Kelebihan dan Kekurangan Tato Alis

Dipublish tanggal: Jul 5, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 17, 2019 Waktu baca: 3 menit
Kelebihan dan Kekurangan Tato Alis

Saat ini, alis mempunyai peran yang penting dalam memperindah riasan seorang wanita. Banyak wanita yang rela menghabiskan waktu didepan cermin untuk memastikan apakah alis mereka sudah indah atau belum. 

Selain sebagai penunjang kecantikan, alis juga memilki fungsi sosial yang menjadi penanda ekspresi emosional dan pengenalan wajah. 

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Alis yang diinginkan oleh setiap wanita adalah alis yang tebal. Namun, tidak semua wanita terlahir dengan alis yang tebal dan penuh. Oleh karena itu, banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkannya, seperti menggunakan pensil alis hingga melakukan tato alis. Tato alis sudah menjadi hal yang populer dikalangan para wanita. 

Banyak yang memilih untuk melakukan tato alis dengan alasan menghemat waktu yang ada ketika ingin merias wajah tanpa harus merasa lelah dengan pensil alis maupun kuas. 

Meskipun tato alis banyak diminati, hal ini tetap saja memunculkan pro dan kontra. Sebelum memutuskan untuk melakukan tato alis, sebaiknya Anda mengetahui apa kelebihan dan kekurangan proses ini. 

Kelebihan tato alis

Hemat waktu dan biaya

Menggambar alis secara manual menggunakan pensil atau maskara alis seringkali membuat Anda membuang banya waktu. Terlebih lagi jika terjadi ketidakseimbangna antara alis kiri dan kanan, Anda harus menghapus dan menggambarnya kembali. 

Tidak hanya itu saja, alis yang tidak permanen juga akan menghilang seiring dengan meningkatnya keringat Anda disiang hari sehingga riasan Anda menjadi berantakan. 

Hal inilah yang membuat banyak wanita lebih memilih tato alis untuk menghemat waktu dan juga biaya tanpa harus membeli peralatan make up yang berkaitan dengan alis. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Penampilan wajah yang seimbang

Alis yang indah dan seimbang akan membuat wajah anda terlihat lebih tirus dan terawat. Selain itu, mata Anda akan terlihat lebih besar ketika memiliki alis yang sempurna. Untuk melakukan proses tato alis, banyak wanita yang mencukur alis sampai habis dengan tujuan untuk memudahkan perawatan alis yang baru. 

Menyamarkan kebotakan

Terdapat suatu kondisi yang disebut alopecia, dimana kondisi tersebut menyebabkan pria dan wanita kehilangan rambut diseluruh tubuhnya. Dengan adanya tato alis, mereka dapat mengembalikan keadaan alis seperti semula. Selain itu, tato alis juga membantu menyamarkan kebotakan akan alis. 

Tehindar dari alergi 

Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap bahan kimia tertentu yang terkandung dalam make up, tato alis dapat membantu Anda menghindari bahan kimia tersebut. Tinta yang digunakan untuk membentuk alis yang baru tersedia dalam versi vegan dan non-gliserin sehingga aman bagi Anda yang mempunyai alergi. 

Kekurangan tato alis

Hanya bisa dilakukan satu kali saja 

Inilah yang menjadi kekurangan dari tato alis. Proses yang begitu populer ini hanya dapat dilakukan satu seumur hidup. Sebuah keberuntungan apabila pada proses pertama Anda mendapatkan bentuk alis yang sesuai dengan yang diinginkan. Namun, bagaimana jika sebaliknya? 

Jika hasilnya tidak sesuai dengan apa yang Anda harapkan, maka akan ada sedikit kemungkinan untuk memperbaiki keadaan tersebut. Selain itu, warna pada alis juga dapt berpindah ke dalam kulit yang akhirnya dapat melunturi kulit Anda. 

Tren yang berubah-ubah 

Bentuk alis selalu yang populer selalu berubah dari waktu ke waktu. Mulai dari alis ynag tebal, simetris, meruncing, sampai bentuk alis natural seperti orang korea. Alis permanen yang Anda miliki akhirnya tidak dapat mengikuti perubahan yang terjadi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

Efek samping lain

Efek samping dari tato alis dapat disebabkan oleh tinta yang digunakan maupun alatnya. Di Swiss, 12 orang wanita mengalami infeksi yang mengakibatkan mereka memiliki ruam merah disekitar alis yang diikuti dengan pembengkakan dan rasa sakit. 

Bahkan, 10 dari mereka harus menjalani operasi. Hal ini disebabkan karena tinta tato mengandung bakteri M. haemophilum. 

Tidak hanya itu, alat tato termasuk yang tidak steril juga dapat membawa virus yang berbahaya bagi kesehatan seperti HIV/AIDS dan hepatitis

Setelah mengetahui kelebihan dan kekuranag tato alis, Anda dapat memutuskan untuk melakukannya atau tidak. Dibawah ini terdapat prosedur tato alis yang dapat menjadi informasi bagi Anda.

Prosedur tato alis

Proses mikropigmentasi menjadi proses utama dalam prosedur tato alis yang bertujuan untuk menempatkan tinta permanen pada lapisan teratas kulit. Proses ini diharapkan menghasilkan bentuk dan warna allis yang dapat bertahan dalam kurun waktu 1 tahun. 

Sebelum melakukan tato alis, perangkat yang disiapkan oleh ahli tato alis adalah mesin tato dan pensil eletronik yang akan menghasilkan sapuan khas untuk meniru tampilan rambut alis yang asli. Dibawah ini terdapat beberapa langkah singkat yang dilakukan pada saat proses tato alis berlangsung. 

  • Penentuan warna dan bentuk alis yang baru yang sesuai dengan bentuk wajah Anda oleh teknisi tato alis. Prosedur ini biasanya dilakukan pada saat pertemuan pertama. 
  • Pengolesan krim bius di area sekitar alis dengan tujuan menghilangkan rasa sakit ketika proses tato alis berlangsung
  • Proses tato alis dilakukan oleh teknisi. 
  • Pemberian salep atau krim yang mempercepat pertumbuhan alsi baru setelah dicukur untuk kepentingan proses tato 
  • Penyempurnaan bentuk alis Anda akan dilakukan pada pertemuan selanjutnya oleh teknisi. Hal ini dilakukan untuk membuat tampilan alis Anda menjadi lebih alami

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
9 Things You Need To Know Before Getting Your Eyebrows Tattooed On. HuffPost. (Accessed via: https://www.huffpost.com/entry/eyebrows-tattoo-microblading_n_58091d9fe4b02444efa262ed)
Goldman, Alberto & Wollina, Uwe & Goldman, Clinica & Alegre, Porto. (2014). Severe unexpected adverse effects after permanent eye makeup and their management by Q-switched Nd:YAG laser. Clinical Interventions in Aging. 9. 1305-9. 10.2147/CIA.S67167.. ResearchGate. (Accessed via: https://www.researchgate.net/publication/264656812_Severe_unexpected_adverse_effects_after_permanent_eye_makeup_and_their_management_by_Q-switched_NdYAG_laser)
Huisman, Sanne & Bent, Sebastiaan & Wolkerstorfer, Albert & Rustemeyer, Thomas. (2018). Granulomatous tattoo reactions in permanent makeup of the eyebrows. Journal of Cosmetic Dermatology. 18. 10.1111/jocd.12540.. ResearchGate. (Accessed via: https://www.researchgate.net/publication/324433473_Granulomatous_tattoo_reactions_in_permanent_makeup_of_the_eyebrows)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app