Apakah Normal Jika Mengalami Flek Pada Saat Hamil ?

Dipublish tanggal: Feb 26, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 22, 2019 Waktu baca: 3 menit
Apakah Normal Jika Mengalami Flek Pada Saat Hamil ?

Bagi setiap perempuan yang sudah menikah, tentunya kehadiran si buah hati di tengah tengah hidup pernikahan menjadi suatu momen yang paling ditunggu tunggu kabarnya. Begitu hasil testpack dan dokter menyatakan bahwa kamu positif hamil, pastinya rasa bahagia tak terbendung akan menyertai Anda dan pasangan. 

Selain rasa bahagia yang begitu membludak, biasanya juga akan muncul perasaan khawatir dimana saat kehamilan, Anda membutuhkan perhatian yang sangat ekstra untuk menjaga kondisi kesehatan agar si buah hati yang sedang dikandung juga bisa dalam kondisi sehat. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Lalu bagaimana bila dalam kondisi hamil, kamu menemukan bahwa keluar flek atau bercak darah dari vagina? Hal in tentunya akan menjadi hal yang sangat menakutkan dan membingungkan terutama untuk mereka yang baru hamil anak pertama atau belum punya banyak pengalaman dalam kehamilan dengan munculnya flek. 

Oleh sebab itu, disini kami akan sharing berbagai informasi mengenai flek yang muncul saat kamu sedang dalam kondisi hamil.

Faktor penyebab keluarnya Flek atau bercak darah saat hamil

Flek atau bercak darah yang muncul saat kehamilan terjadi sebenarnya bukan merupakan sesuatu yang aneh bagi para ibu yang sedang mengandung di trimester awal kehamilannya. Sekitar 20% dari seluruh ibu hamil di dunia pasti pernah mengalami kejadian seperti ini dimana keluar flek atau bercak darah dari dalam vaginanya. 

Ini dapat terjadi karena saat kehamilan, perempuan biasa saja mengeluarkan beberapa cairan dari vagina seperti cairan berupa lendir maupun cairan berupa darah atau biasa dikenal dengan sebutan flek. 

Bila flek atau bercak darah keluar hanya dalam jumlah sedikit, maka kamu tidak perlu terlalu khawatir namun tetap harus memeriksakan diri mu ke dokter kandungan terdekat untuk mengetahui apa penyebab pasti dari keluarnya flek atau bercak darah tersebut. 

Berikut ini ialah faktor faktor penyebab yang memungkinkan keluarnya darah dari vaginamu selama masa kehamilan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Blackmores via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 47
  • Pendarahan Implantasi
    Bercak darah dapat terjadi saat usia kehamilan masih tergolong muda yaitu sekitar usia 4 mingguan dimana proses implantasi embrio ke dinding rahim atau proses menempelnya telur yang sudah dibuahi ke dinding rahim menyebabkan flek darah yang keluar sebagai bercak darah pada vaginamu. Flek darah yang muncul saat awal kehamilan merupakan hal yang normal dan terjadi pada sekitar 20 – 30% ibu hamil muda di seluruh dunia.
  • Berhubungan Seks Saat Masa Kehamilan
    Memang berhubungan seks selama masa kehamilan tidak dilarang bila kehamilan yang dijalani oleh Anda bersifat normal dan baik baik saja. Namun yang perlu Anda ketahui, saat Anda sedang hamil, maka kondisi leher rahim akan menjadi sangat lembut dan sensitif dan bila penis masuk ke dalam vagina, maka bisa saja menyebabkan pendarahan ringan yang menyebabkan keluarnya bercak darah dari vagina. Sehingga berhubungan seksual saat masa kehamilan juga perlu diwaspadai agar dilakukan dengan cara lebih lembut. 
  • Akibat Adanya Tindakan Medis
    Walaupun testpack sudah menunjukan hasil positif hamil, terkadang begitu Anda memutuskan untuk memeriksakan kabar kehamilanmu ke dokter kandungan, maka dokter akan menyuruh kamu untuk melakukan USG Transvaginal dimana USG dilakukan melalui lubang vagina. Tentunya hal ini bila dilakukan dengan kurang hati hati bisa membuat area vaginamu nyeri dan luka sehingga membuat keluarnya flek atau bercak darah dari vagina.
  • Hamil di Luar Kandungan
    Peristiwa hamil di luar kandungan sering disebut sebagai kehamilan ektopik dimana sel telur yang sudah berhasil dibuahi oleh sperma tidak berhasil menempel pada dinding rahim dan malahan menempel di tempat lain. Biasanya sel telur ini akan menempel pada bagian Tuba Falopi. Bila hal ini terjadi maka akan muncul flek atau bercak darah pada vagina karena proses kehamilan tidak berlangsung sebagaimana mestinya. Bila hal ini terjadi maka akan sangat membahayakan nyawa si ibu dan si janin yang dikandung. 

Setelah membaca artikel diatas, dapat disimpulkan bahwa bercak darah atau flek yang keluar dari vagina selama masa kehamilan bisa jadi berbahaya namun bisa juga merupakan keadaan yang cenderung normal apalagi bila terjadi di awal awal trimester pertama kehamilan. 

Namun yang butuh Anda ingat bahwa bila flek dan bercak darah muncul, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter kandungan terdekat untuk mengetahui penyebab pasti mengapa bisa keluar darah dari vagina selama masa kehamilan dan menkonfirmasi apakah itu normal atau cenderung berbahaya. 

Ingat untuk selalu menjaga kesehatan juga di masa masa kehamilan agar kehamilan berlangsung lancar sampai proses persalinan kelak. 


8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Spotting During Early Pregnancy. Verywell Family. (Accessed via: https://www.verywellfamily.com/spotting-during-pregnancy-questions-and-answers-2371271)
How Much Bleeding Is Normal In Early Pregnancy?. American Academy of Family Physicians. (Accessed via: https://familydoctor.org/bleeding-pregnancy-whats-normal/)
Vaginal bleeding in pregnancy. NHS (National Health Service). (Accessed via: https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/vaginal-bleeding-pregnant/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app