Berapa Kadar Hemoglobin yang Normal Agar Tubuh Sehat?

Dipublish tanggal: Sep 5, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Berapa Kadar Hemoglobin yang Normal Agar Tubuh Sehat?

Warna merah pada darah kita dihasilkan oleh hemoglobin, yaitu sejenis protein yang berada dalam sel darah merah. Fungsi hemoglobin ini berperan penting untuk mengantarkan oksigen ke seluruh organ dan jaringan tubuh. Lantas, berapa kadar hemoglobin yang normal dalam tubuh agar bisa dikatakan sehat? Berikut ulasan lengkapnya.

Berapa kadar hemoglobin yang normal?

Sel darah merah dan hemoglobin sangat berkaitan satu sama lain. Jika kadar hemoglobin tinggi, maka jumlah sel darah merah juga akan meningkat. Begitu juga sebaliknya, apabila kadar hemoglobin rendah, sel darah merah juga akan ikut rendah. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Kadar hemoglobin yang normal berbeda-beda pada setiap orang, tergantung dari usia dan jenis kelamin. Pada wanita dewasa yang berusia lebih dari 18 tahun, kadar hemoglobin yang normal adalah 12-15 gram per desiliter (g/dl). Sedangkan untuk pria dewasa yang berusia di atas 18 tahun, kadar hemoglobin yang normal adalah 13-17 g/dl.

Baca Juga: Hemoglobin (Hb) Normal Ibu Hamil Sesuai Usia Kandungan

Jika kadar hemoglobin dalam darah mengalami perubahan, baik itu meningkat atau menurun, maka ini bisa jadi pertanda adanya gangguan kesehatan yang utamanya berkaitan dengan darah.

1. Kadar hemoglobin rendah

Kadar hemoglobin yang rendah berarti terjadi sesuatu pada kesehatan tubuh Anda. Penyebab rendahnya kadar hemoglobin bisa karena kekurangan nutrisi, kehabisan darah setelah operasi, mengalami anemia atau kelainan darah, memiliki masalah dengan kondisi ginjal, atau terkena paparan radiasi.

Baca Selengkapnya: Penyebab Hemoglobin (Hb) Rendah, dari Anemia Hingga Kanker

2. Kadar hemoglobin tinggi

Kadar hemoglobin yang tinggi juga merupakan suatu pertanda adanya masalah dalam tubuh. Jika kadar hemoglobin tinggi, kemungkinan Anda mengalami gangguan sumsum tulang, penyakit paru, atau kanker. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Penyebab kadar hemoglobin tinggi juga bisa dipengaruhi oleh kebiasaan sehari-hari, misalnya karena merokok atau penggunaan obat yang tidak tepat. Tinggal di daerah dataran tinggi juga memberikan efek serupa.

Baca Selengkapnya: Hemoglobin Tinggi, Apa Artinya?

Pentingnya pemeriksaan kadar hemoglobin

Guna mendeteksi adanya kelainan atau gangguan pada darah, penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan kadar hemoglobin secara rutin. Selain untuk mengecek kadar hemoglobin dalam darah, pemeriksaan ini juga memberikan banyak manfaat lainnya, yaitu:

1. Mendiagnosa suatu penyakit

Tak hanya gangguan darah, pemeriksaan hemoglobin juga bisa membantu mendiagnosis sejumlah penyakit lain. Contohnya adalah ketika Anda mengeluhkan gejala seperti lelah, lemah, pusing, dan sesak napas, ada kemungkinan Anda menderita anemia atau polisitemia. Pada saat itulah, dibutuhkan pemeriksaan hemoglobin guna memastikan penyebab dari gejala yang Anda alami.

2. Memantau kondisi kesehatan

Jika Anda memiliki riwayat penyakit yang berhubungan dengan darah, maka Anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kadar hemoglobin secara rutin. Hal ini bertujuan untuk memastikan penyebab sekaligus menentukan pengobatan mana yang sesuai dengan kondisi Anda. 

3. Pemeriksaan kesehatan rutin

Pemeriksaan hemoglobin juga sering diterapkan pada saat pemeriksaan kesehatan rutin (medical check up). Pemeriksaan hemoglobin ini merupakan salah satu dari sejumlah rangkaian pemeriksaan darah lengkap, salah satunya untuk mendeteksi anemia.

Nah, kini Anda sudah tahu bahwa fungsi hemoglobin sangat banyak dan tentunya penting bagi tubuh. Waspadai jika kadar hemoglobin terlalu rendah atau tinggi, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Semakin cepat terdeteksi, maka penyakit yang ditandai dengan perubahan hemoglobin dapat diatasi sesegera mungkin.

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
World Health Organization. (2011). Haemoglobin concentrations for the diagnosis of anaemia and assessment of severity. (https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/85839/WHO_NMH_NHD_MNM_11.1_eng.pdf?ua=1)
Ren L, et al. (2014). Hemoglobin in normal range, the lower the better? Evidence from a study from Chinese community-dwelling participants. DOI: (https://dx.doi.org/10.3978/j.issn.2072-1439.2014.02.12)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app