Selain Wortel, Ini 7 Makanan Sehat yang Baik untuk Mata

Dipublish tanggal: Sep 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 7, 2019 Waktu baca: 3 menit
Selain Wortel, Ini 7 Makanan Sehat yang Baik untuk Mata

Mata merupakan indera penglihatan yang sangat penting untuk dijaga. Mengatur pola makan yang sehat dan seimbang dapat menjadi salah satu kunci untuk menjaga mata agar tetap sehat serta membantu mengurangi risiko terkena penyakit mata.Beberapa penyakit mata yang mungkin dapat dicegah, di antaranya katarak, glaukoma, mata kering, penglihatan malam yang buruk, serta degenerasi makula akibat pertambahan usia yang dapat membatasi penglihatan. 

Kondisi mata yang serius dapat terbantu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung berbagai vitamin, nutrisi, maupun mineral yang dikenal dengan istilah antioksidan. Jenis antiokisdan dan nutrisi yang dibutuhkan oleh mata meliputi lutein, zeaxanthin, betakaroten, asam lemak omega 3, zinc, serta vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Antioksidan inilah yang mampu menangkal efek negatif pada kesehatan mata.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Baca juga: 6 Vitamin Penting untuk Kesehatan Mata

Pola makan yang tepat mungkin berasal dari susu, buah-buahan, serta sayur-sayuran sehingga perlu dikonsumsi lebih banyak. Selain itu, Anda juga perlu membatasi makanan yang melalui proses pemasakan yang lama, mengandung lemak jenuh, serta makanan yang mengandung tinggi gula untuk mengurangi risiko penyakit mata.

7 Makanan sehat yang baik untuk mata

1. Wortel

Wortel sudah dikenal memiliki manfaat baik bagi kesehatan mata. Wortel memiliki kandungan vitamin A dan beta karoten yang dapat membantu penglihatan mata serta mencegah infeksi mata dan kondisi mata serius lainnya.

Baca selengkapnya: Manfaat Wortel untuk Kesehatan Mata

2. Telur

Telur adalah salah satu jenis makanan yang memiliki banyak kandungan penting bagi kesehatan, termasuk kesehatan mata. Kuning telur yang mengandung vitamin A baik untuk melindungi kornea mata, lutein dan zeaxanthin baik untuk menurunkan risiko penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula akibat faktor usia, dan zinc yang berfungsi membantu menjaga kesehatan retina mata.  

3. Ikan

Ikan terutama salmon dapat menjadi makanan yang baik untuk dikonsumsi dan membantu menjaga kesehatan mata. Salmon yang mengandung asam lemak omega 3 merupakan lemak sehat yang berfungsi untuk meningkatkan penglihatan visual, menjaga kesehatan retina mata (bagian belakang mata), serta membantu mencegah mata kering.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

4. Almond

Kacang almond sama seperti jenis kacang-kacangan dan biji-bijian lainnya memiliki manfaat baik untuk mata. Almond yang mengandung vitamin E dapat menjaga ketidakstabilan sel yang dapat menyerang jaringan mata sehat. Mengonsumsi vitamin E secara teratur dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia dan penyakit katarak. Selain almond, Anda juga dapat mengonsumsi biji bunga matahari, hazelnut, serta kacang tanah yang juga mengandung vitamin E.

5. Susu

Susu atau produk lain yang mengandung susu seperti keju dan yoghurt juga baik bagi kesehatan mata karena mengandung vitamin A serta mineral zinc yang dapat melindungi kornea mata dan dapat ditemukan pada seluruh bagian mata, terutama retina mata dan koroid (jaringan pembuluh darah di bawah retina). Mineral yang terkandung pada susu juga dapat membantu menjaga penglihatan mata pada malam hari dan mencegah katarak.

6. Kale

Kale merupakan sayuran yang memiliki berbagai manfaat kesehatan dan dikenal dengan istilah superfood. Kale mengandung berbagai vitamin, nutrisi, dan mineral penting yang sangat baik untuk kesehatan mata. Kale juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang dapat membantu mencegah kondisi serius pada mata seperti degenerasi makula dan katarak yang terkait dengan faktor usia.

7. Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C yang tinggi dan merupakan salah satu kunci untuk menjaga kesehatan mata dengan menciptakan pembuluh darah yang sehat pada mata. Hal ini juga dapat membantu mencegah perkembangan katarak dan degenerasi makula terkait usia. 

Baca juga: 7 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh

Cara lain dalam menjaga kesehatan mata

Selain mengonsumsi berbagai kandungan makanan di atas, ada beberapa cara untuk menjaga mata tetap sehat, di antaranya:

  • Melakukan pemeriksaan mata secara rutin setahun sekali
  • Mengenakan kacamata hitam dan topi ketika melihat cahaya matahari yang terik
  • Menjaga pola makan dan berat badan yang seimbang
  • Menghindari kebiasaan merokok dan minuman beralkohol
  • Mengontrol gula darah

21 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app