Mengatasi Rasa Tidak Nyaman Akibat Lensa Kontak

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Mengatasi Rasa Tidak Nyaman Akibat Lensa Kontak

Jika Anda merupakan pengguna lensa kontak dan sering mengalami ketidaknyamanan, cara-cara sederhana berikut ini dapat dipraktikkan untuk mengatasi ketidaknyamanan menggunakan lensa kontak.

Cara Mengatasi Rasa Tidak Nyaman Menggunakan Lensa Kontak

1. Meneteskan obat tetes mata

Rasa tidak nyaman menggunakan lensa kontak dapat disebabkan oleh kondisi mata kering. Gunakan obat tetes mata khusus mata yang menggunakan lensa kontak karena obat tetes mata sembarangan dapat merusak dan memudarkan warna lensa kontak. Jangan menggunakan obat tetes mata yang bertuliskan menghilangkan mata merah karena sifat obatnya yang mengecilkan pembuluh darah di bagian putih mata atau sclera. Kondisi ini dapat mengatasi mata merah, namun tidak mengatasi kondisi mata kering. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

2. Mengonsumsi suplemen bernutrisi

Agar dapat mengenakan lensa kontak dengan lebih nyaman, dibutuhkan produksi air mata alami yang mencukupi. Untuk memenuhi hal ini, konsumsilah suplemen yang mengandung asam lemak omega-3 seperti yang dapat ditemukan di dalam salmon dan ikan lainnya, serta di dalam minyak biji rami. Kandungan asam lemak omega-3 ini membantu menyeimbangkan kadar minyak pada komposisi air mata dan mencegah penguapan air mata.

3. Punctal Occlusion

Tindakan ini membantu menghalangi kelenjar yang menyerap air mata dari mata dengan cara memasukkan sepotong kecil silikon atau akrilik yang disebut punctual plug. Sumbatan ini membantu mengurangi pengeringan air mata dan menjaga mata tetap lembap, terutama di permukaan matanya. Tindakan ini dilakukan hanya jika kondisi mata kering termasuk sudah sulit diatasi.

Tips Supaya Nyaman Menggunakan Lensa Kontak

Agar Anda nyaman menggunakan lensa kontak, berikut ini tipsnya:

1. Lepas dan bersihkan lensa kontak setiap hari

Hal ini dikarenakan ada banyak kotoran dan protein serta lipid yang menumpuk dan membuat lensa kontak terasa tidak nyaman. Jika Anda mengalami alergi dan ingin tetap menggunakan lensa kontak, pilihlah lensa kontak yang hanya sekali pakai setiap hari.

2. Gunakan lensa kontak yang memiliki kandungan air yang berbeda

Air yang berbeda yaitu seperti jenis hydrogel atau soft contact lens, bisa lebih banyak atau lebih sedikit kandungan airnya, tergantung kenyamanan mata Anda masing-masing.

3. Gunakan jenis lensa kontak silicone hydrogels

Lensa kontak silicone hydrogels mengandung lebih banyak oksigen untuk melembapkan mata.

4. Cobalah metode Orthokeratology

Metode Orthokeratology yaitu di mana Anda hanya mengenakan lensa kontak justru di malam hari untuk membentuk ulang permukaan kornea mata dengan lensa kontak spesial yang membuat Anda tidak perlu mengenakan bantuan penglihatan apapun di siang hari. Jenis lensa kontak ini cocok digunakan bagi orang-orang yang banyak berada di lingkungan berdebu dan aktif berolahraga. 

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Maurer K. (2015). Insertion and removal of gas permeable contact lenses. . (http://www.med.umich.edu/1libr/Ophthalmology/ContactLens/InsertionandRemovalofGasPermeableContacts.pdf)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app