Mencegah Penuaan Dini

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Mencegah Penuaan Dini

Tampil cantik dan awet muda tentunya menjadi dambaan setiap wanita. Berbagai cara dilakukan guna menciptakan kedua hal tersebut. Kenyataannya bagi sebagian orang, gejala penuaan dini justru hadir disaat usia mereka masih terlalu muda (20-30 tahun).

Cara Mencegah Penuaan Dini

Keadaan seperti itu tentunya tidak diinginkan terjadi, namun dengan mencegah, penuaan dini dapat terhindar dari kulit muda wanita. Melalui cara berikut Anda dapat melakukan pencegahan terhadap penuaan dini :

Iklan dari HonestDocs
Dermal Fillers Treatment di Reface Clinic

Dermal Filler merupakan perawatan wajah yang berfungsi untuk memperbaiki area tertentu yang memang diperlukan. Misalnya, untuk membantu mengatasi kerutan, garis halus atau cekungan yang disebabkan penuaan, meratakan tekstur dan menghaluskan kulit, hingga menghilangkan bekas luka. Perawatan wajah ini dilakukan dengan menyuntikan cairan seperti asam hialuronat atau kolagen, maupun zat sintesis kebagian wajah yang bermasalah, Contohnya pipi,hidung,bibir,rahang,dagu,area sekitar muka, dan lainnya. Perawatan dermal filler akan menjadikan wajah menjadi lebih berisi sehingga keriput atau garis-garis halus jadi tersamarkan.

Dermal fillers treatment di reface clinic

Menggunakan krim antiaging

Gunakan krim antiaging yang mengandung tiga komponen : kolagen, elastin dan glikosaminoglikan.

Menggunakan tabir surya saat terpapar sinar matahari

Bagi para ibu rumah tangga, penggunaan tabir surya juga disarankan guna mencegah paparan sinar matahari yang dapat masuk melalui kaca jendela rumah Anda. Gunakan tabir surya 15-30 menit sebelum Anda terkena paparan sinar matahari. Lakukan pengulangan pemakaian setelah tiga jam penggunaan. Tabir surya dengan SPF 30 dapat melindungi Anda selama +300 menit. Pengurangan krim tabir surya dapat terjadi akibat keringat dan kebiasaan menyeka keringat di wajah. Sehingga disarankan untuk menggunakan kembali tabir surya setelah 3 jam pemakaian pertama. Sebaiknya gunakan tabir surya pada waktu sinar matahari begitu menyengat, yakni pada pukul 10.00-16.00. Anda juga bisa menggunakan topi, baju berlengan panjang, kacamata, atau payung saat berada di bawah pancaran sinar matahari. Hindari juga paparan sinar UV, polusi, stress, dan rokok.

Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Konsumsi antioksidan sangat disarankan untuk membantu mencegah proses penuaan.

Konsultasi dengan dokter

Berkonsultasilah dengan dokter kulit guna mendapatkan perawatan maksimal bagi kulit Anda.

Proses penuaan yang sudah terlanjur terjadi dapat diatasi dengan penggunaan krim yang mengandung retinoid (membantu dalam pengelupasan sel kulit mati) dan hidroquinon. Selain itu perawatan seperti peeling, mikrodermabrasi, laser dan krioterapi juga mampu mengatasi penuaan.

22 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Edmonson KG, et al., eds. Laser skin resurfacing: Cosmetic and medical applications. In: Fitzpatrick's Dermatology. 9th ed. McGraw-Hill Education; 2019.
Chemical peels: FAQS. American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/cosmetic/younger-looking/chemical-peels-faqs.
Riggin EA. Decision Support System. Mayo Clinic, Rochester, Minn. July 26, 2016.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app