Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Pengobatan

Nyaman Menghadapi Kemoterapi

Update terakhir: OCT 20, 2019 Waktu baca: 1 menit
Telah dibaca 2.092.603 orang

Nyaman Menghadapi Kemoterapi

Salah satu bentuk pengobatan modern untuk melawan sel-sel kanker yang ganas adalah pengaliran racun dalam bentuk kemoterapi. Bagi Anda yang sedang menjalani kemoterapi, Anda tentu tahu berbagai efek samping yang ditimbulkan oleh kemoterapi yang dapat membuat fisik Anda melemah dan Anda kewalahan. Karenanya, dalam menghadapi kemoterapi, Anda perlu berusaha membuat diri merasa nyaman, beberapa caranya antara lain:

1.Minum banyak air dan bentuk cairan lainnya
Banyak minum air di masa kemoterapi sangat dianjurkan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Tidak hanya air, Anda dapat juga mengonsumsi kaldu dalam bentuk sup, es loli, gelatin, jus buah dan minuman jahe yang juga dapat membantu menghilangkan rasa mual.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

2.Konsumsi makanan lunak
Meski nafsu makan Anda menghilang akibat kemoterapi, tetap paksa diri Anda untuk makan. Makanlah makanan yang lunak dan lembut, seperti oatmeal, puding, kentang yang dihaluskan, yogurt dan roti putih. Hindari konsumsi buah selama beberapa saat setelah kemoterapi.

3.Curahkan perasaan Anda
Entah itu dengan berbicara pada sahabat atau orang terdekat Anda, atau mulai menulis dalam jurnal. Lakukan hal ini untuk membantu Anda menyesuaikan diri dengan rasa tekanan mental dan emosional yang dapat Anda alami.

4.Kenakan pakaian yang nyaman
Saat sedang menjalani kemoterapi, pastikan Anda mengenakan pakaian yang memang nyaman dan bawalah selimut untuk menghangatkan tubuh Anda.

5.Tuliskan pengalaman Anda
Kemoterapi dapat membuat Anda mudah lupa. Karenanya, menulis pengalaman Anda dalam jurnal dapat membantu Anda lebih mudah mengingat apa saja yang sudah Anda alami.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit