Lihat Betapa Bahaya Rokok untuk Kesuburan Wanita

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 2 menit
Lihat Betapa Bahaya Rokok untuk Kesuburan Wanita

Fenomena wanita merokok bukan lagi hal tabu sebab Anda sudah bisa menemukannya di banyak tempat umum. Alasan wanita merokok ini kurang lebih sama seperti pria, yakni agar bisa masuk di lingkungan sosial tertentu dan juga menghabiskan waktu senggang. 

Padahal dari bungkus rokok sendiri sudah jelas dijabarkan seperti apa bahaya rokok untuk kesehatan tubuh, terutama pada wanita.

Iklan dari HonestDocs
Beli Antidot via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 17

Sayangnya trend merokok justru makin menjadi, apalagi dengan diproduksinya alat isap rokok elektrik, yakni vape. Kemudian jika Anda mendatangi resto-resto Timur Tengah juga biasanya akan ditawari menu shisha yang notabene kandungannya berkali lipat dari rokok. 

Jika tujuannya untuk masuk ke lingkungan sosial tertentu, sayang sekali merokok bukan satu-satunya jalan supaya Anda terlihat keren.

Resiko menjadi perokok aktif dan pasif

Resiko untuk perokok aktif yang tidak bisa melepaskan diri dari asap rokok menimbulkan dampak parah, satu di antaranya adalah masalah kesuburan. 

Wanita yang berpotensi mendapatkan masalah kesuburan bukan hanya perokok aktif, namun juga perokok pasif yang berada di lingkungan perokok aktif. Bisa diibaratkan perokok pasif ini adalah wanita dari pria yang hobi sekali memaparkan asap rokok.

Ada banyak masalah yang akan ditimbulkan, baik apakah sumbernya dari Anda merokok sendiri atau Anda menghirup asap rokok orang sekitar Anda. Beragam masalah yang bisa timbul di antaranya:

  • Terjadinya masalah pada saat proses pelepasan sel telur dalam tubuh wanita atau proses ovulasi.
  • Masalah kedua adalah genetic yang tidak baik.
  • Organ reproduksi otomatis akan mengalami gangguan akibat rokok.
  • Sel telur akan terganggu dan menopause dini bisa dialami secepat mungkin.
  • Kanker bisa menjangkit serta risiko keguguran bisa terjadi dengan amat mudah.

Bahaya merokok untuk perokok pasif, wanita, dan pria

Alasan kenapa perokok pasif juga rentan sekali terkena penyakit akibat paparan rokok adalah perokok pasif ini sifatnya lebih bahaya dari perokok aktif. Ibaratnya jika perokok aktif setelah menghirup asap mengeluarkannya kembali, tidak demikian dengan perokok pasif. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Antidot via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 17

Berbagai zat berbahaya terhirup sengaja atau tidak sengaja oleh perokok pasif sampai akhirnya menyebabkan kesuburan terganggu.

Ada banyak sekali dampak negatif yang ditimbulkan akibat merokok, seperti gangguan janin, impotensi, kanker, dan banyak lagi lainnya. Terkhusus untuk wanita, gangguan janin ini bukan menjadi salah satu dampak spesifik sebab kemandulan dan ketidakberhasilan kehamilan bisa menjadi salah satunya juga. 

Wanita dengan kegiatan merokok atau menghirup asap rokok akan memiliki rahim yang jauh lebih lemah dibandingkan wanita yang steril dan sama sekali tidak pernah merokok seumur hidup.

Bukan hanya bermasalah pada kesuburan wanita, kesuburan pria yang merokok ataupun hanya berperan sebagai perokok pasif pun bisa didapatkan. Ada beberapa permasalahan kesuburan yang akan dialami pria, di antaranya adalah:

  • Sperma jumlahnya menurun dan amat lemah ketika berenang menuju sel telur.
  • Terjadinya masalah hormone yang tidak seimbang.
  • Kesulitan mengalami ereksi dan ketika mendapatkannya sulit sekali mempertahankan.

Solusi terhindar dari bahaya rokok

Solusi yang paling tepat untuk menghindarkan bahaya rokok bagi kesuburan wanita maupun pria adalah berhenti merokok sekarang juga. Stop memaparkan racun berbahaya kepada orang lain yang tidak bersalah dan kepada diri Anda sendiri. 

Jika tujuan Anda ingin memperoleh momongan maka segera hentikan kegiatan merokok supaya ikhtiar Anda dan pasangan bisa berjalan dengan mulus.

Hal yang terpenting adalah seberapa besar keinginan Anda, maka akan sedalam itu pula usaha yang dibutuhkan. Kini, setelah tahu seberapa bahayanya rokok, jangan lagi ciptakan lingkungan perokok di sekitar Anda, terutama kepada anak Anda sendiri nantinya.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How Stopping Smoking Boosts Your Fertility Naturally. Health Essentials from Cleveland Clinic. (https://health.clevelandclinic.org/how-stopping-smoking-boosts-your-fertility-naturally/)
How Smoking Hurts Female Fertility. Verywell Family. (https://www.verywellfamily.com/female-fertility-and-smoking-1960254)
Substance Use During Pregnancy. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (https://www.cdc.gov/reproductivehealth/maternalinfanthealth/substance-abuse/substance-abuse-during-pregnancy.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app