Legg-Calvé-Perthes Disease Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Kenali Legg-Calvé-Perthes Disease lebih lanjut. Baca informasi penyebab, gejala, pengobatan, hingga diskusi dari pengguna HonestDocs. Klik di sini!
Dipublish tanggal: Agu 2, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit

Penyakit Legg-Calvé-Perthes merupakan penyakit yang berhubungan dengan pinggul. Sering juga disebut sebagai penyakit Perthes.

Penyakit Legg-Calvé-Perthes terjadi ketika darah  berhenti mengalir sementara ke bola (kepala femoralis) di bagian atas tulang paha yang menyesuaikan dengan soket pinggul. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Jika tulang tidak mendapat cukup darah, tulang tersebut akan mati. Tulang tersebut akan runtuh dan menjadi rata. Akibatnya, bola tidak lagi bergerak dengan lancar di soket pinggul.

Selama beberapa bulan, pasokan darah kembali ke tulang. Sel-sel tulang baru secara bertahap menggantikan tulang yang mati. Proses ini mungkin memakan waktu 2 atau 3 tahun.

Penyakit ini dapat terjadi di kedua pinggul, tetapi biasanya tidak pada waktu yang bersamaan.

Anak-anak dengan penyakit Legg-Calvé-Perthes dapat mengalami radang sendi lebih awal dan kehilangan beberapa gerakan di pinggul mereka.

Penyakit legg-calvé-perthes pada anak-anak

Meskipun setiap anak memiliki kemungkinan menderita penyakit Perthes, anak laki-laki dengan penyakit ini lebih banyak daripada anak perempuan dengan perbandingan 4:1. 

Biasanya, mereka merupakan anak laki-laki yang kurus, kuat serta sangat aktif dengan ukuran lebih kecil daripada anak lain yang seusia mereka.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Penyakit Perthes biasanya berkembang ketika anak-anak berusia antara 4 dan 8 tahun. Tetapi anak-anak semuda usia 2 tahun dan usia 12 tahun dapat mengembangkan penyakit ini.

Gejala penyakit legg-calvé-perthes

Anak-anak dengan penyakit Perthes sering memiliki sedikit pincang. Gejala lain termasuk:

  • Nyeri di lutut, paha atau pangkal paha
  • Pinggul kaku 
  • Gerakan terbatas di pinggul
  • Otot paha atas menjadi lebih kecil
  • Kaki tampak memiliki panjang yang berbeda

Mendiagnosis penyakit legg-calvé-perthes

Dokter akan memeriksa adanya kemungkinan pincang saat anak berjalan, yang merupakan tanda umum penyakit Perthes. Dokter juga akan mengajukan pertanyaan tentang rasa sakit yang mungkin dirasakan anak. 

Kemudian mereka memeriksa anak.

Dokter akan  menggerakkan kaki anak dengan lembut, membandingkan gerakan di sisi yang sakit dengan gerakan di sisi yang lain.

Dokter akan mengambil rontgen untuk memastikan penyakit Perthes adalah masalahnya. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Jika sinar-X terlihat normal, mereka mungkin perlu melakukan pemindaian tulang atau MRI (magnetic resonance imaging) sehingga mereka dapat memperoleh informasi lebih lanjut.

Opsi perawatan untuk penyakit legg-calvé-perthes

Selama bertahun-tahun, para dokter yang meneliti penyakit Legg-Calvé-Perthes telah mencari cara terbaik untuk menjaga agar kepala femoral tetap bekerja di pinggul.

Menggunakan obat-obatan dan mengurangi aktivitas untuk mengurangi rasa sakit tampaknya bekerja paling baik pada anak-anak di bawah 6 tahun. 

Terkadang dokter menggunakan penyangga untuk mengurangi aktivitas anak untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan gerakan pinggul.

Pembedahan untuk penyakit legg-calvé-perthes

Anak-anak yang lebih tua dari 6 tahun atau yang mengalami penyakit Perthes yang lebih parah akan lebih baik mendapatkan operasi. Tujuan pembedahan adalah untuk mencegah dislokasi atau kerusakan pinggul. 

Selain itu, untuk menjaga kepala femoral di soket pinggul anak.

Operasi ini akan memiringkan bola sehingga posisinya lebih dalam di soket atau memutar soket sehingga akan menutupi bola dengan lebih baik ketika anak berjalan. Terkadang dokter mencoba melakukan keduanya.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Map of IPSG providers. International Perthes Study Group. http://www.perthesdisease.org/perthes-disease-find-a-study#us.
Ferri FF. Legg-Calve-Perthes disease. In: Ferri's Clinical Advisor 2018. Philadelphia, Pa.: Elsevier; 2018. https://www.clinicalkey.com.
Leroux J, et al. Legg-Calve-Perthes disease. Orthopaedics & Traumatology: Surgery & Research. In press.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app