GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Manfaat Micellar Water Bagi Wajah

Dipublish tanggal: Feb 6, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 18, 2020 Waktu baca: 3 menit
Manfaat Micellar Water Bagi Wajah

Menjaga kebersihan kulit wajah tentu wajib dilakukan oleh setiap wanita dalam merawat kulit wajah. Kesehatan kulit wajah yang terawat tentunya akan membuat kecantikan wajah semakin terpancar.

Salah satu produk perawatan kulit yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajah adalah micellar water. Produk micellar water mengandung air, pelembab seperti gliserin (glycerin), dan surfaktan ringan yang berfungsi sebagai pembersih. 

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Micellar water tak hanya memiliki kandungan yang lembut, tetapi juga cukup efektif dalam menghilangkan bekas make up, minyak, dan kotoran yang menempel di wajah sekaligus membantu membersihkan pori-pori kulit serta mengencangkan kulit wajah.

Tak hanya itu, micellar water juga bebas alkohol sehingga dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit yang dapat menjaga kelembapan kulit, mengurangi iritasi dan peradangan, serta menjaga kesehatan kulit agar tetap lembut, kenyal, dan halus.

Micellar water juga mudah digunakan terutama ketika berpergian (travelling) karena micellar water juga dapat bertindak sebagai make up remover, toner, dan cleanser dalam satu produk perawatan kulit yang sama.

Manfaat Micellar Water Bagi Wajah

1. Menjaga kelembapan kulit

Hampir di seluruh produk micellar water mengandung gliserin, senyawa hidrasi yang telah terbukti membantu mempertahankan kelembapan kulit secara lebih efektif. Dalam sebuah penelitian, gliserin juga diklaim dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, melindungi kulit dari iritasi, serta meningkatkan hidrasi kulit. Meski terdapat sedikit kandungan surfaktan di dalamnya, tetapi micellar water tidak menyebabkan iritasi dan cocok untuk mereka yang memiliki jenis kulit kering.

Baca juga: Cara Gunakan Pelembap Agar Kulit Cerah dan Bebas Jerawat

2. Menghilangkan kotoran dan minyak

Micellar water biasanya digunakan sebagai pembersih wajah yang ampuh menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa bekas make up yang mungkin menempel di kulit wajah sehingga menjadikan kulit tetap bersih. Bahkan micellar water dapat membersihkan kulit secara lebih mendalam. Tetapi jika Anda menggunakan riasan tebal pada wajah, tambahkan make up remover yang khusus untuk membersihkan wajah.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

3. Menjaga kebersihan kulit

Karena berfungsi membersihkan kulit, micellar water juga turut menjaga kulit agar tetap sehat dan bersih, terutama bagi mereka yang memiliki jerawat dan komedo pada wajah yang biasanya disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori wajah, serta kotoran yang membandel. Meski cuci muka dianggap sebagai salah satu cara membersihkan wajah, tetapi jika dilakukan dengan tidak tepat atau air tidak bersih justru dapat menimbulkan masalah kulit, seperti jerawat dan komedo.

Baca juga: 8 Tips Mencegah Munculnya Jerawat

Apakah Micellar Water Cocok untuk Semua Jenis Kulit?

Micellar water memiliki kemampuan membersihkan yang baik dan dapat digunakan di semua jenis kulit, entah pada kulit normal, kulit kering, ataupun kulit berminyak. Bahkan pemilik kulit sensitif pun tidak perlu khawatir karena micellar water tidak mengandung bahan yang dapat menimbulkan iritasi kulit seperti sabun ataupun alkohol. Hal ini dikarenakan kandungan gliserin, salah satu senyawa utama yang terdapat pada micellar water juga terbukti mampu mengurangi peradangan dan iritasi kulit. 

Penggunaan micellar water dalam membersihkan wajah juga cukup mudah, yaitu dengan menuangkan micellar water pada kapas, lalu usap ke bagian muka. Setelah wajah dibersihkan dengan menggunakan micellar water, tak perlu lagi dibilas. Hal ini juga untuk menghindari penggunaan sikat wajah atau lap yang justru dapat menyebarkan kuman dan bakteri pada wajah.

Apakah Micellar Water Aman Digunakan?

Meski sebagian besar produk micellar water dianggap sebagai produk yang lengkap dan cocok untuk semua jenis kulit, terutama dalam proses membersihkan wajah, tetapi mungkin saja hal tersebut tidak selalu berhasil. 

Oleh karena itu, jika setelah beberapa kali pemakaian micellar water justru membuat wajah Anda bermasalah, sebaiknya segera hentikan penggunaan. Bahkan jika menunjukkan tanda atau gejala iritasi, segera konsultasikan dengan dokter kulit.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Everydayhealth. Should You Be Using Micellar Water in Your Skin-Care Routine? (https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/should-you-be-using-micellar-water-in-your-skin-care-routine/). 4 November 2019
Business Insider. Micellar water lifts impurities out of your skin like a magnet — here's how it works, plus a guide to the best ones. (https://www.businessinsider.com/what-is-micellar-water-2018-6?IR=T). 14 Juni 2018
Healthline. 5 Benefits and Uses of Micellar Water. (https://www.healthline.com/nutrition/micellar-water-benefits). 28 Januari 2020

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app