9 Manfaat Hazelnut Oil Bagi Kesehatan Kulit Anda

Dipublish tanggal: Sep 16, 2019 Update terakhir: Okt 27, 2020 Tinjau pada Okt 12, 2019 Waktu baca: 3 menit
9 Manfaat Hazelnut Oil Bagi Kesehatan Kulit Anda

Hazelnut oil yang telah diesktraksi dari kacang hazelnut ternyata memiliki banyak manfaat, tak hanya bagi rambut atau biasa digunakan sebagai aromaterapi saja, tetapi hazelnut oil juga memiliki manfaat yang baik dalam perawatan kulit. 

Ada banyak kandungan nutrisi dan mineral yang terdapat pada hazelnut oil, di antaranya kandungan antioksidan, vitamin E, fosfor, potasium, dan magnesium. Berbagai kandungan vitamin yang terdapat di dalamnya dapat memberikan nutrisi pada kulit dan asam lemak esensial pada hazelnut oil dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan meningkatkan produksi kolagen.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

9 Manfaat hazelnut oil bagi kulit

1. Aman untuk kulit sensitif

Penggunaan hazelnut oil tergolong aman buat Anda yang memiliki kulit sensitif karena kandungan zatnya berbeda dengan zat alkohol yang biasanya ditemukan pada produk perawatan kulit yang dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi. Hazelnut oil sendiri mengandung zat alami yang bebas alkohol sehingga tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Baca juga: Tips Memilih Sabun untuk Kulit Sensitif

2. Membuat kulit tetap terhidrasi

Kandungan vitamin E dan asam lemak yang tinggi dalam hazelnut oil dapat membantu meningkatkan hidrasi pada tubuh dan menjaga kesehatan kulit. Dengan menjaga kulit tetap terhidrasi, vitamin E juga dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit serta membuat kulit terlihat kencang dan kenyal.

3. Melembabkan kulit

Kandungan asam lemak dan vitamin E yang terdapat pada biji hazelnut diekstrak menjadi hazelnut oil dan memiliki manfaat sebagai bahan pelembab alami pada kulit. Kandungan hazelnut oil yang masuk dan diserap oleh sel-sel kulit juga dapat menjadi bahan alami yang membantu menjaga kandungan air pada kulit dan mencegah kulit menjadi kering. 

Baca juga: Tips Gunakan Pelembab Wajah untuk Hasil Maksimal

4. Sebagai antioksidan

Hazelnut oil mengandung tanin yang memiliki kandungan antioksidan kuat. Tanin dalam hazelnut oil menjadi zat yang dapat membantu mengurangi kulit berminyak, membersihkan dan mengecilkan pori-pori, serta menghilangkan bakteri yang mengendap pada lapisan kulit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

5. Meningkatkan produksi kolagen

Kolagen yang semakin terbentuk akibat penggunaan hazelnut oil adalah protein esensial yang menggabungkan tulang, organ, dan otot serta membangun struktur dan elastisitas pada kulit. Kandungan kolagen pada kulit dapat berkurang seiring bertambahnya usia, tetapi tercukupinya vitamin E dapat membantu mempertahankan produksi kolagen dengan cara mengurangi enzim yang dapat menghancurkan kolagen.

6. Mengurangi tanda bekas luka

Menggunakan produk yang memiliki kandungan vitamin E, termasuk penggunaan hazelnut oil pada kulit mungkin dapat membantu mengurangi tanda bekas luka seperti luka ringan ataupun luka bakar, tetapi penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan hal ini. Karena dalam beberapa kasus tertentu ditemukan bukti bahwa vitamin E malah menimbulkan gejala ruam pada kulit seperti dermatitis kontak.

Baca juga: 7 Jenis Eksim atau Dermatitis Kulit

7. Mengurangi munculnya kerutan

Vitamin E yang terkandung dalam hazelnut oil dianggap mampu membantu mengurangi munculnya garis-garis halus (kerutan) pada kulit. Vitamin E merupakan antioksidan penting dalam perawatan kulit karena dapat membantu menghaluskan dan melembabkan kulit, serta memperlambat proses penuaan.

8. Mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari

Sinar matahari yang menyebabkan radikal bebas dapat merusak sel-sel kulit dan menimbulkan tanda-tanda penuaan pada kulit. Maka dari itu, salah satu manfaat hazelnut oil yang mengandung vitamin E dapat membantu melindungi kulit dari berbagai kerusakan akibat radikal bebas.

9. Mengurangi hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah suatu kondisi yang menyebabkan kulit menjadi gelap, baik pada sebagian area kulit atau bagian kulit secara keseluruhan. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi, di antaranya jerawat, kerusakan kulit akibat sinar matahari, kehamilan, konsumsi pil kontrasepsi, ataupun akibat cedera kulit. Untuk itu, penggunaan hazelnut oil mungkin dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Baca juga: Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Warna Kulit Tidak Merata

Efek samping penggunaan hazelnut oil

Selain manfaat hazelnut oil yang baik bagi kulit, ternyata ada beberapa efek samping dan risiko yang mungkin terjadi akibat penggunaan hazelnut oil dalam perawatan kulit. Kandungan hazelnut oil yang akan vitamin E mungkin aman buat kebanyakan orang, tetapi penggunaan secara berlebihan juga dapat menimbulkan efek yang berbahaya bagi kesehatan.

Terutama bagi Anda yang memiliki alergi terhadap kandungan hazelnut sebaiknya tidak menggunakan produk apapun yang mengandung hazelnut oil. Selain itu, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari reaksi alergi. 

Asupan vitamin E yang berlebihan pun dapat menimbulkan rasa lelah yang berlebihan, lemas, mual, diare, hingga kemampuan penglihatan yang berkurang. Bagi Anda yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah sebaiknya bertanya terlebih dahulu dengan dokter dan periksakan kesehatan Anda secara rutin, karena penggunaan hazelnut oil dapat meningkatkan efek obat dan menyebabkan terjadinya perdarahan dan pembekuan darah yang lebih lama.

15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Zampieri N, et al. (2009). A prospective study in children: Pre- and post-surgery use of vitamin E in surgical incisions. DOI: (http://dx.doi.org/10.1016/j.bjps.2009.08.018)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app