Ketahui Lebih Banyak Mengenai Imunoterapi Bagi Pengobatan Kanker

Jenis kanker yang terbukti bisa diatasi dengan Imunoterapi adalah kanker paru-paru, ginjal, kulit, kandung kemih dan limpa. Penyajian terapi ini bisa dengan berbagai cara, seperti melalui cairan infus, krim oles, tablet dan suntikan langsung. Selanjutnya Anda bisa pahami dengan lebih baik soal Imunoterapi untuk pengobatan kanker mengenai alasan dan jenis-jenis Imunoterapi
Dipublish tanggal: Jul 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ketahui Lebih Banyak Mengenai Imunoterapi Bagi Pengobatan Kanker

Imunoterapi menjadi salah satu pengobatan yang bisa dijalani sebagai metode penyembuhan penyakit. Bekerja dengan cara mendorong sistem imun untuk dapat melawan penyakit, salah satunya efektif dalam pengobatan penyakit kanker dengan cara memperlambat penyebaran sel kanker ke dalam organ lainnya.

Jenis kanker yang terbukti bisa diatasi dengan Imunoterapi adalah kanker paru-paru, ginjal, kulit, kandung kemih dan limpa. Penyajian terapi ini bisa  dengan berbagai cara, seperti melalui cairan infus, krim oles, tablet dan suntikan langsung. 

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Selanjutnya Anda bisa pahami dengan lebih baik soal Imunoterapi untuk pengobatan kanker mengenai alasan dan jenis-jenis Imunoterapi. Simak penjelasannya selengkapnya berikut ini.

Alasan imunoterapi bagi penderita kanker

Telah Anda ketahui bersama bahwa sel kanker sangat sulit dideteksi pada masa awal sakit, sehingga banyak para pasien yang terlambat ditangani hingga fase penyakit menjadi lebih serius. 

Hal itu pula yang menjadikan sistem imun kesulitan untuk mendeteksi kanker di dalam tubuh, karena sel kanker seolah terlihat seperti sel tubuh biasa yang tidak merugikan pemilik tubuhnya.

Sistem imun dapat mengenali sel kanker namun tidak memiliki kemampuan untuk menjalankan tugasnya sebagai pembasmi calon penyakit. Dengan demikian Imunoterapi akan menjadikan sistem imun lebih kuat dan mudah merespon sel kanker di dalam tubuh. 

Hal itulah yang diharapkan dapat memperlambat laju sel kanker yang terkenal sangat cepat menyebar.

Inilah beberapa alasan lain tentang penggunaan Imunoterapi pada pasien kanker berikut ini:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

1.  Imunoterapi dinilai lebih efektif dibandingkan dengan kemoterapi.

2. Imunoterapi mampu mendukung jenis pengobatan lain yang dilakukan oleh pasien.

3. Imunoterapi memiliki efek samping rendah jika dibandingkan dengan terapi pengobatan kanker lainnya. Imunoterapi hanya berkonsentrasi pada imun untuk membunuh sel kanker.

4. Imunoterapi terbukti meminimalisir kembalinya kanker ke dalam tubuh. Memiliki fungsi untuk mengingat kembali sel kanker apabila kembali menyerang tubuh pasien.

Jenis-jenis imunoterapi

Pada pasien penyakit kanker ditemukan beberapa jenis pengobatan Imunoterapi yang akan Anda peroleh dalam masa penyembuhan. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Antibodi Monoklonal

Antibodi ini berupa protein sintetis yang didesain untuk menandai sel kanker. Memiliki kemampuan memilih mana sel yang harus dihancurkan dan tidak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

2. Checkpoint Inhibitor

Sejenis obat yang bisa membantu memberi respon dengan merusak sel kanker agar tidak memiliki kemampuan untuk menyerang sistem imun pasien.

3. Vaksin

Vaksin identik dengan cairan yang disuntikkan ke bagian-bagian tubuh tertentu, berguna untuk meningkatkan kemampuan imun dalam memberikan respon pada sel kanker.

4. Imunoterapi Non-Spesifik

Terapi ini berfungsi untuk meningkatkan kinerja imun menjadi lebih menyeluruh. Sitokin dan BCG atau Bacillus Calmette Guerin dipilih sebagai zat penguat bagi pasien kanker.

Pertimbangkan efek samping imunoterapi

Meskipun efek Imunoterapi tidak separah Kemoterapi, namun tetap saja akan menimbulkan efek samping. Simak beberapa efek samping Imunoterapi berikut ini:

1. Kemungkinan merusak organ lain dan tidak instant

Pada fase tertentu Imunoterapi menjadikan imun tetap menyerang sel dan organ tubuh seperti jantung, usus, paru dan ginjal. Pengobatan Imunoterapi bisa memerlukan waktu yang lebih ama, terutama pada pasien kanker.

2. Reaksi tubuh yang berbeda-beda

Terdapat beberapa kasus yang menyatakan bahwa Imunoterapi tidak mampu membunuh sel kanker, namun hanya menghentikan penyebarannya saja sehingga dikhawatirkan akan kembali menyerang tubuh pasien.

Memilih Imunoterapi sebagai langkah pengobatan sel kanker memerlukan pertimbangan yang tepat. Dengan demikian Anda perlu berdiskusi dan meminta saran terbaik dari dokter spesialis untuk menemukan pengobatan yang tepat sebagai solusinya.

 


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Immunotherapy: Is It Right for Your Cancer Type?. Health Essentials from Cleveland Clinic. (https://health.clevelandclinic.org/immunotherapy-is-it-right-for-your-cancer-type/)
Immunotherapy for Cancer: What It Is and How It Works. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/immunotherapy-for-cancer-what-it-is-and-how-it-works-4057117)
Development of new immunotherapy treatments in different cancer types. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5154307/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app