LGBT, Mengenal Identitas Orientasi Seksual

Bahkan ada yang menyatakan bahwa LGBT itu merupakan penyakit. Tidak jelas, penyakit seperti apa yang hendak dia katakan. Apa Anda juga setuju? Sebaiknya kita membaca, menelusuri, menjejaki bahkan melakukan riset mendalam tentang kajian LGBT, gender education, gender equality, dan sejenisnya.
Dipublish tanggal: Jun 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 12, 2019 Waktu baca: 3 menit
LGBT, Mengenal Identitas Orientasi Seksual


Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Akhir – akhir ini muncul istilah baru yaitu LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender). Istilah ini mewakili keberagaman identitas seksual dan identitas gender seseorang. Identitas seksual adalah bagaimana seseorang mengidentifikasikan dirinya sehubungan dengan orientasi atau perilaku seksualnya.

Mengenal LGBT

Lesbian merupakan istilah bagi seseorang yang mengidentifikasikan dirinya sebagai perempuan yang memiliki orientasi seksualnya kepada sesama perempuan. Atau dengan kata lain seorang perempuan mencintai perempuan baik secara fisik, seksual, dan emosional.

Sementara gay adalah sebutan homoseksualitas yang lebih spesisfik untuk lelaki yang punya kecenderungan seksual menyukai sesama lelaki.

Masyarakat sering menyebutnya dengan istilah ‘homo’,. Padahal, sebetulnya istilah homoseksual merupakan orientasi seksual, yakni seseorang yang tertarik pada orang dari sesama jenis kelamin maupun gender. Oleh karena itu, seharusnya istilah homoseksual tidak hanya mengacu pada hubungan sesama laki-laki saja.

Biseksual secara sederhana adalah sebutan untuk seseorang yang dapat tertarik kepada lelaki maupun perempuan.

Istilah transgender, dalam LGBT sering memiliki pengartian yang salah dengan Transseksual. Jika seseorang melakukan prosedur operasi penggantian alat kelamin, ia lebih cocok disebut sebagai transeksual karena organ seksnya mengalami pengubahan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Istilah LGBT di Indonesia

Di Indonesia, identitas tersebut lazim disebut waria atau wanita-pria. Sementara istilah transgender merujuk pada orang-orang yang identitas gendernya berbeda dengan organ kelamin yang mereka dapatkan saat lahir.

Interseks adalah istilah umum dengan kondisi dimana seseorang lahir dengan kombinasi organ reproduksi atau seksual, kromosom, maupun kandungan hormonal yang tampaknya tidak sesuai dengan defenisi khas perempuan atau laki-laki. 

Contoh: seseorang mungkin akan lahir dengan organ kelamin laki-laki, tetapi juga mengalami pertumbuhan payudara. 

Ada pula seorang perempuan yang dilahirkan dengan klitoris atau bibir kelamin perempuan yang berukuran besar, kurang pembukaan vagina (organ kelamin perempuan), atau laki-laki yang lahir dengan bentuk penis (organ kelamin laki-laki) yang kecil atau dengan skrotum (kantung testis) yang terbagi sehingga telah membentuk lebih seperti labia (lipatan di organ kelamin bagian luar perempuan).

Mengenal Istilah Queer

Muncul istilah baru yaitu queer. Sebagian orang merasa queer adalah bagian dari LGBT sehingga penyebutannya kerap menjadi LGBTQ. Sederhananya, queer sebutan untuk mereka yang tidak merasa laki-laki atau perempuan. 

Queer adalah istilah untuk minoritas seksual yang bukan heteroseksual, heteronormatif, atau biner gender.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Masalah Orientasi Seksual

Masalah orientasi seksual adalah masalah yang kompleks. Tidak hanya meliputi soal hubungan biologis, tetapi di dalamnya terdapat gender, sosial, dan identitas individu maupun kelompok. Bahkan ada yang menyatakan bahwa LGBT itu merupakan penyakit. 

Tidak jelas, penyakit seperti apa yang hendak dia katakan. Apa Anda juga setuju? Sebaiknya kita membaca, menelusuri, menjejaki bahkan melakukan riset mendalam tentang kajian LGBT, gender education, gender equality, dan sejenisnya.

Apa pun pilihan identitas seksual maupun identitas gender kamu, baik itu lesbian, gay, biseksual, transgender, queer atau interseks, yang terpenting kamu nyaman dengan dirimu dan kamu bisa menerima diri kamu sendiri apa adanya. 

Manusia tetaplah manusia, yang membedakannya adalah isi hatinya. Banyak orang merasa bahwa identitas seksual mereka terjebak dalam tubuh yang salah. Tidak ada yang tetap atau stabil. Masalahnya, apakah kita tak bisa menyelamatkan mereka dari takdirnya? 

Sudah jelas bahwa yang bisa mengubah takdir seseorang adalah dirinya sendiri, bukan orang yang mengubah takdir kita atau takdir orang lain.

Sejatinya, LGBT itu sendiri juga hasil karya Tuhan. Benar atau tidaknya tindakan atau perilaku mereka, biarkan saja Tuhan yang menghakimi. Kita tidak perlu melukai atau menciderai sesama manusia. 

Terdapat beragam indentitas seksual

Yang perlu kita pahami bahwa ternyata dalam kehidupan ini kita memiliki keberagaman  identitas seksual. Hal tersebut tidak bisa dihindari karena pada faktanya lesbian, gay, biseksual, transgender, queer atau interseks terjadi alamiah. 

Jadi, kesetaraan gender akan tercapai bila setiap orang bisa menghormati hak-hak orang lain untuk hidup. Berhak memilih hidupnya seperti apa. Kita seharusnya menghargai eksistensi mereka sejauh mereka tidak mengganggu ketenteraman publik. 

Dan, sejauh yang diteliti dan dipelajari, bertemu dengan para pegiat kesetaraan gender, klub LGBT, termasuk berdialog dengan orang-orang yang merupakan bagian dari LGBT, tidak ada masalah sama sekali.

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Sexuality List Of Sexual Orientation Types, Definitions. Refinery29. (Accessed via: https://www.refinery29.com/en-us/sexual-orientation-types-of-sexualities)
The ABCs of L.G.B.T.Q.I.A.+. The New York Times. (Accessed via: https://www.nytimes.com/2018/06/21/style/lgbtq-gender-language.html)
What Are the Different Types of Sexuality? 46 LGBTQIA+ Terms to Know. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/health/different-types-of-sexuality)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app