Menghadapi Bayi Cegukan

Cegukan memang hal biasa untuk jangka waktu yang normal. Tetapi jika cegukan terjadi terus menerus dan terlalu sering maka patut diwaspadai. Bisa jadi kondisi tersebut merupakan tanda dari penyakit yang serius.
Dipublish tanggal: Agu 17, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 10, 2020 Waktu baca: 3 menit
Menghadapi Bayi Cegukan

Cegukan merupakan hal yang biasa terjadi pada seseorang. Bahkan bayi juga dapat mengalami cegukan. Cegukan pada bayi sebenarnya hal yang wajar dialami bayi yang sedang dalam proses pertumbuhan. 

Tetapi kadang para orang tua memiliki kekhawatiran yang berlebihan apalagi untuk orang tua baru. Cegukan padaa bayi umumnya akan hilang dengan sendirinya, namun ketika cegukan terjadi terus-menerus maka perlu waspada.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Sebenarnya cegukan merupakan suatu reaksi dari diafragma yang mengencang dengan tiba-tiba serta tidak disadari menutup pita suara di kerongkongan. Sehingga muncullah suara atau bunyi khas cegukan di bagian atas tenggorokan. 

Diafragma sendiri adalah otot yang memisahkan rongga dada dan perut, lebih tepatnya di bawah tulang rusuk. Peran dari diafragma sendiri untuk membantu mengendalikan pernapasan. 

Alasan terjadinya cegukan

Cegukan dalam istilah medis dikenal dengan singultus, dimana kondisi ini terjadi jika makanan yang masuk ke dalam tubuh terlalu banyak atau disebabkan udara yang masuk saat mengunyah. 

Bisa jadi cegukan pada bayi disebabkan karena bayi mengalami tegang. Biasanya bayi mengalami cegukan karena menghirup udara yang berlebihan saat menyusu. 

Langkah yang tepat untuk menghindarkan bayi dari cegukan adalah dengan membuat bayi bersendawa agar udara yang ada di dalam perut bisa dikeluarkan.

Bayi yang mengalami cegukan umumnya tidak akan mengalami gangguan terhadap aktivitas si bayi, tetapi terkadang para orang tua yang merasa terganggu dengan cegukan yang dialami si bayi. 

Iklan dari HonestDocs
Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Derma filler wajah di genese clinic

Adapun kondisi bayi berbeda-beda sehingga bisa jadi bayi memiliki kondisi yang lebih rentan terhadap cegukan dari bayi yang lain. Oleh karena itu para orang tua diharapkan tidak langsung panik melihat anak cegukan.

Membantu mengatasi cegukan

Untuk mengatasi bayi yang cegukan maka Anda bisa mengganti posisi badan si bayi atau memberikan rangsangan agar bayi bersendawa. 

Bila dalam beberapa menit cegukan belum berhenti, berikan makanan kepada bayi untuk membantu meredakan cegukan. Bila perlu tunggulah beberapa saat maka cegukan pada bayi akan hilang dengan sendirinya.

Bila saat sedang makan bayi mengalami cegukan maka tunda dulu memberi makan bayi hingga bayi merasa tenang. Tetapi untuk menghindari bayi rewel maka tunda memberi makan bayi dalam waktu yang tidak terlalu lama. 

Tetapi Anda sebagai orang tua tidak perlu merasa khawatir karena cegukan tidak akan mengganggu aktivitas menyusu bayi. Hal ini terbukti bayi bisa tetap bisa tidur meski dalam kondisi cegukan.

Meskipun Anda memiliki se gudang teori tradisional untuk menghentikan cegukan, hindari tindakan yang memiliki risiko bagi bayi. Hal-hal seperti mengagetkan bayi, menekan ubun-ubun, menekan kelopak mata tidak dianjurkan dilakukan pada bayi. 

Iklan dari HonestDocs
Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Derma filler wajah di genese clinic

Kondisi yang perlu diwaspadai

Cegukan memang bukan hal yang berbahaya bagi bayi yang sehat, namun kondisi ini bisa berbahaya bagi kondisi bayi yang tidak sehat. Hal ini karena bagi bayi yang tidak sehat cegukan dapat mengganggu pernapasan normal. 

Ada beberapa gejala penyakit yang ditandai dengan cegukan, salah satunya adalah refluks asam lambung

Bila bayi mengalami cegukan yang cukup sering dan disertai upaya meludah, batuk atau rewel maka Anda perlu memeriksakan kondisi bayi Anda ke dokter. Hal ini untuk mengurangi kondisi bayi yang semakin buruk. 

Cegukan memang hal biasa untuk jangka waktu yang normal. Tetapi jika cegukan terjadi terus menerus dan terlalu sering maka patut diwaspadai. Bisa jadi kondisi tersebut merupakan tanda dari penyakit yang serius. 

Oleh karena itu lebih baik segera konsultasikan ke dokter bila ada gejala seperti itu.

Bayi yang lahir prematur dan sedang menggunakan alat bantu pernapasan bisa mengalami komplikasi jika terjadi cegukan. Bisa jadi kemungkinan bayi mengalami masalah penyumbatan pada saluran pernapasan bagian atas dan semakin kecil frekuensi pernapasan. 

Perlu Anda ketahui bahwa cegukan adalah hal yang wajar dialami oleh bayi. Namun cegukan bisa menjadi tidak wajar bila frekuensi cegukan terlalu sering dan terus-menerus. 

Oleh karena itu tetap waspada dan perhatikan kondisi bayi Anda agar terhindar dari kondisi yang lebih buruk. Jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter yang sudah ahli dalam bidangnya.

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mayo Clinic Staff. (2015, August 6). Hiccups: Definition (http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hiccups/basics/definition/con-20031471)
Howes, D. (2012, June). Hiccups: A new explanation for the mysterious reflex. BioEssays, 34(6), 451-453 (http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/bies.201100194/full)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app