Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Anak Balita

Aktivitas Perkembangan Fisik Anak

Update terakhir: NOV 18, 2019 Waktu baca: 1 menit
Telah dibaca 1.315.027 orang

Aktivitas Perkembangan Fisik Anak

Sebagai orang tua melihat pertumbuhan dan perkembangan anak Anda setiap hari rasanya seperti mengagumi diri Anda sendiri. Bagaimana pun ia adalah buah hati Anda yang telah Anda rawat semenjak dalam kandungan. Tingkah anak-anak membuat hari Anda menjadi tak pernah sama, ada saja hal baru maupun hal lucu yang ia lakukan.

Perkembangan kecerdasan anak adalah fokus utama setiap orang tua. Selain perkembangan kecerdasan yang teramat penting, Anda sebagai orang tua juga harus membiasakan mereka untuk tetap melakukan aktivitas fisik.

Be Mom and Dad, Anda berdua dapat mengajak anak Anda untuk melatih fisiknya. Anda tak perlu bingung untuk membuatnya tetap aktif bergerak. Banyak pilihan aktivitas yang dapat menjadi  solusi Anda. Simaklah beberapa aktivitas yang dapat menggali kreativitas Anda untuk menemukan ide-ide lainnya, yaitu:

  • Lari, jalan, dan skipping di pagi hari, Anda dapat membuat aktivitas ini lebih menarik dengan memainkan musik favoritnya, mengenalkan jenis tumbuhan yang ada di sekitar, atau mengoleksi jenis dedaunan.
  • Ajak anak Anda bermain dalam air, Anda dapat mengajaknya berenang, mengajarkan gaya renang dan membiarkannya bermain dengan permainan yang ada. Selain itu, pantai juga dapat menjadi alternatif pilihan tempat yang lain.
  • Kenalkan beberapa permainan klasik seperti Hide and Seek, Ring around the Rosy, Red light green light, , danWhat time is it, Mr. Fox?.
  • Berikan area bermain untuknya dalam rumah Anda, Anda dapat menyediakan beberapa mainan yang bermanfaat untuk olah fisiknya, seperti puzzle bangunan, bola, lego dsb.
  • Bersepeda akan menjadi proses panjang yang menarik bagi anak Anda, dari sepeda roda tiga super mini, tahun selanjutnya sepeda roda empat yang agak besar sampai beberapa tahun, dan sampai pada akhirnya ia mulai belajar menyeimbangkan tubuhnya di atas sepeda roda dua.
  • Tantanglah si kecil untuk melakukan sebuah loncatan panjang atau lari cepat. Tantangan ini membuat dirinya menjadi terpacu dan bersemangat dalam melakukannya.

Menjaga anak Anda tetap bergerak dapat membuat fisiknya lebih bugar dan sehat. Setidaknya anak Anda melakukan aktivitas fisik sejam sehari untuk pembentukan otot tubuhnya. Semoga dari beberapa ide di atas dapat membuat proses pertumbuhan anak Anda lebih seimbang, baik secara intelektual maupun fisik.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit