Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA

Pica - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: DEC 6, 2019 Tinjau pada DEC 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.342.333 orang

Orang-orang dengan kelainan Pica secara kompulsif memakan makanan yang tidak memiliki nilai gizi. Orang yang terkena Pica mungkin memakan barang yang relatif tidak berbahaya, seperti es batu. 

Atau mereka mungkin makan barang-barang yang berpotensi berbahaya, seperti serpihan cat kering atau potongan logam. Dalam kasus terakhir, gangguan ini dapat menyebabkan masalah serius, seperti keracunan timbal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Gangguan ini paling sering terjadi pada anak-anak dan wanita hamil. Hal ini biasanya bersifat sementara. Temui dokter Anda segera jika Anda atau anak Anda tidak dapat membantu tetapi memakan makanan yang bukan makanan

Pengobatan dapat membantu Anda menghindari efek samping yang berpotensi serius.

Pica juga dapat terjadi pada orang yang memiliki cacat intelektual. Seringkali lebih parah dan berlangsung lama pada orang-orang dengan gangguan perkembangan yang parah.

Apa saja gejala- gejala Pica?

Orang-orang dengan Pica biasanya memakan makanan yang bukan makanan secara teratur. Perilaku ini umumnya berlanjut selama setidaknya satu bulan untuk memenuhi syarat sebagai Pica.

Jika Anda menderita Pica, berikut bahan yang bukan makanan yang biasa dimakan:

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29
  • Es batu
  • Sabun mandi
  • Kancing
  • Tanah liat
  • Rambut
  • Tanah
  • Pasir
  • Sisa rokok yang tidak digunakan
  • Abu rokok
  • Cat
  • Lem
  • Kapur
  • Kotoran

Anda juga bisa makan makanan yang bukan makanan lainnya.

Apa penyebab terjadinya Pica?

Tidak ada satu pun penyebab terjadinya Pica. Dalam beberapa kasus, kekurangan zat besi, seng, atau nutrisi lain dapat dikaitkan dengan terjadinya Pica. 

Misalnya, anemia, atau kekurangan zat besi, mungkin menjadi penyebab Pica pada wanita hamil. Mengidam yang tidak biasa mungkin merupakan tanda bahwa tubuh Anda sedang berusaha mengisi kembali tingkat nutrisi yang rendah.

Orang dengan kondisi kesehatan mental tertentu seperti skizofrenia dan gangguan obsesif-kompulsif dapat mengembangkan Pica sebagai mekanisme koping.

Beberapa orang bahkan dapat menikmati dan mendambakan tekstur atau rasa dari barang-barang bukan makanan tertentu. Dalam beberapa budaya, makan tanah liat adalah perilaku yang dapat diterima. Bentuk Pica ini disebut geofagia.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Diet dan kekurangan gizi keduanya bisa menyebabkan Pica. Dalam kasus ini, makan makanan yang bukan makanan dapat membantu Anda merasa kenyang.

Bagaimana cara mendiagnosis Pica?

Tidak ada tes untuk mendianosis Pica. Dokter biasanya akan mendiagnosis kondisi ini berdasarkan riwayat dan beberapa faktor lainnya.

Anda harus jujur dengan dokter tentang barang yang bukan makanan yang Anda makan. Hal ini akan membantu dokter mengembangkan diagnosis yang akurat. 

Mungkin sulit bagi dokter untuk menentukan Anda memiliki pica jika Anda tidak memberi tahu mereka apa yang Anda makan. Hal yang sama berlaku untuk anak-anak atau orang dengan cacat intelektual.

Dokter Anda dapat menguji darah Anda untuk melihat apakah Anda memiliki kadar seng atau zat besi yang rendah. Hal ini dapat membantu dokter Anda memahami jika Anda memiliki kekurangan nutrisi yang mendasarinya, seperti anemia. Kekurangan nutrisi terkadang terkait dengan terjadinya Pica.

Apa komplikasi yang terkait dengan Pica?

Mengonsumsi barang-barang yang bukan makanan tertentu terkadang dapat menyebabkan kondisi serius lainnya. Kondisi-kondisi ini dapat meliputi:

  • Keracunan, seperti keracunan timbal
  • Infeksi parasit
  • Penyumbatan usus
  • Tersedak

Bagaimana cara mengobati Pica?

Dokter Anda mungkin akan mulai dengan mengobati setiap komplikasi yang Anda peroleh dari makan makanan yang bukan makanan. Sebagai contoh, jika Anda keracunan timbal karena memakan pecahan cat, dokter Anda mungkin akan meresepkan terapi khelasi

Dalam prosedur ini, Anda akan minum obat yang dapat mengikat dengan timbal. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk mengeluarkan timbal dalam urin Anda. Dokter Anda mungkin juga meresepkan obat lain untuk keracunan timbal, seperti asam etilendiaminetetraasetat, atau EDTA.

Jika dokter mengira Pica Anda disebabkan oleh ketidakseimbangan nutrisi, dokter Anda mungkin akan meresepkan suplemen vitamin atau mineral. Misalnya, mereka mungkin menyarankan untuk mengonsumsi suplemen zat besi biasa.

Dokter Anda juga dapat menganjurkan evaluasi psikologis untuk menentukan apakah Anda memiliki gangguan obsesif-kompulsif atau kondisi kesehatan mental lainnya. Tergantung pada diagnosis Anda, dokter mungkin akan meresepkan obat, terapi, atau keduanya.

Sampai saat ini, penelitian belum berfokus pada obat-obatan untuk membantu orang dengan Pica. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Applied Behavior Analysis menunjukkan bahwa suplemen multivitamin sederhana mungkin merupakan pengobatan yang efektif dalam beberapa kasus. 

Jika seseorang dengan Pica memiliki kecacatan intelektual atau gangguan kesehatan mental, obat-obatan untuk mengelola masalah perilaku juga dapat membantu mengurangi atau menghilangkan keinginan mereka untuk makan makanan yang tidak bergizi. KOnsultasi dengan psikiater atau psikolog mungkin diperlukan.

Apa harapan untuk orang dengan kelainan Pica?

Pada anak-anak dan wanita hamil, Pica sering hilang dalam beberapa bulan tanpa pengobatan. Jika kekurangan nutrisi yang menyebabkan Pica, pengobatannya harus dengan meredakan gejala Anda.

Pica tidak selalu hilang begitu saja. Hal ini bisa berlangsung selama bertahun-tahun, terutama pada orang yang memiliki cacat intelektual. Dokter Anda akan membantu Anda memahami prospek kasus spesifik Anda dan apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengelola kondisi tersebut.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit