Makanan dan Diet Sehat

Manfaat Daun Sirsak: Obat Kanker dan Depresi

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Mar 6, 2020 Tinjau pada Mei 9, 2019 Waktu baca: 2 menit
Manfaat Daun Sirsak: Obat Kanker dan Depresi

Daun sirsak (Annona muricata Linn) tergolong daun dengan ukuran besar, mengkilap, hijau tua yang dapat ditemukan di hutan hujan di Amerika Utara dan selatan, Asia tenggara termasuk Indonesia.

Manfaat daun sirsak telah banyak diketahui sebagai obat untuk mengatasi berbagai penyakit namun tak cuma daun sirsak yang bermanfaat semua bagian dari pohon sirsak telah secara tradisional digunakan untuk tujuan pengobatan, termasuk kulitnya, akar, biji, minyak, dan buah sirsak.

Saat ini, telah banyak produk herbal yang tersedia di pasaran berupa kapsul dan teh yang terbuat dari daun sirsak dan sering kali digunakan untuk membantu menyembuhkan depresi dan kanker.

Berikut manfaat daun sirsak untuk kesehatan

Mekanisme Kerja Daun Sirsak

Menurut Nutrovita.com, penelitian telah menunjukkan bahwa sirsak mengandung bahan kimia yang disebut acetogenins annonaceous. Bahan kimia ini telah terbukti memiliki sifat anti-parasit, antimikroba, insektisida, dan anti-tumor atau anti kanker yang kuat.

Acetogenins Annonaceous adalah inhibitor enzim yang ditemukan dalam jaringan sel kanker, dan juga memblokir transportasi ATP, yang dapat membantu menghancurkan kanker yang resisten terhadap obat kemoterapi.

Penggunaan daun sirsak secara tradisional

Daun sirsak telah digunakan selama berabad-abad oleh suku-suku asli hutan hujan Amerika. Manfaat daun sirsak yeng telah dibuktikan oleh mereka antara lain sebagai obat untuk gangguan pencernaan seperti sakit perut dan mengatasi diare (antispasmodic), hipotensi dan obat penenang.

Mereka seringkali menggunakan campuran akar, kulit kayu, jus buah, dan minyak dari daun sirsak untuk membuat teh dan larutan. Teh daun sirsak digunakan sebagai penguat jantung, mood booster, menyembuhkan flu, batuk dan radang.

Campuran yang dibuat dari daun sirsak diaplikasikan secara eksternal (ditempel) untuk menyembuhkan sakit radang sendi, rematik dan neuralgia.

Penggunaan daun sirsak secara modern

Saat ini, banyak tersedia produk herbal yang mengandung daun sirsak yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri dan jamur, parasit, cacing, tekanan darah tinggi, stres, gangguan saraf, dan paling sering untuk mengobati kanker dan depresi.

Sirsak dapat berinteraksi dengan depresan jantung, antihipertensi dan obat MAO inhibitor, tetapi interaksi ini jarang terjadi dan biasanya tidak berbahaya. Kapsul dan tincture yang terbuat dari daun sirsak memiliki sifat penyembuhan yang lebih kuat daripada daun yang belum diolah.

Manfaat daun sirsak untuk mengobati Kanker

Acetogenins Annonaceous ditemukan di daun sirsak dan bagian lain dari tanaman sirsak memiliki kemampuan untuk menghancurkan sel-sel kanker tanpa mempengaruhi sel yang sehat. Meskipun belum dipatenkan sebagai obat kanker, banyak pasien dan profesional kesehatan telah menyertakan daun sirsak sebagai suplemen dalam pengobatan kanker. Secara laboratorium, ekstrak daun sirsak telah terbukti mengurangi keganasan dengan menginduksi sitotoksisitas (kematian sel), migrasi sel, penjalaran kanker  (metastasis) dan pembelahan sel (proliferasi).

Manfaat daun sirsak Untuk mengatasi Depresi

Pohon sirsak mengandung alkaloid yang telah terbukti mengurangi depresi. Alkaloid ini berfungsi menghambat reuptake media kimia serotonin di otak, dan antisedatif. Serotonin merupakan mediator kimia otak yang bertanggung jawab terhadap emosi . Peningkatan serotonin di otak dapat menngobati depresi.

Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa alkaloid ini sebenarnya bisa merusak sistem saraf, dan telah dikaitkan dengan perkembangan penyakit Parkinson.

Sekian, Manfaat Daun Sirsak sebagai Obat Kanker dan Depresi.

Baca juga: 10 Manfaat Daun Kelor Yang Terbukti Ilmiah

 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Graviola: Benefits, side effects, and more. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319720.php)
Graviola: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1054/graviola)
Graviola Cancer: Is It a Treatment Option? Side Effects, Risks. Healthline. (https://www.healthline.com/health/cancer/graviola-cancer)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app