Mengenal Penyebab Biduran dan Cara Mengatasinya

Dipublish tanggal: Agu 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 10, 2020 Waktu baca: 3 menit
Mengenal Penyebab Biduran dan Cara Mengatasinya

Biduran atau dalam bahasa medis sering disebut dengan urtikaria merupakan suatu kondisi pada kulit yang ditandai dengan beberapa reaksi. Mulai dari ruam berwarna kemerahan, permukaannya yang meninggi, serta diikuti dengan rasa gatal yang tidak nyaman. 

Kondisi ini umumnya diderita oleh seseorang sebagai reaksi alergi. Biduran sendiri bisa dibilang sangat umum terjadi pada semua orang. Gangguan pada kulit ini sering kali muncul secara mendadak dan terkadang membuat kita meras bingung karena tidak jelas apa penyebabnya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kulit via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 6

Beragam penyebab Biduran

Biduran merupakan gangguan kulit yang umumnya timbul setelah tubuh kita terpapar secara langsung oleh faktor pemicu alergi. Ketika hal ini tengah terjadi, tubuh secara spontan akan melepaskan senyawa kimia bernama histamin ke dalam aliran darah. 

Hal inilah  yang kemudian menyebabkan timbulnya reaksi pada kulit berupa rasa gatal serta ruam berwarna merah pada area kulit. Berikut ini ulasan beberapa faktor yang menjadi penyebab timbulnya biduran:

  • Makanan

Makanan atau minuman merupakan faktor pertama yang membuat seseorang bisa terkena serangan alergi. Misalnya saja saat mengkonsumsi kacang-kacangan, susu, tepung, telur, ataupun makanan laut. 

Reaksi alergi berupa biduran bisa langsung muncul setelah seseorang mengkonsumsi makanan atau minuman pemicu alergi, namun pada beberapa kasus, biduran bisa muncul beberapa jam setelahnya.

  • Obat-obatan

Biduran juga sering terjadi karena alergi terhadap obat-obatan tertentu. Misalnya saja obat antibiotik dan antiradang. Reaksi alergi yang didapat dari obat ini bisa muncul ketika seseorang mengunakan obat oles, obat minum atau pun obat suntik yang mengandung zat pemicu alergi.

  • Serbuk sari

Di negara beriklim teropis seperti Indonesia, tumbuhan memang dapat berbunga hampir sepanjang tahun dan menyebarkan serbuk sari setiap saat. Pada kondisi orang-orang yang alergi terhadap serbuk sari, hal ini tentu saja dapat menimbulkan gangguan kulit seperti biduran. 

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4
  • Racun dari serangga

Tak bisa dipungkiri sebagian orang memang memiliki kecenderungan alergi terhadap racun dari serangga. Hal ini kemudian memicu munculnya biduran di kulit. Seseorang bisa terkena racun serangga karena digigit atau pun disengat oleh serang tersebut. 

  • Udara luar ruangan

Tak hanya disebabkan oleh faktor pemicu alergi atau alergen, biduran yang diderita seseorang juga dapat terjadi karena faktor alam. Misalnya saja paparan sinar matahari serta suhu udara yang terlalu dingin atau terlalu panas.

Keringat sebenarnya tidak memicu timbulnya reaksi alergi. Akan tetapi, keberadaan keringat menandakan bahwa tubuh seseorang tengah mengalami kenaikan suhu. Bagi sebagian orang yang sensitif terhadap kenaikan suhu, tak mengherankan bila hal ini dapat memicu timbulnya biduran di area kulit.

  • Stres

Stres terbilang sebagai salah satu sebab timbulnya biduran yang sering kali tidak kita sadari. Tidak hanya berperan sebagai pencetus, stres yang Anda rasakan bahkan dapat memperburuk kondisi biduran. 

Pasalnya, saat stres melanda, tubuh cenderung melepaskan zat kimia histamin lebih banyak sehingga akan memperburuk kondisi biduran.

Cara mengatasi Biduran yang perlu diketahui

Untuk mengatasi reaksi alergi berupa biduran, dokter mungkin akan memberikan Anda obat antihistamin agar reaksi alergi dapat mereda. Salah satu jenis obat ini yang sudah terbukti efektif dalam meringankan gejala biduran adalah fexofenadine.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kulit via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 6

Fexofenadine merupakan golongan antihistamin generasi ke-2 yang berfungsi untuk menghambat efek histamin yang ada di dalam tubuh. Sehingga beberapa efek alergi seperti biduran dapat mereda. 

Selain itu, obat fexofenadine bekerja lebih cepat bila dibandingkan dengan obat anti-alergi generasi ke-2 lainnya. Sedangkan kelebihan lain yang dimiliki oleh fexofenadine adalah tidak menyebabkan kantuk, sehingga tidak akan menggangu aktivitas keseharian Anda.

Tak hanya mengkonsumsi obat untuk meredakan reaksi alergi, lakukan beberapa hal yang dibahas di bawah ini untuk meringankan gangguan biduran yang tengah Anda alami:

  • Pakailah pakaian yang longgar serta tidak terlalu tebal sehingga memberikan hawa untuk kulit.
  • Jangan menggunakan sabun yang bisa menimbulkan reaksi iritasi pada kulit.
  • Hindari menggaruk ruam di kulit karena hal ini dapat  memperburuk kondisi ruam tersebut.
  • Usahakan area kulit yang terkena ruam selalu dalam kondisi bersih dan sejuk, sehingga dapat meredakan iritasi dan rasa gatal.

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Casale TB. Omalizumab for chronic urticaria. Journal of Allergy and Clinical Immunology: In Practice. 2014;2:118.
Darlenski R, et al. Chronic urticaria as a systemic disease. Clinics in Dermatology. 2014;32:420.
Bernstein JA, et al., eds. The diagnosis and management of acute and chronic urticarial: 2014 update. Journal of Allergy and Clinical Immunology. 2014;133:1270.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app