Makanan dan Diet Sehat

Makanan Yang Mengandung Nutrisi Terbaik untuk Otak

Dipublish tanggal: Mar 4, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 2, 2019 Waktu baca: 3 menit
Makanan Yang Mengandung Nutrisi Terbaik untuk Otak

Apakah Anda ingin memiliki otak yang cerdas? Pasti semua orang di dunia ini ingin memiliki otak yang cerdas, bukan? Apakah makanan yang Anda makan sudah memberikan nutrisi yang terbaik untuk otak Anda? 

Sementara kita harus mengetahui bahwa apa yang kita makan sangat memengaruhi tubuh kita dan akan berdampak pada otak kita. Otak yang cerdas bukan hanya didapatkan dari seringnya atau ketekunan seseorang dalam belajar, tapi pemberian nutrisi yang baik untuk otak juga memainkan peran penting dalam membangun kecerdasan seseorang.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Otak adalah salah satu organ terpenting pada tubuh, karena merupakan pengatur dan koordinator segala aktivitas dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan mengapa pemberian nutrisi yang baik untuk otak sangatlah penting. Makanan yang Anda makan memainkan peran dalam menjaga otak Anda sehat dan dapat meningkatkan memori dan konsentrasi.

Nutrisi untuk otak yang kaya akan antioksidan, lemak baik, vitamin dan mineral dapat memberikan energi dan membantu melindungi otak dari berbagai macam penyakit. Jadi ketika kita ingin fokus untuk memberikan asupan nutrisi yang baik untuk tubuh, konsumsilah makanan bergizi yang bermanfaat otak.

Asupan makanan atau nutrisi yang terbaik untuk otak penting diberikan dan dikonsumsi oleh semua kalangan baik anak-anak, dewasa maupun orang tua. 

Artikel ini akan memberikan contoh-contoh makanan atau nutrisi terbaik yang dapat meningkatkan kemampuan otak Anda.

1. Alpukat

Buah ini adalah salah satu buah yang paling sehat yang dapat Anda konsumsi dan salah satu buah yang paling disukai banyak orang. Buah alpukat mengandung vitamin K dan folat. 

Alpukat dapat membantu mencegah pembekuan darah di otak (melindungi terhadap penyakit stroke) serta membantu meningkatkan fungsi kognitif, terutama memori dan konsentrasi. Alpukat juga memiliki kadar protein yang tinggi dan kadar gula yang rendah dibanding buah-buahan lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

2. Bluberi

Blueberry punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Buah ini adalah salah satu makanan paling kaya akan antioksidan, termasuk vitamin C dan vitamin K serta serat. Karena kadar asam galatnya yang tinggi, blueberry sangat bagus dalam melindungi otak dari degenerasi dan stres. 

3. Ikan Salmon

Jika Anda penggemar makanan laut, berbahagialah, karena ikan salmon adalah salah satu makanan yang paling bergizi dan baik untuk otak. Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu untuk menjaga otak berjalan lancar dan dapat meningkatkan memori otak. 

Memberikan ikan salmon untuk anak dapat membantu mencegah Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dengan meningkatkan fokus pada anak. Dan asam lemak yang terkandung didalam ikan salmon dapat membantu mencegah kanker dan membunuh tumor.

4. Kunyit

Bumbu kuning yang biasa digunakan sebagai bahan utama dalam bubuk kari, ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi otak. Curcumin, merupakan bahan aktif yang terkandung di dalam kunyit

Curcumin memiliki senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat yang telah dikaitkan dengan manfaat untuk otak seperti, curcumin dapat membantu meningkatkan daya ingat, meredakan depresi dan membantu dalam pertumbuhan sel-sel otak.

5. Kacang dan biji-bijian

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan kacang dan biji-bijian dapat meningkatkan kesehatan jantung, dan memiliki hati dan otak yang sehat. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Beberapa nutrisi dalam kacang, seperti lemak sehat, antioksidan dan vitamin E, dapat bermanfaat bagi kesehatan otak. Vitamin E melindungi selaput sel dari kerusakan radikal bebas, dan membantu memperlambat kemunduran mental.

6. Dark chocolate atau coklat hitam

Cokelat hitam sebenarnya baik untuk otak Anda! Cokelat mengandung banyak flavonol, yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Cokelat juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah ke otak dan jantung. Aturan praktisnya adalah semakin gelap cokelat, semakin banyak manfaatnya bagi kesehatan.

7. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan antioksidan. Sayuran ini juga sangat tinggi akan kandungan vitamin K. Beberapa penelitian pada orang dewasa yang lebih tua telah menghubungkan asupan vitamin K yang tinggi memiliki pengaruh yang baik terhadap memori. 

Selain vitamin K, brokoli juga mengandung sejumlah senyawa yang memberikan efek anti-inflamasi dan antioksidan, yang dapat membantu melindungi otak dari kerusakan.

8. Kuning telur

Kuning mengandung banyak kolin, yang membantu perkembangan otak janin bagi wanita hamil.

Masih ada banyak lagi makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk otak yang dapat Anda konsumsi setiap hari. Mulailah untuk mengkonsumsi makanan yang sehat yang kaya akan nutrisi bagi tubuh dan otak Anda. Karena apa yang Anda makan akan mencerminkan seperti apa diri Anda.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Gómez-Pinilla F. (2008). Brain foods: the effects of nutrients on brain function. Nature reviews. Neuroscience, 9(7), 568–578. https://doi.org/10.1038/nrn2421. National Center for Biotechnology Information. (Accessed via: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2805706/)
Best Brain Foods for Brain Function, Health, and Memory. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/diet/features/eat-smart-healthier-brain#1)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app