Makanan dan Diet Sehat

Makanan Penyubur Kandungan, Terbukti Efektif!

Update terakhir: Mar 5, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 564.216 orang

Jika Anda ingin cepat hamil, maka perhatikanlah setiap asupan makanan yang Anda makan sehari-hari, karena itu akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan anda secara keseluruhan, terkhusus berpengaruh pada kesuburan, dan inilah yang akan kita bahas dalam artikel ini. Tahukah Anda, bahwa ada jenis-jenis atau kelompok makanan tertentu yang baik untuk menunjang kesuburan kandungan wanita, dalam artian makanan tersebut dapat meningkatkan kemungkinan untuk cepat mendapatkan momongan sesuai yang diidam-idamkan. Lebih lanjut kita sebut sebagai "makanan penyubur kandungan". Beberapa dafatr berikut mungkin memang merupakan makanan sehari-hari yang sering Anda makan, atau mungkin malah sangat jarang dikonsumsi. Maka dari itu simak daftar makanan penyubur kandungan berikut ini. Susu Berbagai jenis susu dan produknya seperti yogurt dan keju begitu terkenal dengan manfaat yang baik bagi tulang dan gigi. Ternyata susu juga baik untuk kesehatan reproduksi Anda. Jadi jika Anda merencanakan kehamilan, rajin-rajinlah minum susu setidaknya dua gelas perhari dan pilihlah susu rendah lemak untuk menunjang tujuan ini. Protein Hewani Berapa sumber protein hewani seperti ayam tanpa lemak, bebek, dan daging sapi tanpa lemak bisa menjadi makanan penyubur kandungan karena mereka mengandung banyak zat besi yang merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan kesuburan naik pria maupun wanita. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mencukupi kebutuhan asupan zat besi selama periode perencanaan kehamilan, memiliki tingkat kesuburan yang lebih tinggi daripada wanita yang kekurangan zat besi. Namun ada beberapa poin yang harus diperhatikan:
  • Jauhi daging tinggi lemak misalnya daging ayam beserta kulitnya
  • Jangan berlebihan dalam mengonsumsi protein hewani (tidak lebih dari 3 porsi). Alasanya adalah seperti yang telah dibuktikan melalui penelitian bahwa terlalu banyak protein  dapat menurunkan kesuburan.
  • Imbangi dengan protein nabati, dengan perkiraan satu porsi protein hewani diimbangi dengan satu porsi protein nabati (contoh protein nabati: kacang-kacangan, tahu, tempe).
  • Jika Anda vegetarian, pastikan untuk menambah suplemen vitamin prenatal yang didalamnya mengandung zat besi, dan jika perlu meminta anjuran dokter  mengenai suplementasi ekstra yang diperlukan.
Baca Juga: Sumber Zat Besi Mudah Didapat Ikan Berlemak Ikan salmon, sarden, herring, dan jenis-jenis ikan berlemak bisa menjadi makanan penyubur kandungan berkat kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Disamping itu ia memiliki manfaat meningkatkan aliran darah ke organ-organ reproduksi dan dapat membantu untuk mengatur hormon reproduksi. Bagaimana kalau tidak suka ikan? tak perlu cemas, asam lemak omega-3 juga dapat Anda peroleh dari biji rami, almond, kenari, biji labu, dan telur yang diperkaya. Karbohidrat kompleks Karbohidrat kompleks seperti gandum, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan (kalau karbohidrat biasa contohnya: roti putih, nasi putih, sereal olahan, dan gula). Karbohidrat kompleks ternyata berperan sebagai makanan penyubur kandungan yang baik jika dibandingkan dengan karbohidrat biasa karena beberapa alasan berikut ini: Mencerna karbohidrat biasa menyebabkan peningkatan gula darah dan insulin dalam tubuh - kadar insulin yang meningkat dapat mengganggu hormon reproduksi dan terkadang sampai mengganggu siklus menstruasi. Di sisi lain, karbohidrat kompleks, membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan tidak menyebabkan lonjakan kadar insulin - karbohidrat kompleks juga dapat mempromosikan ovulasi dengan teratur dengan demikian sistem reproduksi menjadi lebih sehat dan tentunya kesuburan akan lebih baik sehingga akan lebih cepat hamil. Tiram Mungkin Anda pernah mendengar bahwa tiram dapat membuat 'panas bergairah', tetapi apakah Anda tahu bahwa tiram juga dapat meningkatkan kesuburan Anda? Tiram adalah salah satu contoh sumber makanan yang banyak mengandung zink, nutrisi yang penting untuk konsepsi atau pembuahan dan kesuburan. Kekurangan zinc dapat mengganggu siklus menstruasi dan memperlambat produksi telur berkualitas baik. Tidak suka tiram? Tenang, ada kok sumber zink lainnya walaupun kadarnya lebih rendah seperti daging sapi, unggas, susu, kacang-kacangan, telur, dan biji-bijian yang juga baik sebagai makanan penyubur kandungan. Ubi jalar Beberapa peneliti telah menunjukkan bahwa ubi jalar atau mantang mengandung zat yang menstimulasi ovulasi, itu juga menunjukkan bukti bahwa populasi yang gemar mengonsumsi ubi jalar memiliki kemungkinan yang lebih banyak untuk mengandung anak kembar. Lebih lanjut silahkan baca di sini:  Cara Membuat Anak Kembar Buah Berry Strobery, raspberry dan blueberry kaya akan antioksidan. Hal ini bermanfaat melindungi tubuh  dari kerusakan sel dan penuaan sel, termasuk sel-sel dalam sistem reproduksi (alias sel telur). Semua jenis buah berry sama baiknya untuk penyubur kandungan. Makanan Tidak Baik Bagi Kesuburan Selain makanan yang begitu dianjurkan untuk meningkatkan kesuburan wanita seperti di atas, ada juga makanan yang harus dihindari karena tidak baik bagi kesuburan, berikut daftarnya:
  • Ikan tinggi merkuri. Terlalu banyak merkuri dapat mempengaruhi kesuburan. Penelitian telah menunjukkan hubungan antara infertilitas dan tingkat merkuri yang tinggi. Jadi hindarilah ikan tinggi merkuri ketika Anda merencanakan kehamilan, biasanya pada ikan yang besar-besar.
  • Lemak trans. Lemak trans seperti yang terdapat pada goreng-gorengan tidak baik untuk kesehatan, termasuk untuk kesuburan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi lemak trans berlebihan, semakin tinggi peluangnya untuk mengembangkan infertilitas ovulasi. Lemak trans (juga disebut minyak terhidrogenasi atau sebagian terhidrogenasi) biasanya ditemukan pada makanan olahan dan gorengan. Baca label nutrisi dengan hati-hati untuk memeriksa kandungan lemak trans sehingga Anda dapat yakin untuk menghindarinya. Sementara itu, dapatkan lemak yang sehat seperti minyak canola, minyak zaitun, minyak biji rami, kacang-kacangan, alpukat, dan sebagainya.
  • Kafein. Studi telah menghubungkan antara minum kafein terlalu banyak dengan tingkat kesuburan yang rendah dan peningkatan risiko keguguran bagi wanita hamil. Tapi bukan berarti tidak boleh minum kafein sama sekali. Kadar kafein yang ditoleransi yaitu sampai 200 mg per hari atau setara dengan dua gelas kopi.
Cukup sekian yang dapat kami rangkumkan mengenai berbagai makanan penyubur kandungan dan makanan yang harus dihindari, semoga impian Anda untuk memiliki momongan cepat tercapai.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit