ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Pentingnya 'Ngobrol' Pillow Talk Bersama Pasangan Sebelum Tidur

Dipublish tanggal: Jan 29, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 19, 2020 Waktu baca: 3 menit
Pentingnya 'Ngobrol' Pillow Talk Bersama Pasangan Sebelum Tidur

Selelah apa pun Anda, baiknya jangan langsung tidur dan mengabaikan pasangan Anda begitu saja. Sempatkanlah sedikit waktu untuk sekadar pillow talk atau ngobrol dengan pasangan di tempat tidur. Bukan cuma sebagai salah satu cara meningkatkan komunikasi, manfaat pillow talk menjelang tidur ternyata juga bisa membuat hubungan Anda dan pasangan makin intim, lho!

Apa itu pillow talk?

Pillow talk adalah percakapan intim yang umumnya dilakukan oleh pasangan di atas kasur menjelang tidur. Menurut Alisa Ruby Bash, PsyD, LMFT, yang merupakan seorang terapis pernikahan dan keluarga, obrolan ini melulu diungkapkan sebelum atau sesudah berhubungan seks, tapi sesederhana sambil berpelukan sebelum tidur bersama.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Selama mengobrol santai di atas kasur, Anda dan pasangan mungkin saja tidak saling bertatapan. Hal ini semestinya tidak menjadi masalah, justru tanpa disadari membuat Anda dan pasangan bisa berbicara dengan leluasa, mendalam, dan mengalir begitu saja tanpa tekanan.

Apa saja yang dibicarakan saat pillow talk?

Perlu diketahui bahwa pillow talk berbeda dengan dirty talk, yakni kata-kata sensual yang biasanya diutarakan sebelum berhubungan seks. Jika dirty talk biasanya menjadi salah satu cara untuk merangsang gairah satu sama lain sebelum bercinta, obrolan saat pillow talk cenderung lebih ringan tapi intim untuk membangun komunikasi dengan pasangan.

Ada banyak hal yang bisa dibahas saat pillow talk bersama pasangan, dari yang ringan sampai cukup mendalam. Misalnya:

  • Hal-hal yang Anda berdua sukai dari satu sama lain
  • Mengenang masa-masa bahagia, contohnya saat Anda pertama kali jatuh cinta dengan pasangan
  • Menceritakan pengalaman petualangan hingga mimpi-mimpi terpendam di masa depan
  • Memberikan sentuhan atau pelukan untuk menenangkan pasangan

Bagi Anda yang baru pertama kali melakukannya, tak perlu bingung. Setelah menyelesaikan semua pekerjaan rumah dan siap untuk tidur, ajak pasangan Anda untuk bicara dari hati ke hati selama 10 menit sambil tiduran di atas kasur.

Awali dengan menyentuh, memeluk, atau saling bercanda untuk membangun keintiman. Setelah sama-sama merasa nyaman, barulah Anda bisa memulai pillow talk.

Baca Juga: 5 Hal Sepele Ini Diam-diam Merusak Hubungan Pernikahan

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Manfaat pillow talk dalam sebuah hubungan

Jangan lewatkan malam-malam Anda begitu saja dengan langsung tidur. Sebelumnya, ajaklah pasangan Anda untuk saling berbicara dari hati ke hati dengan pillow talk.

Ada banyak manfaat pillow talk yang bisa Anda berdua dapatkan, yaitu:

1. Lebih terbuka satu sama lain

Anda dan pasangan memang bisa saling berbicara kapan pun dan dimana pun. Namun, untuk hal-hal yang lebih intim dan privasi tentu tidak bisa dibicarakan di sembarang tempat.

Nah, di sinilah peran pillow talk. Menyempatkan sedikit waktu untuk ngobrol sebelum tidur bisa membuat Anda dan pasangan saling terbuka satu sama lain. Dengan suasana kamar yang intim dan hangat, Anda berdua bisa mengungkapkan perasaan yang mungkin belum pernah diutarakan sebelumnya, bahkan menumpahkan emosi yang selama ini terpendam.

2. Meningkatkan keintiman

Menurut sebuah jurnal Psychology tahun 2012 lalu, para ahli menemukan ada banyak manfaat pillow talk yang bisa diraih, terutama bagi keintiman hubungan. Sekadar ngobrol ringan dengan pasangan saat pillow talk dapat merangsang hormon oksitosin alias hormon cinta yang dapat meningkatkan perasaan sayang dan keintiman secara fisik.

"Pillow talk pada akhirnya akan membuat kedua pasangan merasa seperti mereka dapat menurunkan perasaan waswas pasangan dan merasa lebih dekat. Hal ini bisa meningkatkan rasa cinta satu sama lain," ujar Bash yang dikutip dari Healthline.

Cara lain untuk mendekatkan diri dengan pasangan sebelum tidur

Meskipun manfaat pillow talk sangat baik bagi hubungan, ternyata masih ada banyak cara lainnya yang bisa membuat Anda dan pasangan semakin intim sebelum tidur, yaitu:

  • Saling memberikan sentuhan lembut. Hal ini dapat memicu rasa aman secara emosional satu sama lain.
  • Jauhkan ponsel dari tempat tidur. Jangan sesekali main HP saat sudah berada di kamar tidur karena ini diam-diam bisa membuat pasangan Anda cemburu, lho!
  • Berikan pijatan lembut, supaya pasangan Anda merasa nyaman untuk berbicara dengan Anda.

Baca Juga: 8 Fakta Menarik Tentang Ciuman dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Membangun komitmen dengan menyempatkan waktu untuk pillow talk dengan pasangan memiliki banyak manfaat. Selain membuat Anda berdua jadi lebih intim, manfaat pillow talk juga bisa membuat Anda bisa saling percaya satu sama lain. Semakin terbuka, Anda berdua akan semakin mudah untuk menghadapi semua rintangan yang ada dalam kehidupan pernikahan.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Muise A, et al. (2019). Post sex affectionate exchanges promote sexual and relationship satisfaction. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24777441)
5 Steps to Mastering Pillow Talk. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/sexual-health/5-steps-mastering-pillow-talk/)
What Is Pillow Talk? Benefits, Examples, and Tips. Healthline. (https://www.healthline.com/health/healthy-sex/what-is-pillow-talk)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app