihan Untuk Membentuk Otot Perut
Selain Sit Up, Ini Dia 6 Latihan Untuk Membentuk Otot Perut

Sebagian besar dari Anda pasti sering berlatih untuk membentuk otot perut dengan latihan tradisional seperti sit up dan crunches. Tetapi, percayalah bahwa ini merupakan metode yang buruk. Sit up yang berlebihan akan mengakibatkan gangguan pada tulang belakang Anda. Nah, daripada terus berkutat pada dua jenis latihan lama tersebut, mari kita lihat beberapa latihan yang efektif untuk pembentukan otot perut:

Buka di app