Kulit Ketiak Hitam? Berikut 5 Tips Memutihkan Kulit Ketiak

Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 2 menit
Kulit Ketiak Hitam? Berikut 5 Tips Memutihkan Kulit Ketiak

Memiliki kulit yang putih namun kulit ketiak hitam tentu tidak diinginkan oleh banyak orang. Meski tidak menimbulkan penyakit berbahaya tertentu, namun ketiak hitam tentu cukup mengganggu beberapa orang. 

Ketiak hitam bisa disebabkan oleh banyak faktor kebiasaan seperti terjadi penumpukan kulit mati, sering dicukur hingga membekas hitam, penggunaan waxing berbahan kimia untuk mencabuti rambut ketiak, penggunaan deodoran mengandung alkohol.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Selain itu, terkena paparan sinar UV matahari juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab kulit ketiak hitam. Jika anda merasa terganggu dengan kondisi ini dan ingin memiliki kulit ketiak putih, berikut ini tipsnya:

1. Menggunakan Sari Kentang

Kentang telah dikenal memiliki manfaat untuk kecantikan kulit seperti membersihkan dan melembutkan. Kandungan asam dalam kentang memiliki potensi untuk memutihkan kulit. 

Keuntungan menggunakan sari kentang adalah lebih aman karena tidak menimbulkan iritasi dibanding menggunakan produk berbahan kimia.

Cara untuk mendapatkan kulit putih dari sari kentang cukup mudah. Anda hanya perlu mengiris kentang seukuran genggaman tangan yang kemudian anda gosokkan ke kulit ketiak. 

Sebaiknya lakukan hal ini setiap hari secara rutin sebelum tidur. Selain digosokkan, anda bisa memanfaatkan kentang sebagai masker yang dioleskan di ketiak selama 10 menit. Karena dari bahan alami, anda bisa menggunakan kentang sebanyak dua kali sehari.

2. Timun

Timun juga merupakan buah yang mengandung asam. Asam dari timun bermanfaat untuk memutihkan kulit secara alami. Cara mendapatkan manfaat timun cukup mudah. 

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Anda hanya perlu menggosokkan timun yang sudah diiris pada kulit ketiak. Anda juga bisa membuat timun sebagai masker dengan menumbuknya terlebih dahulu kemudian dioles. 

Diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan handuk basah. Sama seperti kentang, karena terbuat dari bahan alami anda bisa menggunakannya sebanyak dua kali sehari.

3. Kulit jeruk

Jangan buang kulit jeruk setelah memakan isinya. Karena ternyata kandungan dalam kulit jeruk bermanfaat sebagai eksfoliator alami dan pemutih untuk kulit yang kusam. 

Untuk dapat memanfaatkan kulit jeruk, anda bisa mengeringkan kulit jeruk dengan menjemurnya di bawah sinar matahari hingga kering. Setelah kering, blender halus kulit untuk mendapatkan bubuknya. Bubuk kulit jeruk kemudian dicampur dengan susu dan air mawar. 

Selanjutnya oleskan masker kulit jeruk ini ke kulit ketiak dan diamkan selama 10 menit. Selanjutnya tinggal digosok perlahan sambil dibilas dengan air hangat. Masker kulit jeruk dapat mengangkat sel kulit mati sehingga membuat kulit lebih cerah dan halus.

4. Jus lemon

Zat antiseptic dalam lemon bermanfaat untuk membunuh kuman dan bakteri pada kulit. Lemon juga bermanfaat sebagai pemutih alami dan juga sebagai obat berbagai masalah kulit. 

Iklan dari HonestDocs
Brightening And Hair Removal By Pulse Light di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk menghilangkan rambut pada area keringat. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Brightening and hair removal by pulse light di genese clinic

Untuk mendapatkan manfaat lemon anda hanya perlu mengiris lemon seukuran genggaman tangan. Gosokkan iris lemon langsung di kulit ketiak. Lakukan hal ini setiap hari sebelum tidur untuk mendapatkan hasil terbaik. 

Anda juga bisa menjadikan lemon sebagai masker dengan mengambil sari lemonnya dan dioleskan di ketiak. Diamkan selama 10 menit hingga kering. Untuk mendapatkan efek eksfoliasi, anda bisa mencampurkan jus lemon dengan gula sebagai scrub mengangkat sel kulit mati.

5. Larutan baking soda

Selain buah-buahan, anda juga bisa menggunakan baking soda sebagai pemutih ketiak. Baking soda tidak hanya bermanfaat sebagai pemutih, namun juga dapat menghilangkan bau badan

Baking soda juga dapat melepas racun dalam tubuh dengan membuka pori-pori pada ketiak. Cara penggunaannya cukup mencampurkan baking soda dengan air agar terbentuk masker kental. Oleskan masker pada kulit ketiak dan gosok perlahan.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Dark underarms: Causes, treatment, and prevention. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322860.php)
Skin Lightening Products. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/skin-lightening-products)
How to Lighten Underarms. Healthline. (https://www.healthline.com/health/underarm-lightening)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app