Kebiasaan Sehat

Mengenal 3 Jenis Terapi Supaya Bisa Berhenti Merokok

Dipublish tanggal: Jun 24, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 3 menit
Mengenal 3 Jenis Terapi Supaya Bisa Berhenti Merokok

Selama ini merokok memang merupakan sebuah kebiasaan yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Meskipun begitu masih banyak perokok yang sulit untuk berhenti merokok karena sudah kecanduan zat adiktif dari nikotin di dalam rokok. Nikotin tersebut membuat seseorang ingin mengkonsumsi tembakau dengan kadar yang lebih tinggi.

Selama ini belum banyak yang tahu bahwa nikotin mengatur tingkat ketergantungan di dalam tubuh sehingga tubuh sendiri yang membentuk kebutuhan terhadap nikotin. Setiap harinya tubuh mengetahui jumlah nikotin yang diperlukan  dan hal tersebut sering membuat perokok mudah goyah bila ingin berhenti merokok. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Selain itu saat seseorang ingin berhenti merokok maka akan muncul gejala fisik seperti sakit tenggorokan, mual, kesemutan, sakit kepala, batuk hingga berkeringat. Bila menghirup rokok maka akan muncul rasa tenang.

Nikotin memang memberikan efek yang menenangkan saat menghirup rokok. Hal ini akan semakin mempersulit anda lepas dari rokok. Pasti sebagian dari anda sudah mencoba berbagai cara supaya bisa berhenti merokok namun tetap saja sulit dilakukan. 

Kondisi tersebut memunculkan berbagai inovasi yang bertujuan agar masyarakat bisa lepas dari rokok. Lalu apa saja inovasi tersebut? Seberapa ampuhkah? Berikut akan diberikan ulasannya.

Jenis Terapi untuk Berhenti Merokok

Untuk mengatasi ketergantungan terhadap rokok maka ada beberapa terapi yang direkomendasikan diantaranya berikut.

Hipnosis

Hipnosis adalah salah satu tahapan dari hipnoterapi. Dimana tahapan hipnosis ini pasien diberikan sugesti untuk mengubah alam bawah sadarnya. Namun tingkat keberhasilan hipnosis ini bergantung dari motivasi pasien itu sendiri. 

Bila pasien memang benar-benar ingin berhenti merokok serta bersedia terbuka maka keberhasilan hipnosis juga semakin tinggi. Jika pasien merasa meragu maka hinosis tersebut kemungkinan akan gagal. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Melalui hipnosis ini, terapis akan masuk ke alam bawah sadar pasien sehingga dapat ditemukan pemicu merokok lalu mengubah gaya hidup anda tersebut dengan konsep baru melalui alam bawah sadar anda. Mulanya hipnoterapi diawali dengan diskusi terapis dengan pasien untuk menceritakan awal mula merokok sampai saat ini. 

Terapis akan melakukan relaksasi supaya pikiran anda tenang namun tidak tidur. Melalui terapi ini akan diketahui kebiasaan yang menyebabkan anda ketergantungan merokok lalu dipatahkan dengan kebiasaan yang lebih sehat melalui alam bawah sadar.

Akupuntur

Pengobatan yang berasal dari Cina ini dilakukan dengan menusukkan jarum kecil untuk memberikan stimulasi ke dalam tubuh. Biasanya perokok akan distimulasi untuk mengurangi gejala yang memicu merokok. Jarum akupuntur ditusukkan pada beberapa bagian tubuh seperti bagian atas kepala, telinga dan kaki. 

Selanjutnya ahli akupuntur akan mengevaluasi kondisi pasien mulai dari warna lidah hingga denyut jantungnya. Selanjutnya kelemahan fisik pasien juga dicari lalu disebarkan jarum untuk mengatasi masalah tersebut. Supaya hasilnya maksimal maka akupuntur ini sebaiknya dibarengi dengan edukasi seputar keseimbangan tubuh serta cara berhenti merokok secara perlahan.

Meditasi

Meditasi merupakan terapi yang bertujuan agar pikiran merasa tenang dan fokus pada keadaan pada saat itu. Melalui meditasi ini, dopamin akan dilepaskan di otak seperti halnya nikotin sehingga akan memberikan efek menenangkan. Melalui meditasi ini stres akan berkurang sehingga anda tak perlu merokok lagi. 

Lakukan meditasi dengan duduk pada posisi yang nyaman, lalu hirup dan keluarkan udara dari hidung serta fokuslah pada pernapasan anda. Lakukan cara ini setidaknya 5 menit dalam sehari.

Apakah Jenis Terapi Di Atas Bisa Berhasil?

Meskipun berhenti merokok membutuhkan perjuangan yang panjang, namun sudah banyak perokok yang berhasil lepas dari rokok dengan menerapkan teknik akupuntur, meditasi maupun hipnosis. Keberhasilan tersebut disebabkan oleh teknik terapi yang mengupayakan keseimbangan antara pikiran tubuh untuk mengurangi stres.

Tujuan utama dari terapi tersebut yaitu mengubah gaya hidup tanpa memakai obat-obatan dengan mengubah pola pemikiran anda. Dengan begitu maka secara perlahan keinginan anda berhenti merokok dapat terwujud.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Therapy for Cessation of Smoking. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4921594/)
How Cognitive Behavior Therapy Can Help You Quit Smoking. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/smoking-cessation/living/coping-with-the-urge-behaviorally-and-mentally.aspx)
Stop smoking treatments. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/stop-smoking-treatments/)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app