Kemungkinan Pemulihan dari Kanker serviks

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Kemungkinan Pemulihan dari Kanker serviks

Angka kematian karena kanker serviks masih begitu tinggi di Indonesia. Mulai dari kurang mawasnya para wanita tentang penyakit ini, hingga keterbatasan sosialisasi dari pemerintah dalam hal penanganan dan penyediaan informasi. Masyarakat awam hanya mengetahui kanker serviks sebatas penyakit yang mematikan tanpa tahu apa sebenarnya gejala dan cara mengantisipasi.

Kanker serviks disebabkan oleh virus human papiloma (HPV) yang bersifat onkogenik. Bersifat onkogenik maksudnyasel-seltersebut berpotensimenyebabkan kanker. Virus ini berisiko tinggi ditularkan pada wanita yang melakukan kontak seksual sedari usia di bawah 17 tahun atau bisa juga disebabkan karena berganti-ganti pasangan seksual.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Kanker serviks bisa diatasi asalkan terdeteksi sejak dini. Salah satu cara mendeteksinya adalah dengan melakukan pap smear. Pengobatan terhadap kanker serviks bervariasi tergantung stadium dan tingkat kecocokan pengidapnya. Dengan teknik pengobatan yang tepat, sudah banyak pasien yang dapat disembuhakn sehingga mampu menjalani hidup dengan kualitas yang lebih baik.

Langkah preventif yang bisa dilakukan untuk menghadapi kanker serviks adalah dengan menjalani pola hidup sehat dan setia pada pasangan. Selain kedua hal tadi, imunisasi pencegahan HPV yang boleh diberikan semenjak usia 9-12 tahun juga bisa menjadi pilihan. Pengecekan secara rutin perlu dilakukan bahkan bagi pengidap yang telah dinyatakan sembuh dari kanker serviks, karena adanya kemungkinan untuk kambuh kembali.

Dalam segala hal bila kita tekun dan pasrah menjalaninya, syahdan akan dibukakan jalan kesembuhan. Peran serta dan dukungan dari keluarga juga dapat menjadi faktor penentu tingkat kesembuhan.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Living as a Cervical Cancer Survivor. American Cancer Society. (https://www.cancer.org/cancer/cervical-cancer/after-treatment/follow-up.html)
Cervical cancer - Treatment. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/cervical-cancer/treatment/)
Cervical cancer - Living with. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/cervical-cancer/living-with/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app