Kesehatan Anak

Kenali Gangguan ODD (Oppositional Defiant Disorder) pada Anak

Dipublish tanggal: Mar 9, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 27, 2019 Waktu baca: 3 menit
Kenali Gangguan ODD (Oppositional Defiant Disorder) pada Anak

ODD merupakan kondisi perilaku anak di mana menunjukkan kemarahan, membantah, melawan atau memberontak, serta figur otoritas lainnya secara terus menerus. 

Biasanya anak dengan usia di bawah 12 tahun mengalami hal tersebut. Gangguan ini juga di kenal dengan sebutan Oppositional Defiant Disorder.

Namun jika kondisi ini tidak di atasi, akan menyebabkan kelainan perilaku pada Anak yang lebih serius dan permanen, seperti di tandai dengan sifat melanggar hukum yang agresif dan perilaku kasar. 

Tentunya hal tersebut ingin sebisa mungkin dikendalikan oleh orang tua, agar tidak mengarah kepada perilaku yang merugikan. 

Untuk beberapa orang tua baru, mungkin ODD dianggap wajar karena kematangan anak yang belum cukup untuk memahami tindakan yang boleh atau tidak boleh dilakukan. 

Sayangnya, apabila hal ini dibiarkan berlarut dan baru di kendalikan saat anak tumbuh dewasa, kemungkin untuk penyembuhan akan lebih sulit. Untuk itu Ada baiknya untuk mengenal lebih jauh mengenai ODD.

Tanda-tanda & gejala ODD

Gejala-gejala umum dari ODD adalah 

  • Mudah marah 
  • Terganggu atau kesal 
  • Sering mengamuk 
  • Membantah orang yang lebih tua, terutama orang-orang dengan otoritas dan tinggal dekat dengan anak seperti orang tua 
  • Menolak untuk mengikuti peraturan
  • Sengaja mengganggu atau membuat orang lain marah, atau mudah kesal terhadap orang lain 
  • Memiliki kepercayaan diri yang rendah 
  • Mudah frustrasi 
  • Menyalahkan orang lain atas kejadian atau perbuatan buruk 
  • Menolak untuk mengikuti permintaan atau aturan.
  • Menyalahkan orang untuk kesalahan sendiri 
  • Pendendam dan suka membalas dendam 
  • Berkata-kata kasar 
  • Mengatakan hal-hal yang jahat saat marah.

Kapan harus konsultasi ke dokter?

Pada tahap awal, komunikasi yang baik dan tidak menyudutkan dapat diterapkan pada anak yang terlihat memiliki gejala diatas. Terapi dengan seni seperti melalui lagu dan gambar juga dapat membantu. 

Jika anak tidak membaik atau memburuk kondisinya, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan psikolog anak untuk penanganan profesional. 

Apa penyebab Oppositional Defiant Disorder?

Penyebabnya tidak diketahui secara jelas, namun para peneliti mempercayai bahwa faktor biologis, genetik, dan lingkungan dapat berperan dalam memicu munculnya gangguanini. 

Masalah pada neurotransmiter anak dapat menjadi penyebab gangguan juga. Walau tidak ditemukan sejarah anggota keluarga yang memiliki ODD, kemungkinan anak menderita ODD juga masih ada.

Faktor-faktor risiko ODD

Berbagai faktor yang memicu anak memiliki temperamen yang tinggi adalah pengaturan emosi yang buruk, tingginya reaktivitas emosi dan toleransi frustrasi yang buruk, anak mengalami kekerasan atau pengabaian, disiplin yang keras atau tidak konsisten, serta kurangnya pengawasan orang tua berkontribusi dalam munculnya gangguan.

Bagaimana Oppositional Defiant Disorder didiagnosis?

Anak positif mengalamin Oppositional Defiant Disorder melalui diagnosa psikolog, anak dan orang tua akan diwawancara untuk mengidentifikasi perilaku bermasalah serta penyebabnya. 

Jika terdapat gejala, dokter akan melakukan evaluasi dengan melakukan sejarah medis lengkap serta pemeriksaan fisik.

Apa saja pengobatan untuk Oppositional Defiant Disorder (odd)?

Pilihan perawatan untuk ODD dapat meliputi:

  • Psikoterapi yakni pelatihan pengasuhan – untuk membantu orang tua berinteraksi dengan lebih baik kepada anak, serta mengatasi perilaku anak dengan tepat. Kelompok dukungan sosial direkomendasikan untuk orang tua dan anak-anak agar dapat berbagi pengalaman.
  • Terapi fungsional keluarga – untuk mengajarkan seluruh anggota keluarga untuk berkomunikasi dan menyelesaikan masalah dengan lebih efektif.
  • Perawatan yang konsisten – seluruh pengasuh anak (termasuk orang tua, kakek dan nenek, guru, pengasuh) perlu konsisten dalam menerapkan sitem pengasuhan anak.
  • Pengobatan: umumnya ODD dapat diatasi dengan terapi konsultasi dan tidak ada pengobatan yang direkomendasikan secara resmi untuk mengatasi ODD.

    Beberapa pengobatan dapat digunakan untuk mengatasi gangguan mental lainnya pada pasien, seperti ADHD atau depresi. Obat-obatan ini biasanya hanya diberikan dengan resep dokter.

Pengobatan ODD di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi Oppositional Defiant Disorder? Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi gangguan tersebut: 

  • Hargai dan puji perilaku baik anak 
  • Berlakulah sebagaimana Anda ingin anak untuk bertingkah laku 
  • Berikan batas pada anak dan beri tahu pengasuh (orang tua, kakek nenek, guru) untuk melakukan batasan yang sama
  • Hindari tontonan atau lagu yang bersifat kasar dan keras, mainan juga harus diperhatikan
  • Buatlah rutinitas untuk anak, berikan pekerjaan rumah pada anak adalah salah satu contoh, bersiaplah untuk tantangan pada awalnya. Pertamanya, anak Anda mungkin sulit bekerja sama atau menghargai perubahan respons Anda terhadap perilaku mereka.
  • Usahakan selalu memberikan kata-kata dan dukungan yang bersifat positif, dengan begitu anak akan lebih mudah mengatur emosi dan tidak berperilaku di luar batas.


29 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Oppositional Defiant Disorder. Texas Children's Hospital. (https://www.texaschildrens.org/health/oppositional-defiant-disorder)
Oppositional Defiant Disorder (ODD) in Children. Stanford Children's Health - Lucile Packard Children's Hospital Stanford. (https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=oppositional-defiant-disorder-90-P02573)
Oppositional Defiant Disorder: Symptoms, Causes, and Treatment. Healthline. (https://www.healthline.com/health/oppositional-defiant-disorder)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app