Manfaat Minum Cukup Air Putih Sehari-hari

Tubuh tidak dapat menghasilkan air dengan sendiri, sehingga perlu mengonsumsi air ketika haus. Salah satu jenis air yang paling baik dikonsumsi adalah air putih. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi air putih, antara lain:
Dipublish tanggal: Jun 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 10, 2019 Waktu baca: 2 menit
Manfaat Minum Cukup Air Putih Sehari-hari

Tubuh manusia terdiri dari 60% cairan. Kekurangan air akan sangat berpengaruh terhadap sistem kerja tubuh. Setiap melakukan aktivitas, pasti ada keringat yang dikeluarkan. Semakin banyak keringat yang dikeluarkan, maka tubuh akan semakin kehilangan cairan. 

Ini berarti Anda harus mengembalikan cairan tubuh dengan meminum air yang cukup.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Cara mencegah agar tubuh tidak kekurangan air adalah dengan meminum air. Salah satu jenis air yang menyehatkan adalah air putih. Namun, banyak orang yang enggan meminum air putih. Padahal air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. 

Mengonsumsi banyak air putih tidak memberikan efek samping, karena tidak mengandung kalori, karbohidrat, lemak, serta tidak mengandung gula. Sehingga meminum air putih sangat cocok bagi Anda yang sedang diet.

Manfaat meminum air putih

Air sangat dibutuhkan oleh sel dan organ tubuh. Kekurangan air akan membuat tubuh menjadi lemas, sehingga organ tubuh tidak bekerja optimal. Tubuh tidak dapat menghasilkan air dengan sendiri, sehingga perlu mengonsumsi air ketika haus. 

Salah satu jenis air yang paling baik dikonsumsi adalah air putih. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi air putih, antara lain:

1. Meningkatkan kinerja otak

Otak manusia terdiri dari 73% air, sehingga jika tubuh kekurangan air, otak tidak akan bekerja dengan optimal. Meminum air putih akan membuat otak dapat bekerja dengan baik, sehingga Anda dapat lebih konsentrasi, mudah berpikir, serta mudah fokus. 

Selain itu, tubuh juga akan berenergi saat tidak kekurangan air, sehingga akan menunjang kinerja daya otak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

2. Membantu mengeluarkan racun

Makanan dan minuman yang dimakan akan menghasilkan ampas yang harus dibuang. Jika ampas tidak dibuang, akan menghasilkan racun dalam tubuh, sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit berbahaya. Meminum air putih akan membantu tubuh mengeluarkan racun melalui keringat. 

Selain itu, racun dalam tubuh juga dibuang melalui urin.

3. Menyehatkan kulit

Mengonsumsi air putih dapat menyehatkan kulit. Air putih bermanfaat untuk melembabkan kulit, sehingga kulit tidak kering ataupun mudah berkerut.

4. Meningkatkan imunitas

Meminum air putih juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Air akan membawa oksigen ke seluruh tubuh, sehingga tubuh dapat bekerja dengan maksimal. Selain itu, meminum air putih juga akan membersihkan racun-racun dalam tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

5. Memberikan energi

Dehidrasi akan membuat tubuh menjadi lemas dan lesu. Hal ini akan memacu jantung bekerja dengan semakin keras, sehingga akan mengganggu kinerja organ tubuh lain. Meminum air putih akan membuat tubuh terhidrasi dan akan berenergi.

Tips membiasakan minum air putih

Air putih sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, masih banyak orang yang malas meminum air putih. Hal ini biasanya karena air putih tidak memiliki rasa. Beberapa tips yang bisa dilakukan agar Anda sering minum air putih antara lain, menambahkan irisan buah pada air putih. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Selain memberikan rasa yang lebih segar, irisan buah juga akan membuat tampilan lebih menarik.

Supaya lebih tertarik untuk minum air putih, gunakanlah tempat air minum yang menarik dan unik. Hal ini akan membuat Anda bersemangat meminum air putih. Pilihlah tempat air minum dengan motif ataupun gambar kartun kesukaan agar.

Agar lebih sering minum air putih, Anda bisa memulai membiasakan meminum air putih setelah bangun tidur. Air putih yang diminum pada kondisi perut kosong, bermanfaat untuk mengeluarkan racun, meningkatkan metabolisme, serta menurunkan berat badan. 

Agar tidak lupa, taruhlah botol minum di dekat tempat tidur.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
15 benefits of drinking water and other water facts. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/290814)
Why Drink More Water? See 6 Health Benefits of Water. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/features/6-reasons-to-drink-water#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app