Kenali Nyeri Pergelangan Tangan Dari Penyebab, Gejala dan, Pengobatannya

Update terakhir: Jul 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 684.935 orang

Apakah Anda pernah mengalami pergelangan tangan Anda tiba-tiba terasa nyeri dan seperti mati rasa. Ataukah malah Anda termasuk orang yang sering mengalami nyeri pada pergelangan tangan tersebut. Mungkin Anda menganggap hal tersebut disebabkan oleh terkilir padahal bisa saja disebabkan oleh cedera yang secara tidak sengaja terjadi.

Rasa sakit pada pergelangan tangan bisa dipicu oleh rasa stress atau kondisi yang lainnya. Misalnya artritis dan carpal tunnel syndrome yaitu rasa kesemutan atau mati rasa pada jari-jari tangan. Pada umumnya timbulnya rasa nyeri pada pergelangan tangan disebabkan oleh hal sebagai berikut.

Penyebab Nyeri Pada Pergelangan

Cedera Karena Olahraga

Rasa sakit pada pergelangan tangan bisa terjadi karena anda mengalami cedera akibat olahraga yang menggunakan tangan atau pergelangan tangan. Contoh dari olahraga ini misalnya bola volly, basket, golf, bowling, tenis, bulutangkis dan sebagainya. Jika Anda melakukan olahraga jenis ini secara berlebihan maka bisa menimbulkan rasa sakit pada bagian pergelangan tangan.

Melakukan Gerakan Tertentu Secara Berulang

Mungkin pekerjaan Anda mengharuskan Anda menggunakan tangan atau pergelangan tangan secara berulang-ulang. Hal ini juga bisa menyebabkan timbulnya rasa nyeri di pergelangan tangan Anda. Pekerjaan seperti penjahit dan mekanik termasuk jenis pekerjaan yang intensitas dalam menggunakan tangan atau pergelangan tangan cukup sering.

Adanya Kondisi Tertentu

Timbulnya rasa nyeri pada pergelangan tangan bisa disebabkan oleh suatu kondisi tubuh tertentu. Atau juga karena adanya kondisi penyakit yang bisa menyebabkan nyeri datang. Penyakit tersebut antara lain adalah :

Kondisi Sedang Hamil

Kehamilan akan menimbulkan adanya suatu retensi terhadap cairan di dalam tubuh sehingga menyebabkan adanya tekanan pada bagian carpal tunnel. Carpal tunnel merupakan saluran yang terbentang sepanjang pergelangan tangan hingga ke bagian bawah telapak tangan. Tetapi jangan kuatir karena nyeri akan hilang dengan sendirinya setelah bayi Anda lahir,

Sakit Diabetes Melitus

Sakit diabetes bisa membuat penderitanya merasakan kebas pada persendian. Termasuk pada bagian pergelangan tangan yang akan terasa kaku sehingga Anda menjadi kesulitan untuk menggerakkan tangan.

Mengalami Obesitas

Obesitas atau berat badan yang berlebihan juga bisa menjadi pemicu rasa sakit pada pergelangan tangan. Kondisi tubuh yang obesitas menyebabkan badan memiliki tumpukan banyak lemak atau jumlah lemak yang berlebih. Lemak berlebih ini bisa mengikis dan menghancurkan persendian yang akan memicu rasa nyeri pada pergelangan tangan.

Sakit Asam Urat

Seperti diketahui bahwa orang yang memiliki penyakit asam urat akan mengalami nyeri pada persendian dan otot tubuhnya. Hal ini disebabkan oleh adanya penumpukan asam urat dalam jumlah yang besar atau berlebih di dalam persendian. Penumpukan asam urat juga bisa terjadi di bagian pergelangan tangan sehingga akan menyebabkan rasa nyeri pada pergelangan tangan.

Adanya Trauma Otot

Mungkin Anda pernah mengalami kecelakaan atau terjatuh dimana pergelangan tangan Anda saat itu pada posisi yang salah. Jika ini terjadi maka Anda pasti akan mengalami apa yang disebut dengan keseleo atau terkilir pada bagian pergelangan tangan tersebut.

Dengan pernah mengalami keseleo pada bagian ini akan menyebabkan timbulnya rasa sakit pada pergelangan tangan saat–saat tertentu. Misalnya pada saat udara sedang sangat dingin atau sedang kelelahan.

Adanya Kista Ganglion

Mungkin Anda masih asing dengan istilah kista ganglion ini. kista ganglion adalah sejenis tumor jinak yang tumbuh pada jaringan lunak termasuk bisa saja menyerang bagian pergelangan tangan. Jika ini terjadi maka Anda bisa mengalami rasa nyeri pada bagian pergelangan tangan Anda.

Mengidap Kienbock

Penyakit yang satu ini memang asing dan terhitung jarang terjadi sebenarnya hanya saja bisa menjadi penyebab datangnya nyeri pada pergelangan tangan. Penyakit kienbock adalah terjadinya kondisi dimana sirkulasi darah pada tulang kecil pergelangan tangan sangat sedikit.

Karena minimnya sirkulasi darah ini maka akan menyebabkan turunnya fungsi dari tulang kecil di bagian pergelangan tangan. Penyakit ini pada umumnya dialami oleh mereka yang masuk usia remaja.

Kondisi Psoriatic Arthritis Merupakan kondisi dimana terdapat kelainan pada kulit pergelangan tangan yang bisa menimbulkan rasa nyeri pada bagian tersebut. Kelainan kulit yang terjadi akan menyebabkan adanya suatu peradangan yang akan memicu rasa sakit.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit