Kapankah Gigi Susu Anak Mulai Copot ?

Dipublish tanggal: Agu 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Kapankah Gigi Susu Anak Mulai Copot ?

Pertumbuhan seorang anak dapat diamati melalui pertambahan tinggi, berat badan dan juga termasuk munculnya gigi baru. 

Pertumbuhan gigi pada anak disebut dengan gigi susu. Saat sang anak mulai tumbuh gigi-gigi kecilnya, setiap orang tua pasti akan merasa bahagia dan bersemangat. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Karena artinya anak berkembang dengan baik dan semakin besar. Pertumbuhan gigi susu atau gigi-gigi kecil pada sang anak ini nantinya akan mengalami copot atau tanggal secara bertahap, satu per satu. 

Untuk kemudian ke depannya akan berganti dengan gigi permanen sampai anak tumbuh dewasa.

Nah, sebenarnya bagi para orang tua perlu mengetahui kapankah gigi susu anak Anda akan mulai tanggal ? Kemudian, apakah semua gigi susu pasti akan copot ? Untuk lebih memahaminya, mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sebenarnya, apakah gigi susu nantinya akan copot semua ? Kemudian digantikan oleh gigi permanen ?

Ketika anak menginjak usia 8 hingga 12 bulan, anak akan mulai mengalami pertumbuhan gigi susu pertamanya yang kemudian akan terus tumbuh satu demi satu sampai total jumlah gigi susunya mencapai 20 gigi. 

Setelah itu, gigi susu ini pun akan tanggal satu demi satu juga, yang diawali dari gigi susu seri yang terletak di bagian paling depan tengah susunan rahang gigi anak, kemudian akan disusul copotnya gigi susu pada bagian gigi taring sampai ke bagian gigi geraham

Nantinya, setiap gigi susu yang copot atau tanggal tersebut akan digantikan dengan gigi-gigi permanen saat waktunya tumbuh nanti.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Selanjutnya, guna menggantikan dua belas buah gigi susu yang telah tanggal sebelumnya, akan ada pertumbuhan dua puluh gigi dewasa atau gigi permanen yang tumbuhnya seiring dengan masa tumbuh kembang sang anak. 

Sedangkan kedua belas sisa gigi permanen yang lainnya, nantinya akan tumbuh secara berangsur-angsur. Maka, ketika anak sudah menginjak usia dewasa nantinya, jumlah gigi-gigi permanen yang akan dimiliki si anak umumnya berjumlah sekitar tiga puluh dua gigi permanen.

Lalu, kapankah gigi susu sang anak mulai copot ?

Gigi-gigi susu pada seorang anak biasanya akan mulai copot atau tanggal ketika anak menginjak usia sekitar enam hingga tujuh tahun, copotnya akan dimulai dari gigi seri yang terletak berdampingan paling depan di rahang atas dan juga rahang bawah. 

Gigi seri adalah gigi yang akan dapat dilihat jelas saat sang anak sedang tersenyum lebar. Kemudian, tahap kedua copotnya gigi susu  adalah gigi taring yang akan copot setahun setelah gigi seri yang tadi copot, yaitu ketika usia anak menginjak sekitar tujuh hingga delapan tahun. 

Selanjutnya tahap terakhir copotnya gigi susu pada anak adalah gigi geraham, yang akan copot saat si anak ada pada usia sekitar sembilan hingga dua belas tahun.

Akan tetapi, terjadinya gigi copot pada setiap anak belum tentu di usia yang sama, bisa bervariasi. Hal ini merupakan hal yang wajar karena copotnya gigi susu anak akan sesuai dengan masa tumbuh kembang dari setiap anak.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Apabila Anda tidak berani untuk mencabut gigi sang anak yang terlihat akan tanggal/mulai goyang, maka disarankan untuk mencabut gigi si anak di dokter gigi. Agar dilakukan dengan prosedur yang aman dan tepat.

Inilah yang harus Anda lakukan saat gigi susu anak tanggal

Perlu Anda tahu bahwa gigi dewasa atau gigi permanen yang tumbuh pada anak nantinya ukurannya lebih besar dari gigi susu yang sebelumnya. 

Nah, ketika gigi susu sang anak tanggal, kemungkinan akan anak akan merasa tidak nyaman dan sakit. Untuk mengatasinya, Anda dapat memberikannya obat penghilang rasa sakit, misalnya paracetamol/ibuprofen

Apabila rasa sakit tidak juga hilang, sebaiknya Anda bawa sang anak ke dokter gigi.

Kemudian, untuk gigi susu yang mulai goyang namun belum juga tanggal, jangan Anda paksakan/tarik hingga lepas dari gusi. 

Sebaiknya, biarkan saja beberapa waktu hingga gigi tersebut tanggal dengan sendirinya. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya perdarahan hebat/rasa sakit akibat gigi yang dipaksa lepas.

Yang penting dilakukan adalah ketika anak Anda sudah mulai tumbuh gigi-gigi susu, sebaiknya mulailah untuk mengajarkannya bagaimana cara sikat gigi yang benar dan dilakukan dengan teratur sebanyak 2 kali sehari. 

Tujuannya adalah supaya anak dapat selalu menjaga kebersihan giginya dan mencegah terjadinya kerusakan gigi. Perlu Anda ingat bahwa gigi permanen atau gigi dewasa yang sudah rusak, nantinya tidak bisa tergantikan kembali selamanya.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Losing baby teeth: What to expect and when. BabyCenter. (https://www.babycenter.com/0_losing-baby-teeth-what-to-expect-and-when_3658971.bc)
Baby Teeth Order: Dental Development. Healthline. (https://www.healthline.com/health/parenting/baby-teeth-order)
Baby Teeth: When They Come In & When They Fall Out. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/guide/dental-health-your-childs-teeth)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Kapan Gigi Susu Pada Anak Akan Copot?
Kapan Gigi Susu Pada Anak Akan Copot?

Gigi susu akan mulai tumbuh saat anak menginjak usia 8-12 bulan dan jumlahnya ada 20 buah. Setelah itu satu persatu gigi susu akan copot mulai dari gigi susu seri, kemudian gigi susu taring, lalu gigi geraham. Semua gigi susu tersebut akan tanggal dan digantikan oleh gigi dewasa yang jumlahnya 20. Sisa 12 gigi dewasa yang permanen akan tumbuh setahap demi setahap.

Gigi Susu yang Tidak Tanggal Sampai Dewasa, Apa Sebabnya?
Gigi Susu yang Tidak Tanggal Sampai Dewasa, Apa Sebabnya?

Namun pada beberapa orang ada masa dimana gigi susu mereka tidak tanggal sampai mereka beranjak dewasa. Jika gigi susu yang tidak tanggal tidak menyebabkan masalah, umumnya kondisi tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Namun dalam beberapa kasus, perawatan ortodontik mungkin merupakan pilihan terbaik untuk mencegah terjadinya masalah serius.

Buka di app