Menjaga Kebersihan Hidung

Hidung adalah salah satu lubang pertama yang menjadi saluran pernapasan udara ke paru-paru. Selain itu, hidung pula yang menjadi pertahanan pertama anda dari serangan polusi dan bakteri melalui rambut-rambut halus di dalam hidung anda.
Dipublish tanggal: Jun 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Menjaga Kebersihan Hidung

Menjaga kesehatan tubuh memang tidak bisa setengah-setengah. Anda harus memberikan perhatian pada seluruh bagian tubuh anda mulai dari yang terlihat hingga yang tidak. 

Mungkin anda setiap hari selalu membersihkan mulut dengan menggosok gigi dan berkumur, membersihkan wajah dan tubuh dengan sabun, hingga membersihkan telinga. Namun ada satu organ tubuh yang jarang sekali mendapatkan perhatian khusus. Organ tersebut adalah hidung anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Hidung dianggap sebagai organ yang jarang memiliki masalah, sehingga jarang diberikan perhatian khusus. Padahal, hidung menjadi organ terpenting di kepala karena berkaitan langsung dengan saluran pernapasan

Hidung adalah salah satu lubang pertama yang menjadi saluran pernapasan udara ke paru-paru. Selain itu, hidung pula yang menjadi pertahanan pertama anda dari serangan polusi dan bakteri melalui rambut-rambut halus di dalam hidung anda.

Mengapa menjaga kebersihan hidung Itu penting sekali?

Hidung menjadi lubang krusial yang berperan sebagai saluran pernapasan. Anda tentu tidak bisa bernapas dengan lega apabila terjadi gangguan pada hidung anda. meskipun anda bisa bernapas melalui mulut, namun itu tentu tidak bisa bertahan lama karena mulut pun menjadi tempat masuknya makanan. 

Belum lagi udara yang masuk lewat mulut tidak disaring terlebih dahulu dan akan langsung masuk ke dalam paru-paru.

Polusi dan bakteri yang ada di udara sangat berbahaya bagi kesehatan paru-paru. Kedua hal ini hanya bisa disaring melalui hidung dengan bulu-bulu halus di dalamnya. 

Bayangkan saja jika hidung anda memiliki masalah yang serius. Kemudian, hidung dan juga sinus memang diakui sebagai garis pertahanan pertama saluran pernapasan karena selain menyaring udara kotor juga berperan untuk melembabkan udara yang anda hirup.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Tips menjaga kesehatan dan kebersihan hidung anda

Pentingnya peran hidung dalam menjaga kesehatan tubuh anda membuat anda harus menjaga kesehatan dan kebersihan dari organ tubuh yang satu ini. Memang tidak sesulit merawat anggota tubuh lain. Namun bukan berarti anda bisa mengabaikannya. 

Meskipun hidung dapat menyaring kotoran, tapi tetap saja anda harus menghindari berbagai polusi dan kotoran dengan menggunakan masker untuk menutupi hidung anda dari zat kotor tersebut.

Kemudian, ciptakan kualitas udara yang baik untuk hidung anda dengan cara sering mengganti gorden, membersihkan debu, menggunakan filter udara dan juga sertakan ventilasi untuk sirkulasi udara yang baik. Sirkulasi udara yang baik akan mencegah resiko yang timbul pada saluran pernapasan anda.

 jika udara bersih, tentu anda juga akan merasa lebih segar saat menghirup udara dan tidak perlu menutupi hidung anda.

Hal-hal yang harus dihindari jika anda ingin hidung anda tetap sehat

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan hidung anda selain membersihkannya. Terkadang, banyak orang yang sembarangan dalam membersihkan hidungnya sendiri. misalnya saja mengorek hidung dengan keras atau menggunakan benda tajam seperti kuku. 

Padahal, hal ini sangat membahayakan hidung karena bisa saja lapisan dalam hidung terluka dan terkena infeksi dan justru akan menambah masalah baru pada saluran pernapasan anda.

Hindari juga mengorek hidung dengan tangan, apalagi jika anda belum mencuci tangan anda dengan sabun. Hal ini bisa membuat kuman dan bakteri yang ada pada telapak tangan anda semuanya berpindah dan hinggap di dalam hidung anda. 

Tentu hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda. Kuman dan bakteri inilah yang nantinya menjadi bibit-bibit penyakit jika tidak segera dibasmi hingga habis.

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Nasal Irrigation: Relief for Colds & Allergy Symptoms. WebMD. (https://www.webmd.com/allergies/ss/slideshow-nasal-irrigation)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app