Metode Hipnotis Untuk Berhenti Merokok

Dipublish tanggal: Jun 27, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 19, 2019 Waktu baca: 2 menit
Metode Hipnotis Untuk Berhenti Merokok

Bagi pecandu rokok, berhenti merokok memang menjadi tantangan tersendiri. Tantangan ini tentu saja sangat berat untuk dilakukan. Hanya saja berhenti merokok merupakan pilihan terbaik karena rokok membuat kesehatan perokoknya sangat jelek. Bahkan banyak kematian di dunia yang disebabkan karena batang rokok. 

Secara umum, merokok adalah kegiatan dan kebiasaan yang sangat mematikan dan membahayakan pelakunya. Merokok menjadi penyebab utama dari terjadinya kanker di dunia medis.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Bukan itu saja, merokok juga menyebabkan resiko serangan jantung lebih cepat, stroke, penyakit paru-paru hingga masalah kesehatan lain seperti katarak sampai retak pada tulang. Banyak metode yang bisa dipakai untuk menghentikan kebiasaan merokok yang sering Anda lakukan. 

Jika patch, konseling hingga menggunakan permen karet nikotin tidak bisa membuatmu berhenti merokok, Anda jangan sampai menyerah begitu saja. Karena masih banyak metode lain yang bisa digunakan. Segera tanyakan kepada dokter untuk menemukan metode seperti apa yang paling pas untuk Anda gunakan.

Langkah Dan Metode Hipnotis Untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok

Salah satu metode yang bisa dipakai disini adalah metode hipnotis. Banyak studi yang sudah membuktikan bahwa hipnotis bisa membantu perokok untuk segera berhenti merokok. 

Hipnotis merupakan perubahan kondisi kesadaran. Dimana Anda dibuat dalam kondisi trance atau tertidur. Dalam dunia medis dikenal ada namanya hipnotis klinis. Dimana hipnotisnya sendiri digunakan untuk mengatasi masalah fisik dan juga psikologis seseorang.  

Di dunia media, hipnotis sering dipakai untuk mengendalikan rasa pasien agar tidak mengenal rasa sakit ataupun kondisi lainnya. Masih banyak perdebatan bagaimana metode hipnotis ini bekerja untuk perokok aktif. Namun sebagian orang percaya bahwa prosesnya memang Anda dihipnotis dan dibuat merasa lebih rileks. 

Selanjutnya ada semacam sugesti. Sugestinya tentu berbeda dengan sugesti yang lain. Dimana sugesti di metode ini adalah ucapan untuk segera berhenti merokok sekarang juga.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Meskipun kondisi Anda tidak sadar ketika sedang dihipnotis, akan tetapi kondisi tersebut bukan berarti Anda tidak sadar. Hanya saja Anda masih sadar dan bisa merasakan apa yang ada disekeliling Anda. 

Hanya saja disini Anda tidak bisa melakukan pergerakan seenaknya. Uji hipnotis yang dilakukan sudah menunjukkan aktivitas dari neurologis yang cukup tinggi untuk Anda. Nah, dari sinilah, metode ini sering berhasil untuk beberapa orang yang mencobanya.

Sugesti Metode Hipnotis untuk Berhenti Merokok

Selama hipnotis ini berjalan, pasien akan diminta mengingat dan membayangkan bagaimana dampak negatif dari merokok itu. Sebagai contohnya adalah pihak hipnoterapis bisa memberi sugesti mengenai asap rokok berbau seperti asap yang dihasilkan oleh asap truk atau merokok juga bisa membuat mulutnya tampak sangat mengering dibanding sebelumnya. metode hipnotis sendiri memiliki banyak jenis. 

Yang paling populer disini adalah metode spiegel. Hipnotis ini adalah teknik hipnotis populer yang mengandalkan 3 bagian utama.

Bagian utama tersebut adalah merokok bisa meracuni tubuh seseorang sehingga harus dihindari. Anda perlu tubuh yang sehat agar bisa terus hidup hingga Anda harus menghargai dan melindungi tubuh yang Anda miliki sekarang ini. 

Hipnoterapis ini akan membantu dan mengajarkan pasien untuk self hypnosis dan memintanya untuk mengulang kalimat afirmasi tadi ketika keinginan merokok muncul kembali.

Sebenarnya metode ini dianggap terlalu remeh. Hanya saja banyak yang sudah membuktikannya bisa berhenti dengan metode ini. Berhasil atau tidaknya metode ini tergantung niat dan kesungguhan Anda. Jika benar-benar ingin berhenti merokok total, bisa dipastikan apapun metode yang Anda pakai akan memberi hasil yang bagus.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Will Hypnotherapy Help You Stop Smoking? - Smoking Cessation Center. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/stop-smoking/smoking-cessation-aids-hypnotherapy.aspx)
Hypnosis for smoking cessation: a randomized trial. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18569754)
Hypnosis to Quit Smoking: Benefits and Risks. WebMD. (https://www.webmd.com/smoking-cessation/hypnosis-for-quitting-smoking#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app