Olahraga Tanpa Menggunakan Bra, Bolehkah?

Dipublish tanggal: Agu 8, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Olahraga Tanpa Menggunakan Bra, Bolehkah?

Menggunakan pakaian olahraga sangat penting bagi siapapun yang akan berolahraga. Pakaian olahraga biasanya dirancang untuk memungkinkan Anda bergerak bebas saat berolahraga. Khususnya pada wanita yang perlu menggunakan bra saat berolahraga. Seberapa pentingkah penggunaan bra saat berolahraga?

Kebanyakan wanita yang gemar berolahraga mungkin tidak peduli dengan outfit yang digunakan, khususnya dalam menggunakan bra yang tepat saat berolahraga. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Perlu Anda ketahui wanita yang tidak menggunakan bra selama berolahraga harus mempertimbangkan efek negatif pada payudaranya. Namun, kembali lagi ke judul di atas, bolehkah berolahraga tanpa menggunakan bra? Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai pertanyaan tersebut.

Berolahraga tanpa menggunakan Sport Bra

Tidak mengenakan bra selama berolahraga bukanlah hal yang aneh. Tapi mengapa kebanyakan wanita tidak suka menggunakan bra saat berolahraga? Beberapa alasan yang biasa digunakan:

  • Wanita dengan payudara kecil selalu berpikir mereka tidak membutuhkan sport bra saat berolahraga.
  • Lebih nyaman menggunakan bra biasa dibandingkan sport bra
  • Kurangnya kesadaran
  • Ketakutan bahwa sport bra tidak nyaman digunakan

Berolahraga tanpa bra dapat berdampak buruk pada payudara Anda. Setiap payudara merupakan organ eksternal independen yang terhubung ke tubuh hanya oleh kulit dan ligamen halus.

Dengan latihan atau berolahraga berulang tanpa menggunakan bra, ada konsekuensi jangka panjang yang harus Anda hadapi. Jaringan pendukung pada payudara, termasuk kulit, akan meregang dan tidak dapat kembali ke bentuk semula. Hal tersebut dapat menyebabkan payudara Anda kendur.

Bisakah Anda mengenakan bra biasa saat berolahraga?

Bra biasa umumnya berfungsi dengan sangat baik untuk mendukung payudara Anda melawan gravitasi. 

Tetapi hal tersebut hanya mungkin terjadi ketika tubuh Anda tidak banyak bergerak seperti saat berolahraga. Selama melakukan aktivitas berat seperti berlari, bra normal/ biasa tidak dapat mencegah payudara Anda memantul/ bergerak ke depan dan ke belakang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Payudara sebagian besarnya terdiri dari jaringan lemak lunak yang dilapisi oleh ligamen. Ketika Anda berolahraga yang mengharuskan tubuh terus bergerak berulang kali, misalnya lari, payudara yang tidak ditopang dengan baik akan ikut berguncang.

Lama-lama, pergerakan tersebut akan melemahkan jaringan ligamen sehingga menyebabkan nyeri dada, leher, dan punggung selama berolahraga. Terlebih karena otot punggung juga harus bekerja lebih keras untuk menjaga pundak tetap stabil ke depan sembari menahan berat payudara.

Penelitian telah menunjukkan bahwa performa Anda dalam olahraga dapat dipengaruhi oleh jenis bra yang Anda kenakan. Dalam jangka panjang, wanita yang mengenakan bra yang salah saat berolahraga dapat mempengaruhi performa saat berolahraga. 

Dalam kasus-kasus ekstrim, wanita-wanita tersebut dapat berhenti sama sekali dari olahraga.

Bra jenis apa yang sebaiknya Anda gunakan saat berolahraga?

Pemilihan sport bra yang tepat, semua tergantung pada ukuran payudara Anda dan jenis olahraganya. Pada dasarnya ada dua jenis sport bra yaitu bra jenis kompresi dan enkapsulasi.

Sport bra jenis kompresi dapat bekerja dengan cara menekan payudara di dada. Jenis bra tersebut baik untuk wanita berpayudara kecil. Wanita yang memiliki dada berukuran sedang masih dapat menggunakan bra jenis bara kompresi saat melakukan aktivitas berdampak rendah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Sport bra yang dienkapsulasi bekerja dengan mengelilingi setiap payudara secara terpisah seperti pada bra normal. Mereka lebih efektif dalam menghalangi gerakan payudara selama berolahraga.

Beberapa produsen sport bra membuat bra yang menggabungkan enkapsulasi dan kompresi. Bra jenis tersebut bahkan lebih efisien daripada bra jenis enkapsulasi saja. 

Sport Bra juga dikategorikan menurut tingkat olahraganya. Anda harus mencocokkan aktivitas Anda dengan jenis bra yang tepat. Karena sport bra dibuat khusus untuk berolahraga, tidak perlu mengambil resiko memakai bra jenis lain. Menggunakan sport bra selalu lebih baik jika digunakan saat berolahraga.

Kesimpulan

Sangat jelas bahwa sebagian besar atlet tidak dapat berlari atau jogging tanpa sepatu yang pas dan nyaman. Alasannya adalah bahwa sepasang sepatu lari sangat penting digunakan saat berlari. 

Hal yang sama juga berlaku pada penggunaan bra saat berolahraga. Tetapi kadang-kadang kebanyakan orang menganggap bahwa menggunakan sport bra tidak penting. Dan anggapan tersebut semua salah.

Pernyataan sebenarnya adalah bahwa bra untuk berolahraga yang pas merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perlengkapan wanita. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa Anda mengenakan bra olahraga yang benar dan tepat saat berolahraga.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What Happens If You Don't Wear a Sports Bra?. Greatist. (Accessed via: https://greatist.com/discover/what-happens-if-you-dont-wear-sports-bra)
No Sports Bra or Socks? How to Deal With Gym Wardrobe Fails. Shape Magazine. (Accessed via: https://www.shape.com/fitness/workouts/no-sports-bra-or-socks-how-deal-gym-wardrobe-fails)
Is It Bad to Exercise Without a Bra?. Livestrong.com. (Accessed via: https://www.livestrong.com/article/484046-is-it-bad-to-exercise-without-a-bra/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app