Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA

Kejang Otot - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: OCT 20, 2019 Tinjau pada OCT 20, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.412.358 orang

Charley Horse atau Kuda Charley adalah nama lain untuk kejang otot. Kuda Charley dapat terjadi pada otot apapun, tetapi Kuda Charley paling sering terjadi di kaki . Kejang akibat kuda Charley ditandai oleh kontraksi otot yang  berlebihan sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Jika otot-otot yang berkontraksi tidak rileks selama beberapa detik atau lebih, rasa sakitnya bisa sangat parah. Kuda charley yang parah dapat menyebabkan nyeri otot yang berlangsung dari beberapa jam hingga seharian. Kondisi ini normal, asalkan rasa sakitnya tidak berkepanjangan atau berulang.

Kuda Charley umumnya dapat ditangani di rumah, terutama jika kejang otot jarang muncul. Namun, kejang otot sering dikaitkan dengan kondisi kesehatan mendasar yang membutuhkan perawatan medis.

Dokter Anda dapat membantu Anda menentukan penyebab kuda charley yang sering muncul. Dan Anda dapat melakukan perawatan dan tindakan pencegahan untuk meningkatkan kenyamanan Anda.

Apa yang menyebabkan kuda charley?

Sejumlah faktor dapat menyebabkan otot kram atau kejang. Penyebab paling umum termasuk:

  • aliran darah ke otot yang tidak adekuat
  • cedera pada otot
  • berolahraga di tempat yang terlalu panas atau dingin· terlalu sering menggunakan otot tertentu selama berolahraga
  • stres, paling sering terjadi pada otot leher
  • tidak melakukan peregangan sebelum berolahraga
  • penekanan saraf di tulang belakang
  • mengkonsumsi obat diuretik (pil air),  yang dapat menyebabkan kadar kalium rendah
  • penipisan mineral, atau memiliki terlalu sedikit kalsium , kalium, dan natrium dalam darah
  • dehidrasi

Banyak orang mengalami kuda charley selama jam tidur dan terbangun karenanya.

Kejang otot yang menyebabkan kuda charley saat Anda tidur adalah hal biasa. Namun, mengapa kejang otot terjadi pada malam hari tidak sepenuhnya dipahami. Diyakini bahwa berbaring di tempat tidur dalam posisi yang tidak semestinya untuk waktu yang lama dapat menyebabkan hal ini.

Faktor risiko terjadinya kuda charley

Kejang otot dapat terjadi pada siapa saja, pada usia berapa pun. Dan kuda charley dapat terjadi kapan saja di siang atau malam hari. Kuda Charley cenderung lebih sering terjadi di antara orang-orang dalam kelompok berikut:

  • atlet
  • bayi
  • orang tua
  • orang yang mengalami obesitas
  • orang yang menggunakan obat tertentu seperti diuretik, raloxifene (Evista), atau obat statin
  • orang yang merokok

Orang yang kegemukan lebih mungkin mengalami kuda charley karena peredaran darah yang buruk di kaki mereka. Atlet sering mengalami kuda charley karena kelelahan otot atau terlalu sering digunakan.

Mendiagnosis penyebab sering terjadinya kuda charley

Kuda charley yang hanya muncul sesekali tidak memerlukan diagnosis medis. Namun, dokter Anda harus memeriksa kejang otot yang sering dan berulang. Hal ini berlaku jika kuda charley terjadi lebih dari sekali seminggu tanpa penjelasan yang memadai.

Dokter Anda biasanya dapat membuat diagnosis berdasarkan riwayat kesehatan Anda dan pemeriksaan fisik.

Pemindaian MRI mungkin membantu dalam menentukan apakah kompresi saraf adalah penyebab sering timbulnya kuda charley. Mesin MRI menggunakan medan magnet dan gelombang radio untuk membuat gambar detail mengenai struktur otot tubuh Anda.

Pemeriksaan laboratorium mungkin juga diperlukan untuk mengesampingkan kejang otot akibat kadar kalium, kalsium, atau magnesium yang rendah. Anda mungkin dirujuk ke ahli terapi fisik atau spesialis lain jika dokter Anda mencurigai kerusakan saraf atau penyebab kompleks lainnya.

Perawatan untuk mengatasi kuda charley

Perawatan untuk kuda charley tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Jika kuda charley disebabkan olahraga, peregangan dan pijatan sederhana dapat membantu mengendurkan otot dan mengurangi gejalanya.

Bantalan pemanas dapat mempercepat proses relaksasi, sementara kompres es dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Jika otot Anda masih sakit setelah mengalami kejang otot, dokter Anda dapat merekomendasikan obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen.

Kuda charley berulang membutuhkan perawatan yang lebih agresif. Dokter Anda mungkin akan meresepkan obat penghilang rasa sakit jika ibuprofen tidak membantu.

Dalam kasus yang parah, dokter mungkin meresepkan obat antispasmodik . Terapi fisik juga dapat membantu Anda mengatasi kejang otot dan mencegah komplikasi lebih lanjut.

Dalam kasus yang ekstrem, dokter Anda dapat merekomendasikan operasi. Jika perawatan lain gagal, pembedahan dapat memperbesar ruang di sekitar saraf untuk mengurangi tekanan. Prosedur ini dapat membantu jika kompresi saraf menyebabkan kejang.

Pengobatan alternatif

Ada teknik pemijatan dan peregangan tertentu yang dapat meredakan gejala segera dan mencegah munculnya rasa sakit ketika Anda mengalami kuda charley.

Saat mengalami kuda charley, Anda dapat menggunakan tangan Anda untuk memberikan tekanan pada lokasi kram untuk menghilangkan rasa sakit. Anda juga dapat mencoba menggunakan kedua ibu jari Anda secara bertahap memberikan tekanan pada lokasi kram sampai rasa sakitnya hilang.

Jika kuda charley Anda terjadi pada kaki Anda, Anda bisa mencoba menghilangkan rasa sakit dengan melakukan peregangan sebagai berikut:

  • berdiri
  • melangkahkan kaki yang tidak mengalami kram otot jauh ke depan
  • meluruskan bagian belakang kaki yang mengalami kram dengan posisi kaki yang tidak sakit jauh di depan.

Anda juga bisa berdiri di ujung jari kaki selama beberapa detik untuk meregangkan otot betis Anda.

Mencegah terjadinya kuda charley

Setelah Anda mengidentifikasi penyebab kuda charley yang muncul sesekali, gejala umumnya mudah dicegah. Ambil langkah-langkah berikut untuk membantu menghindari kejang otot di masa depan:

  • Meregangkan otot sebelum dan sesudah berolahraga
  • Hindari berolahraga menggunakan otot yang sama pada setiap hari berturut-turut
  • Jangan berolahraga dalam cuaca buruk
  • Minumlah air sepanjang hari
  • Minumlah minuman yang mengandung elektrolit
  • Melakukan peregangan sebelum tidur

Tambahan

Kuda Charley adalah kondisi yang umum terjadi dan dapat terjadi pada otot apa saja kapan saja. Kuda Charley biasanya dapat diobati dan kadang-kadang dapat dicegah.

Setiap rasa sakit yang disebabkan oleh kejang biasanya tidak akan bertahan lebih dari sehari. Namun, jika Anda sering mengalami kuda charley, bicarakan dengan dokter Anda mengenai perawatan apa yang perlu Anda lakukan.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit