Luffa: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Jun 15, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 2 menit

Luffa merupakan tanaman herbal yang memiliki karakteristik cukup unik. Jika Anda pernah mendengar mengenai tanaman herbal ini, mungkin Anda tidak akan asing lagi mengenai bagaimana karakter buah yang dihasilkan oleh tanaman ini.

Buah dari tanaman herbal ini, ketika sudah dikeringkan, akan muncul serat – serat seperti spons. Serat – serat yang muncul tersebut, ketika dikeringkan dan direbus dapat dijadikan sebagai bahan pembuat obat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Selain bahan pembuat obat, buah Luffa yang masih mudah juga sering digunakan sebagai bahan makanan karena bergizi.

Dalam produk kosmetik, Luffa juga dijadikan sebagai produk skin care yang berfungsi untuk meredakan pembengkakan yang terjadi dan men “detox” kulit Anda.

Manfaat penggunaan Luffa

Menggunakan produk Luffa sebagai sarana pengobatan alternatif tentunya memiliki manfaat bagi tubuh Anda. Bahkan beberapa wanita menggunakan Luffa untuk melancarkan aliran Asi, serta mengembalikan siklus menstruasi mereka.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa menggunakan produk Luffa sebagai homeopathic nasal spray setiap harinya selama 42 hari, dapat membantu mengontrol gejala alergi musiman.

Bahkan ada produk yang dinamai Luffa Charcoal, yang berfungsi untuk menangani shingles pada wajah dan bagian mata.

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari penggunaan produk ini ialah :

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1
  1. Mengurangi pembengkakan pada saluran pernafasan Anda
  2. Menyembuhkan serta mencegah demam
  3. Permasalahan pada sinus
  4. Gejala menstruasi
  5. Rasa sakit arthritis
  6. Rasa sakit pada otot
  7. Rasa sakit pada dada

Selain keempat hal tersebut, Luffa juga dapat difungsikan untuk mengelupaskan sel kulit mati dan menstimulasi pertumbuhan sel kulit baru, dengan menggosokan spons yang berbahan dasar Luffa terhadap kulit.

Dosis penggunaan Luffa

Dalam menentukan dosis yang paling tepat bagi penggunaan Luffa, diperlukan pertimbangan dari beberapa faktor seperti umur, kesehatan, dan kondisi lain yang dimiliki oleh tubuh Anda.

Perlu diingat bahwa penggunaan obat herbal belum tentu aman. Oleh karena itu mintalah saran dari dokter maupun perawat disekitar Anda sebagai panduan profesional dalam mengkonsumsi herbal ini.

Penggunaan produk Luffa kepada anak, ibu hamil, dan juga ibu yang sedang dalam tahap menyusui buah hatinya diperkirakan aman. Namun penggunaan dalam jumlah yang berlebih sangat tidak disarankan karena efeknya yang masih belum diketahui.

Jika Anda menemukan herbal ini dalam bentuk suplemen, pastikan untuk membaca panduan dalam mengkonsumsinya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Efek samping penggunaan Luffa

Luffa jika digunakan secara tepat dan melalui pengawasan medis yang benar tentu saja akan memberi efek baik bagi tubuh Anda. Meskipun begitu, tetap ada efek samping yang dapat terjadi akibat satu alasan atau lain.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Dalam penelitian yang sudah dilakukan, penggunaan produk Luffa dalam jumlah yang tepat tidak menunjukan efek samping yang buruk bagi tubuh. Namun belum ada informasi lebih lanjut ketika produk Luffa digunakan secara berlebih.

Perhatian dan peringatan

Perlu Anda ingat kembali bahwa penggunaan produk herbal ini tanpa pengawasan profesional dapat membawa efek buruk terhadap kondisi tubuh Anda. Oleh karena itu, carilah ahli maupun profesionnal sebagai pembimbing dalam pengkonsumsian herbal ini.

Gunakan produk-produk yang mengandung Luffa secara bijak, dan pertimbangkanlah efek samping yang dapat terjadi.

Serta setelah penggunaan dari produk herbal Luffa, jika terjadi perburukan kondisi dari penyakit yang Anda alami. Segera konsultasikan kembali dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Semoga bermanfaat.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Luffa: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/luffa/supplements.htm)
Luffa Uses, Benefits & Dosage. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/luffa.html)
Luffa: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-194/luffa)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app