Mengobati Vagina Gatal dengan Bahan Alami

Dipublish tanggal: Mei 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Mengobati Vagina Gatal dengan Bahan Alami

Anda memiliki vagina gatal? Tentunya saja hal ini menimbulkan rasa yang kurang nyaman bukan? Terlebih lagi rasa gatal tersebut dapat mengganggu aktivitas yang sedang Anda lakukan tentunya. 

Tidak mungkin jika Anda harus menggaruk-garuk pada organ intim ketika berada di tempat umum, karena hal ini dianggap tidak sopan dan memalukan. Ada beberapa penyebab yang menjadikan vagina terasa gatal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Salah satu penyebab vagina gatal yaitu karena adanya serangan infeksi Candidiasis atau infeksi candida. Ada beberapa langkah yang dapat untuk Anda lakukan agar bisa menghindari dan menghilangkan rasa gatal yang dapat mengganggu aktivitas keseharian Anda. 

Ada dua jenis bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi rasa gatal tersebut. Sedangkan kedua bahan alami tersebut pun dapat dengan mudah Anda dapatkan di dapur.

Berikut ini dua bahan alami yang bisa Anda andalkan untuk mengatasi vagina gatal, di antaranya yaitu:

1. Greek Yogurt

Bahan alami seperti creek yogurt sangat mudah untuk Anda jumpai di pasaran dengan harga yang cukuplah bersahabat dengan isi kantong Anda. Melalui bahan kimia inilah yang memiliki kandungan berupa probiotik yang dapat memberikan perlawanan dari serangan bakteri jahat yang ada di dalam tubuh.

Untuk menghilangkan bakteri jahat, maka Anda butuh asupan makanan atau minuman yang mengandung bakteri baik. Keunggulan dari Greek yogurt dapat dengan mudah meredakan gatal pada bagian daerah kewanitaan Anda.

Untuk mengobati rasa gatal, maka Anda bisa mengkonsumsi segelas Greek yogurt murni tanpa adanya kandungan gula setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk menghindari rasa gatal. Selain meminumnya, Anda pun juga bisa mengoleskan Greek yogurt pada bagian vagina secara langsung. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Ketika Anda mengoleskan Greek yogurt ke vagina, pastikan tidak memiliki kandungan gula, agar tidak mengundang semut dan tidak meninggalkan jamur.

2. Bawang putih

Bahan dapur seperti bawah putih secara efektif melakukan perlawanan pada virus candida. Meskipun bawang putih dapat menyebabkan bau mulut dan bau pada daerah kewanitaan, namun hal ini dapat dijadikan sebagai solusi bagi Anda untuk menghilangkan rasa gatal yang ada di dalam vagina. 

Meskipun bawang putih akan menimbulkan rasa perih dan nyeri, namun setidaknya Anda bisa menghilangkan rasa gatal yang ada di dalam bagian vagina.

Selain ke 2 bahan yang ada di atas, Anda pun juga bisa melakukan pencegahan akibat rasa gatal yang terjadi pada bagian vagina, diantara yaitu:

1. Hindarkan vagina dari kelembaban

selain adanya infeksi candida yang menyerang vagina, ternyata rasa gatal yang ada pada vagina juga disebabkan karena adanya jamur. Jamur tersebut muncul karena kondisi vagina yang lembap. Untuk mengatasi hal ini, maka selalu jaga vagina agar selalu dalam kondisi kering.

2. Selalu utamakan kebersihan

Kebersihan harus selalu utamakan untuk menghindarkan vagina dari yang namanya serangan infeksi. Membersihkan vagina dapat dilakukan dengan membasuhnya dengan air hangat. Hindari menggunakan sabun pembersih vagina, karena sabun pembersih cenderung memberikan infeksi pada vagina.

Mengatasi rasa gatal pada vagina memang dapat dilakukan susah-susah gampang. Karena mengatasi rasa gatal membutuhkan ketelatenan. Apabila tidak telaten, maka rasa gatal tidak akan segera teratasi. 

Meskipun rasa gatal tersebut akan hilang dengan sendirinya, namun Anda harus mengatasi dan melakukan cara agar rasa gatal tersebut tidak sampai menimbulkan lecet atau infeksi.


32 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Managing common vulvar skin conditions. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/managing_common_vulvar_skin_conditions)
Common Causes of Vaginal Itching and Burning. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/common-causes-of-vaginal-itching-and-burning-3572490)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app