Lakukan 5 Pose Yoga Ini Ketika Bangun Tidur

Dipublish tanggal: Mei 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit

Bagi sebagian orang bangun pagi dan memulai hari dengan semangat bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Berdasarkan penelitian, tingkat serangan jantung meningkat dan lebih sering tejadi pada pagi buta karena teror akan tuntutan pekerjaan. Hal ini membuat tubuh menjadi loyo karena tubuh dituntut untuk berfungsi dengan baik secepat mungkin.

Pasti Anda tidak ingin mengalami serangan jantung bahkan sebelum memulai aktivitas pada pada pagi hari. Salah satu cara untuk memulai hari dengan baik serta mengisi energi sebelym beraktivitas adalah dengan melakukan yoga ketika bangun tidur. Berikut ini beberaoa pose yoga yang bisa Anda lakukan ketika bangun tidur.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Warrior one

Awali gerakan warrior one dengan posisi berdiri tegak, lalu ambil 3 langkah besar ke arah belakang dengan kaki kiri, kemudian tekuk lutut kanan sehingga posisinya berada di atas pergelangan kaki. Tekuk jari kaki sedikit ke dalam.

Kemudian angkat kedua tangan ke atas dan turunkan tubuh menuju lantai. Lakukan langkah ini selama 30 hingga 1 menit untuk setiap kaki.

Warrior 2

Untuk gerakan warrior 2, Anda bisa mulai dengan posisi yang sama yaitu berdiri tegak. Kemudian ambil 3 langkah besar ke arah belakang dengan kaki kanan sehingga posisinya ada di atas pergelangan kaki. Lalu tekuk jari kaki hingga membentuk sudut 90 derajat.

Lalu rentangkan kedua tangan ke samping dengan tetap menjaga pandangan ke depan. Lakukan gerakan ini selama 30 detik hingga 1 menit untuk setiap kaki.

Cat cow pose

Awali cat cow pose dengan posisi merangkat dengan pergelangan tangan lurus sejajar di bawah bahu dan buka lebar jari jemari. Pusatkan seluruh berat badan pada pergelangan tangan. Lutut harus dalam posisi terbuka lebar dengan ujung jari menancap ke tanah dan kedua ibu jari bersentuhan. 

Kemudian tarik napas, angkap kepala serta tulang ekor ke udara sambil melengkungkan punggung ke bagian bawah. Pada posisi ini, perut menyentuh tanah dan dada membusung ke depan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Lalu buang napas dan longgarkan tulang belakang dari posisi tadi dan angkat perut. Lakukan gerakan ini 2-3 menit dengan intensitas rendah dan terus meningkat hingga badan menjadi fleksibel.

Downward dog

Untuk posisi downward dog, Anda bisa memulai dengan posisi merangkak dengan posisi tangan dan jari sama dengan gerakan cat cow pose. Kemudian tarik pinggul ke arah belakang sehingga kedua tangan berada sedikit di depan bahu. 

Terus dorong tubuh ke arah belakang dan mengangkat kedua lutut menjauh dari lantai namun tangan tetap lurus dan tulang ekor ikut terangkat. Regangkan tumit dan tahan posisi ini selama 30 detik atau 1 menit.

Spinal Stretch

Posisi spinal stretch ini diawali dengan duduk bersila, tekan tulang duduk ke bawah, dan panjangkan tulang belakang. Bila posisi ini kurang nyaman, Anda bisa meletakkan lipatan selimut di bawah bokong atau dengan menyelonjorkan satu kaki.

Sambil mempertahankan posisi tersebut, lakukan beberapa gerakan ini:

  • Posisi tangan kiri pada lutut kanan, lalu ambil napas, dan putar tulang belakang
  • Buang napas, putar tubuh ke arah kanan. Ambil napas lagi dan kembali ke posisi awal
  • Tukar posisi tangan, dan lakukan gerakan yang sama.
  • Luruskan tangan ke lantai, panjangkan lengan kiri diatas kepala. Tarik nafas dan raih langit-langit dengan jari sambil membuang napas. Regangkan pinggang namun bila tulang ekor ikut terangkat jangan terlalu merengang.
  • Bernapas dan lakukan gerakan yang sama untuk posisi lain. 

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Debono, M., Ghobadi, C., Rostami-Hodjegan, A., Huatan, H., Campbell, M. J., Newell-Price, J., … Darzy, K. (2009, May). Modified-release hydrocortisone to provide circadian cortisol profiles. Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, 94(5), 1548-54 (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19223520)
Morning Yoga Poses That Will Wake You Up. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/morning-yoga-lying-on-your-back-3567175)
Five of the best online yoga workouts. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/317314)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app