Neoplasma Vagina - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Aug 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.135.640 orang

Neoplasma jinak atau ganas pada vagina jarang terjadi dan ditemukan Frekuensi lesi jinak sangat langka terutama di negara maju dan berkembang. Neoplasma yang dapat berkembang di lokasi lain di dalam saluran genital juga dapat ditemukan di vagina. 

Sebagian besar tumor vagina tidak menghasilkan gejala sampai ukuran yang lebi besar. Gejala dan tanda mungkin termasuk sensasi tekanan, dispareunia, obstruksi vagina atau uretra, atau pendarahan vagina

Mengenai Neoplasma Vagina

Neoplasma adalah nama lain untuk tumor. Tumor adalah penyakit yang ditandai oleh multiplikasi sel abnormal yang tidak terkendali namun sama sekali tidak menimbulkan kanker.  Kondisi Ini dapat terjadi di banyak bagian tubuh, termasuk vagina. \

Vagina adalah bagian tubular dari saluran genital wanita yang menghubungkan serviks, di bagian bawah rahim, dengan vulva, yang merupakan bagian dari alat kelamin wanita eksternal. Neoplasia vagina jarang terjadi dan terdiri dari kurang dari 3 persen kanker reproduksi wanita

Neoplasma vagina dapat dibagi menjadi lesi kistik atau padat dan kategori ketiga paling baik digambarkan sebagai kondisi terkait. Biopsi harus dilakukan sebagai pemeriksaan diagnosis untuk neoplasma jenis apapun.

Tumor Kistik

Tumor kistik pada vagina yang seringkali ditemukan antara lain:

  • Kista gartner terletak submukosa di sepanjang aspek lateral vagina bagian atas. Kista ini bisa tumbuh lebih dari satu. kista ini kecil, asimptomatik, dan terletak di aspek lateral vagina atas, tidak ada pengobatan yang diindikasikan.
  • Inklusi Kista Inklusi kista vagina merupakan hasil dari mukosa yang terperangkap di daerah submukosa oleh prosedur bedah seperti episiotomi, kolporafi, atau trauma termasuk melahirkan. Saat kista membesar, gejala dapat berkembang. Kista ini dilapisi dengan epitel skuamosa dan mengandung keratin dan puing skuamosa.
  • Endometriosis Endometriosis di vagina dapat berkembang di lokasi operasi sebelumnya atau sebagai implan primer. Nodularitas forniks posterior vagina dapat mewakili implan endometriotik dari cul-de-sac posterior dan akhirnya dapat mengikis atau tumbuh menjadi mukosa vagina.

Tumor pada terkait neoplasma vagina antara lain:

  • Leiomyoma Leiomioma atau fibromioma vagina adalah lesi langka yang biasanya terletak di dinding vagina anterior Antara 250 dan 300 kasus telah dilaporkan dalam literatur dunia.1 Lesi neoplasma terletak otot polos jinak, biasanya soliter dan dalam banyak kasus tanpa gejala.
  • Polib fibroepitel Polip fibroepitel vagina tidak umum dan biasanya tanpa gejala. Pada bayi dan anak perempuan, sarcoma botryoides harus disingkirkan. Polip fibroepitel vagina biasanya kecil dan bisa berlipat ganda dan dapat membesar saat kehamilan.

Apa yang menyebabkan neoplasma vagina?

Neoplasma vagina sangat terkait dengan beberapa faktor resiko mulai dari usia, jenis kelamin, faktor karsinogen, dan genetik. Usia pada tumor vagina identik dengan usia tua, namun pada neoplasma vagina, kondisi ini juga dpaat ditemukan pada wanita 26 tahun keatas di masa kehamilan atau jelang melahirkan.

Apa saja gejala Neoplasma vagina?

Gejala pada neoplasma vagina dapat bervariasi. Pada beberapa jenis neoplasma sering tidak muncul gejala. Gejala biasanya berupa munculnya benjolan yang lunak atau keras yang terdapat disekitar vagina. Benjolan dapat membesar dan bisa saja menyebabkan nyeri.

Bagaimana cara mencegah neoplasma vagina?

Menjaga kesehatan baik dalam higienitas diri dan konsumsi makanan sebenarnya sudah cukup untuk membantu mencegah neoplasma.

Bagaimana cara mengoati neoplasma vagina?

Beberapa jenis neoplasma vagina seperti kista garner dapat sembuh sendiri apabila timbul gejala minimal. Tetapi pada beberapa ksus berat harus dilakukan tindakan invasif guna mencegah penyebaran atau berkembang tumor ada adanya ditemukan sel kanker lainnya.

Operasi Pembedahan adalah perawatan yang paling umumOperasi laser atau eksisi sederhana dapat dilakukan untuk mengangkat jaringan neoplasma di vagina. Terapi radiasi Radiasi eksternal menggunakan alat radiasi tingkat tinggi untuk mengarahkan sinar pada area yang terkena. Radiasi internal menggunakan tabung radioaktif dan disasarkan ke sel kanker. 

Kemoterapi Kemoterapi melibatkan penggunaan obat-obatan untuk membunuh sel-sel kanker. Tergantung pada obat tertentu, dapat diberikan secara intravena atau oral. Obat ini dinilai memiliki efek samping yang tinggi sehingga perlu adanya kombinasi obat-obatan lain guna mengurangi gejala.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Malam dok...saya punya asma, apa bisa disembuhkan dok? tks Salam, Satria Dwi P
Pertanyaan ini telah dijawab oleh seorang ahli medis

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit