Makan Rokok Menyebabkan Dampak Berikut Ini

Dipublish tanggal: Mei 17, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 2 menit
Makan Rokok Menyebabkan Dampak Berikut Ini

Semua orang pastinya sudah tahu betul, bahwa merokok bukanlah kebiasaan yang baik. Karena mengingat dampak buruk yang disebabkan oleh rokok dapat mengancam jiwa. Banyak berbagai penyakit yang berdatangan dari perokok aktif yang sulit menghentikan kebiasaan merokok. 

Sedangkan rokok mengandung banyak racun yang bisa menyebabkan gangguan penyakit berbahaya seperti kanker.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Makan Puntung Rokok Juga Berbahaya

Orang yang sudah terlanjur kecanduan dengan rokok, tidak jarang diantara mereka lebih suka memakan puntung rokok. Padahal, kebiasaan ini bukanlah hal yang baik bagi kesehatan. Merokok saja sudah mengundang banyak berbagai penyakit, apalagi jika memakannya? Tentunya dampaknya jauh lebih parah bukan?

Orang yang memiliki kebiasaan makan puntung rokok dianggap sebagai orang yang tidak normal dan mengalami kelainan makan. 

Bahkan orang yang sedang mengalami kelainan makan tidak hanya memakan puntung rokok saja, akan tetapi juga dapat memakan hal yang tidak wajar lainnya seperti cat, tanah, kapur, kertas maupun yang lainnya. Kelainan dalam makan ini sering kali disebut sebagai pica.

Apabila Anda tidak bisa menghentikan kebiasaan merokok Anda, maka kematian siap menjemput Anda kapan pun. Tidak hanya dari kebiasaan merokok saja, akan tetapi untuk memakan rokok pun juga dapat menimbulkan kematian bagi siapa pun yang mengkonsumsi nya. 

Sedangkan banyak orang yang beranggapan bahwa merokok lebih berbahaya dibandingkan dengan memakan puntung rokok. Padahal hal ini tidak ada bedanya, karena sama-sama membahayakan kesehatan.

Alasan Rokok Menyebabkan Kematian

Lalu, mengapa merokok dapat menyebabkan kematian? Simak penyebabnya berikut ini:

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Mengandung nikotin

Bahan kimia yang ada di dalam rokok seperti nikotin menjadi bahan kimia aktif yang paling berbahaya. Apabila rokok di makan, maka dapat menyebabkan keracunan dan menyebabkan kematian bagi siapa pun yang memakan rokok. Meskipun makan satu batang rokok tidak menyebabkan kematian, namun jika keracunan nikotin dalam dosis yang tinggi, tentunya dapat menyebabkan kematian.

Dosis nikotin tinggi menyebakan kematian

Dosis nikotin yang mencapai di atas 1.000 miligram, menjadi penyebab utama dari kematian. Sedangkan kadar dosis dari 1 batang rokok yaitu 20 miligram, sehingga jika Anda makan rokok sebanyak 50 batang tanpa berhenti, maka kematian dapat menghampiri Anda.

Menyebabkan kecanduan

Kematian akibat makan puntung dan batang rokok memang tidak akan secara langsung menyerang Anda. Hanya saja Anda akan mengalami keracunan terlebih dahulu yang di tandai dengan sakit kepala, sakit perut, muntah, otot-otot tubuh berkedut, berkeringat, lemas, jantung berdebar, mulut terasa seperti terbakar dan mengalami kejang.

Menyebabkan penyakit berbahaya

Sebelum kematian menjemput, orang-orang yang sering makan rokok akan terserang oleh beberapa penyakit diantaranya seperti kanker gusi, mulut, bibir, lidah pipi, kanker perut, kerongkongan, pankreas, kerusakan gusi, gigi, penyakit jantung dan yang lainnya.

Mengandung bahan kimia berbahaya lainnya

Rokok tidak hanya mengandung nikotin saja, akan tetapi rokok juga mengandung banyak bahan kimia yang berbahaya lainnya. Selain itu kandungan bakteri dalam rokok yang semakin banyak pun juga menjadi penyebab mengapa makan rokok dapat menimbulkan kematian.

Kebiasaan merokok dapat menimbulkan efek samping yang dapat mengancam jiwa. Jika Anda adalah orang yang sering kali makan rokok, maka hilangkan kebiasaan buruk Anda tersebut dengan berkonsultasi dengan dokter. 

Melalui pemeriksaan yang lebih lanjut, maka dokter akan memberikan saran serta solusi untuk menghentikan kebiasaan Anda dalam memakan rokok.

Dengan berkonsultasi ke dokter, Anda bisa memulai pola gaya hidup yang lebih sehat dan terhindar dari kematian dini akibat pola hidup Anda yang tidak sehat.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What are the health risks of smoking?. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/common-health-questions/lifestyle/what-are-the-health-risks-of-smoking/)
Novotny, Thomas & Hardin, Sarah & Hovda, Lynn & Novotny, Dale & McLean, Mary & Khan, Safdar. (2011). Tobacco and cigarette butt consumption in humans and animals. Tobacco control. 20 Suppl 1. i17-20. 10.1136/tc.2011.043489.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/51062564_Tobacco_and_cigarette_butt_consumption_in_humans_and_animals)
Nicotine: Facts, effects, and addiction. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/240820)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app