Kapan Gigi Susu Pada Anak Akan Copot?

Gigi susu akan mulai tumbuh saat anak menginjak usia 8-12 bulan dan jumlahnya ada 20 buah. Setelah itu satu persatu gigi susu akan copot mulai dari gigi susu seri, kemudian gigi susu taring, lalu gigi geraham. Semua gigi susu tersebut akan tanggal dan digantikan oleh gigi dewasa yang jumlahnya 20. Sisa 12 gigi dewasa yang permanen akan tumbuh setahap demi setahap.
Dipublish tanggal: Jul 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 23, 2019 Waktu baca: 2 menit
Kapan Gigi Susu Pada Anak Akan Copot?

Gigi susu merupakan gigi yang tumbuh saat usia anak-anak. Kebanyakan orang tua merasa senang jika anaknya mulai tumbuh gigi. Namun seiring dengan berjalannya waktu, gigi tersebut akan tanggal dan digantikan oleh jenis gigi yang lebih permanen. 

Lantas kapan pastinya gigi susu akan tanggal dan apakah akan tanggal semua? Temukan jawabannya dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Apakah gigi susu akan tanggal semua?

Gigi susu akan mulai tumbuh saat anak menginjak usia 8-12 bulan dan jumlahnya ada 20 buah. Setelah itu satu persatu gigi susu akan copot mulai dari gigi susu seri, kemudian gigi susu taring, lalu gigi geraham. Semua gigi susu tersebut akan tanggal dan digantikan oleh gigi dewasa yang jumlahnya 20.

Sisa 12 gigi dewasa yang permanen akan tumbuh setahap demi setahap. Sehingga total gigi permanen yang dimiliki anak saat dewasa nanti berjumlah 32.

Gigi susu mulai tanggal

Saat menginjak usia 6-7 tahun, gigi susu seri yang berjejer paling depan akan tanggal lebih dulu. Kemudian saat anak berusia 8-9 tahun, giliran gigi susu taring yang mulai copot satu persatu. Dan yang terakhir, gigi susu geraham akan tanggal ketika si kecil sudah menginjak umur 9-12 tahun. 

Tapi tak semua anak mengalami tanggal gigi susu pada usia yang sama. Hal tersebut menyesuaikan tumbuh kembang buah hati. Gigi susu yang sudah goyang sebaiknya segera dicabut. 

Jika tidak berani mencabutnya sendiri, periksakan ke dokter gigi agar pencabutannya dilakukan sesuai dengan prosedur yang benar.

Yang harus Anda lakukan ketika gigi susu si kecil copot

Saat gigi susu tanggal dan digantikan dengan gigi permanen, si kecil akan merasakan hal yang tidak nyaman. Ini terjadi karena ukuran gigi permanen lebih besar dari gigi susu sehingga timbul rasa sakit. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Gigi Anak via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan gigi anak hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia d08 perawatan gigi anak

Selain itu jika gigi susu sudah mulai goyang sebaiknya jangan dipaksakan untuk dicabut karena bisa memicu pendarahan hebat serta rasa sakit. Tunggu beberapa waktu hingga gigi susu tanggal sendiri.

Meskipun gigi permanen si kecil belum tumbuh dan masih berupa gigi susu, sebaiknya Anda mulai ajarkan cara merawat gigi dengan benar. Ajak anak untuk menyikat gigi secara teratur agar kesehatan gigi dan mulut tetap terpelihara.

Cara supaya gigi susu tanggal tanpa rasa sakit

Ada beberapa kasus gigi susu tidak mau tanggal dan masih dalam keadaan goyang-goyang. Tentu saja kondisi ini membuat anak tak nyaman bahkan kadang timbul rasa sakit. Agar gigi susu bisa tanggal tanpa rasa sakit, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Diantaranya adalah:

1. Mencabutnya ke dokter agar gigi susu bisa copot dengan aman tanpa rasa sakit

2. Minta si kecil untuk mendorong-dorong gigi susu yang sudah goyang entah menggunakan tangan yang bersih ataupun lidah

3. Ketika kondisi gigi sudah nyaris copot, tarik dengan benang secara hati-hati

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

4. Jika si kecil berani untuk mencopotnya sendiri, mintalah ia untuk menariknya sendiri hingga gigi susu tanggal

5. Putar dan tarik gigi menggunakan jari yang sudah dilapisi tisu. Lakukan hal ini dengan cepat

6. Minta anak untuk menggigit apel atau es loli kemudian lihat apakah giginya tertancap atau tidak

Gigi susu pada anak sudah pasti tanggal semua karena harus digantikan oleh gigi dewasa yang lebih permanen. Jika sudah menginjak usia dewasa ada gigi susu yang belum tanggal, sebaiknya periksakan ke dokter agar gigi tersebut bisa segera dicabut dan pertumbuhan gigi permanen tidak terhambat. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Losing baby teeth: What to expect and when. BabyCenter. (https://www.babycenter.com/0_losing-baby-teeth-what-to-expect-and-when_3658971.bc)
Baby Teeth Order: Dental Development. Healthline. (https://www.healthline.com/health/parenting/baby-teeth-order)
Baby Teeth: When They Come In & When They Fall Out. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/guide/dental-health-your-childs-teeth)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Gigi Susu yang Tidak Tanggal Sampai Dewasa, Apa Sebabnya?
Gigi Susu yang Tidak Tanggal Sampai Dewasa, Apa Sebabnya?

Namun pada beberapa orang ada masa dimana gigi susu mereka tidak tanggal sampai mereka beranjak dewasa. Jika gigi susu yang tidak tanggal tidak menyebabkan masalah, umumnya kondisi tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Namun dalam beberapa kasus, perawatan ortodontik mungkin merupakan pilihan terbaik untuk mencegah terjadinya masalah serius.

Buka di app