Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kebiasaan Sehat

Mencegah Kegemukan Setelah Berhenti Merokok

Update terakhir: NOV 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.262.098 orang

Bahaya merokok di masa muda

Di usia 20-an dan 30-an, efek merokok pada kapasitas paru-paru Anda mungkin tidak akan terlihat sampai Anda melakukan aktivitas berat, tetapi kapasitas paru-paru secara alami berkurang seiring bertambahnya usia.

Pada tahun-tahun berikutnya, memiliki kapasitas paru maksimal dapat berarti perbedaan antara memiliki usia tua yang aktif dan sehat dan mengi saat Anda berjalan-jalan atau menaiki tangga.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Ada beberapa alasan mengapa orang menambah berat badan saat mereka berhenti merokok. Beberapa ada hubungannya dengan cara nikotin mempengaruhi tubuh Anda.

Nikotin pada metabolisme tubuh

Nikotin dalam rokok mempercepat metabolisme Anda. Nikotin meningkatkan jumlah kalori yang digunakan tubuh saat istirahat sekitar 7% hingga 15%. Tanpa rokok, tubuh Anda bisa membakar makanan lebih lambat.

Rokok mengurangi nafsu makan. Ketika Anda berhenti merokok, Anda mungkin merasa lebih lapar. Merokok adalah kebiasaan. Setelah Anda berhenti, Anda mungkin menginginkan makanan berkalori tinggi untuk menggantikan rokok

Apa yang terjadi setelah Anda berhenti merokok?

Berikut adalah skema terkait apa yang akan terjadi setelah anda berhenti merokok:

Setelah 12 jam

Rokok mengandung banyak racun yang dikenal termasuk karbon monoksida, gas yang ada dalam asap rokok.

Setelah hanya 12 jam tanpa rokok, tubuh membersihkan diri dari kelebihan karbon monoksida dari rokok. Tekanan darah mulai turun, dan sirkulasi mungkin mulai membaik.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Tingkat karbon monoksida kembali normal, meningkatkan kadar oksigen tubuh.

Setelah 1 hari

Hanya 1 hari setelah berhenti merokok, risiko serangan jantung mulai berkurang.

Hanya dalam 1 hari setelah berhenti merokok, tekanan darah seseorang mulai turun, mengurangi risiko penyakit jantung dari tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh merokok. 

Dalam waktu singkat ini, kadar oksigen seseorang akan meningkat, membuat aktivitas fisik dan olahraga lebih mudah dilakukan, mempromosikan kebiasaan sehat jantung.

Setelah 1 tahun

Risiko penyakit jantung akan berkurang setengah setelah berhenti merokok selama 1 tahun, dan arteri dan pembuluh darah akan mulai melebar setelah 5 tahun.

Satu tahun setelah berhenti merokok, risiko seseorang untuk penyakit jantung koroner berkurang setengahnya. Risiko ini akan terus menurun melewati batas 1 tahun.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Setelah 5 tahun

Rokok mengandung banyak racun yang dikenal yang menyebabkan pembuluh darah dan pembuluh darah menyempit. Racun yang sama ini juga meningkatkan kemungkinan pengembangan gumpalan darah.

Setelah 5 tahun tanpa merokok, tubuh telah sembuh sendiri sehingga arteri dan pembuluh darah mulai melebar lagi. Pelebaran ini berarti darah cenderung menggumpal, menurunkan risiko stroke.

Risiko stroke akan terus berkurang selama 10 tahun ke depan karena tubuh semakin sembuh.

Bagaimana cara mencegah kegemukan setelah berhenti merokok?

Kendalikan nafsu makan 

Merokok sigaret membuat Anda merasa kurang lapar. Ketika Anda berhenti merokok, Anda mungkin merasa lapar dan makan lebih banyak daripada yang biasa Anda makan. Kontrol porsi dapat membantu Anda mencegah makan berlebihan. Dan pastikan Anda tetap terhidrasi. 

Mulailah berolahraga secara teratur

Rokok merokok meningkatkan metabolisme Anda, sehingga Anda membakar lebih banyak kalori

Ketika Anda berhenti merokok, Anda mungkin membakar lebih sedikit kalori, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Olahraga teratur dapat membantu Anda terus membakar kalori tersebut. Hanya 10 menit berolahraga sehari dapat membuat perbedaan.

Pelajari cara makan dengan penuh kesadaran

Makan bisa menjadi pengganti merokok. Makan dengan sadar berarti mempersiapkan, memilih, dan makan dengan kesadaran. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda makan lebih sehat dan lebih menikmati makanan Anda:

  1. Makanlah di meja makan Anda sehingga Anda bisa fokus makan.
  2. Takarkan porsi setiap piring makan
  3. Cegah makan terlalu banyak permen atau manisan. Permen kunysh boleh dikonsumsi tapi sebaiknya pilih yang rendah gula. 
  4. Kenali gejala perut. Pastikan apakah diri anda memiliki gangguan lambung

Belajar mengatasi emosi tanpa rokok

Ketika Anda berhenti merokok, Anda mungkin ingin beralih ke makan ketika Anda merasa buruk atau hidup menjadi stres. Tapi Anda bisa belajar cara lain untuk mengatasi tanpa merokok. Anda dapat mengendalikan berat badan Anda bahkan saat berhenti merokok.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit